Pemerintah Provinsi Jawa Tengah-Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan

Forkopimda Demak Tinjau Kesiapan Pospam Lebaran

11 Mei 2021


DEMAK – Dari hasil tinjauan yang dilakukan di 5 pos pengamanan dan 1 pos pengamanan tambahan dari Dinas Perhubungan selama operasi ketupat candi tahun 2021, keadaan pos dalam kondisi aman dan terkendali. Adapun keenam lokasi pos tersebut meliputi Trengguli, Terminal Bintoro, Karangawen, Mranggen, Bulusari dan Onggorawe.

Hal tersebut disampaikan Plh Bupati Demak Singgih Setyono pada pelaksanaan Monitoring Posko Pelayanan dan Pengamanan Lebaran, Senin (10/05/21) di Pos Pengamanan (Pospam) Onggorawe.

“Hingga sampai saat ini tidak ada kasus yang menonjol, dan tadi para pemudik di pos Trengguli di swab antigen dan hasilnya negative”, kata Singgih saat melakukan tinjauan bersama Forkopimda.

Pihaknya berharap, masyarakat mematuhi aturan dengan tidak melakukan mudik lebaran, sehingga saat lebaran tidak ada lonjakan kasus Covid-19 di Demak.

“Alhamdulilah sampai dengan hari ini bisa kita katakan masyarakat mematuhi dan yang pulang lebih dulu sudah kita lakukan pemeriksaan swab antigen dan sebagian besar negatif. Ada yang positif hanya 1 atau 2 di beberapa daerah. Selanjutnya tindakan yang dilakukan dengan melakukan rapat koordinasi dengan para camat agar para pemudik melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing minimal 5 -10 hari”, ungkapnya.

Meskipun begitu bagi pemudik yang hasil tes negative, lanjutnya, di himbau untuk tetap melakukan isolasi mandiri selama 5-7 hari. Jika ada keluhan, puskesmas dan tim akan memberikan tindakan yang sesuai.

Sementara, Kapolres Demak AKBP Andhika Bayu Adittama mengatakan, berdasarkan pantauan yang dilakukan dari tanggal 10 April 2021 sampai dengan 9 Mei 2021 tercatat 639 warga yang melakukan mudik. “keseluruhan pemudik tersebut juga sudah dilakukan swab”.
Dijelaskan, setiap hari pihaknya selalu update dari petugas Kodim, Polres, dan Pemerintah Daerah untuk melakukan kegiatan pengecekan di semua wilayah pedesaan khususnya kampung-kampung untuk mengetahui siapa saja yang datang dan ketika datang langsung di datakan dan di swab antigen.

“Termasuk PMI (pekerja migran Indonesia), warga demak yang tidak berdomisili di Demak yang pada saat ini datang ke Demak kita periksa semua dan kita lakukan swab antigen dan kita perintahkan untuk isolasi baik itu isolasi mandiri atau isolasi terpusat yang disiapkan pemerintah daerah”,terangnya.

Ditambahkan Kapolres, untuk menyukseskan program tersebut Pemda juga melibatkan para kyai yang ada di desa-desa, agar bisa membantu mensosialisasikan tidak ada takbir keliling, tidak ada arak-arakan, membunyikan petasan, open house dan lain sebagainya.

Dalam kesempatan yang sama, rombongan juga memberikan bantuan bingkisan kepada seluruh petugas posko yang sedang malakukan tugas pengamanan.

Komentar
Kontak dan Bantuan
Berita Terkini
Berita Instansi

LAPAS PASIR PUTIH PASTI HEBAT ( Humanis Energik Bijak Aman Tanggap )

Sebutan Humanis Lapas High Risk Pasir Putih Nusakambangan tidak hanya ucapan belaka, namun juga diterapkan dalam pelaksanaan tugasnya, salam, senyum, sapa selalu disampaikan kepada seluruh Warga Binaan,

19/06/2021

“ Cirebon Zona Merah Covid , Lapas rutin disemprot “

Tim sterilisasi Disinfektan sudah bergerak sedari pagi tadi menyemprot cairan disinfektan ke seluruh ruangan di Lapas Narkotika Kelas II A Cirebon. Kegiatan ini menjadi gerak nyata menindak lanjuti perintah Pelaksanaan Protokol Kesehatan Covid 19 Direktur

19/06/2021

Kunjungan Kerja Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah ke Lapas High Risk Pasir Putih Nusakambangan

Kunjungan Kerja Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah ke Lapas High Risk Pasir Putih Nusakambangan

19/06/2021
Berita lainnya
Kata Kunci
Ayo ikut survei Kepuasan Pelayanan Publik Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan Pelayanan Publik. Ikuti Survei