Kementerian Pertanian Republik Indonesia - Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya

Jaga Kelestarian Hayati Hewani, Karantina Surabaya Lepasliarkan 31 Burung ke Cagar Alam

14 September 2020


Jaga Kelestarian Hayati Hewani, Karantina Surabaya Lepasliarkan 31 Burung ke Cagar Alam
Surabaya (7/9). Pejabat Karantina Pertanian Surabaya Wilker Pelabuhan Penyeberangan Ketapang, Banyuwangi bersama dengan Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Banyuwangi dan Polsek Kawasan Pelabuhan (PKP) Tanjungwangi melakukan pelepasliaran 31 ekor burung di Cagar Alam Merapi Ungup-Ungup Banyuwangi.
Delapan jenis burung yang dilepasliarkan pada 4 September 2020 merupakan hasil pengamanan dan penggagalan pengiriman oleh Karantina Wilker Pelabuhan Penyeberangan Ketapang bekerjasama dengan PKP Tanjungwangi pada Rabu (2/9) dinihari.
Burung-burung tanpa dokumen tersebut rencananya akan dikirim ke Bali menggunakan jasa pengiriman barang/dititipkan ke truk ekspedisi.
Selain melanggar UU No. 21 Tahun 2019 tentang Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan, pengiriman tersebut juga menyalahi Peraturan Gubernur (Pergub) Bali nomor 44 Tahun 2005 tentang larangan pemasukan unggas dewasa ke Pulau Bali. Larangan tersebut ditujukan untuk mengantisipasi penyebaran penyakit Avian Influenza (Flu Burung) di wilayah Bali.
Putu Swesti, dokter hewan yang bertugas menjelaskan bahwa burung-burung asal Bondowoso tersebut tetap diperiksa baik secara klinis maupun laboratoris untuk memastikan kondisi kesehatannya. Setelah dinyatakan sehat burung tersebut diserahkan ke BKSDA Banyuwangi untuk dilepasliarkan secara bersama-sama.
“Selanjutnya burung-burung asal Bondowoso ini tetap diperiksa baik secara klinis maupun laboratoris untuk memastikan kondisi kesehatannya. Setelah dinyatakan sehat burung tersebut diserahkan ke KSDA Banyuwangi untuk dilepasliarkan”, imbuh Putu.
Turut hadir dalam acara pelepasliaran tersebut adalah Penanggung Jawab Karantina Pertanian Surabaya Wilker Banyuwangi, Kabid KSDA Wilayah III Jember, Kasi KSDA Wilayah V Banyuwangi dan Kapolsek Kawasan Pelabuhan Tanjungwangi.
Komentar
Kontak dan Bantuan
Berita Terkini
Berita Instansi

Meski Sempat Terhenti Akibat Covid-19, Bupati Askolani Kembali Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi BLK

PANGKALAN BALAI -- Sempat terhenti akibat pandemi Covid-19, Bupati Banyuasin H. Askolani, SH., MH, Resmi membuka Kegiatan Pelatihan Berbasis Kompetensi pada program peningkatan kualitas dan produktifitas tenaga kerja pada UPTD BLK Disnakertrans Kabupaten

28/10/2020

Hari Sumpah Pemuda

Selamat Hari Sumpah Pemuda. Bersatu dan Bangkit

28/10/2020

Monev dan Focus Group Discussion (FGD) Pengelolaan Website Perangkat Daerah dan Kecamatan di Pemerintah Kabupaten Malang

Monev dan Focus Group Discussion (FGD) Pengelolaan Website Perangkat Daerah dan Kecamatan di Pemerintah Kabupaten Malang

28/10/2020
Berita lainnya
Kata Kunci
Ayo ikut survei Kepuasan Pelayanan Publik Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan Pelayanan Publik. Ikuti Survei