Kementerian Pertanian Republik Indonesia - Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya

Jelang Iduladha, Karantina Surabaya Wilker Situbondo Perketat Pengawasan Lalin Hewan Ternak

30 Juli 2020


Jelang Iduladha, Karantina Surabaya Wilker Situbondo Perketat Pengawasan Lalin Hewan Ternak
Situbondo (28/7). Hari Raya Kurban atau dikenal juga dengan Iduladha semakin dekat, yaitu jatuh pada 31 Juli 2020, menyebabkan geliat perdagangan hewan kurban juga semakin bertambah. Hal ini menunjukkan bahwa walaupun di masa pandemi tidak menyurutkan keinginan masyarakat untuk berkurban.
Menanggapi hal tersebut, Karantina Pertanian Surabaya Wilayah Kerja (Wilker) Pelabuhan Kalbut - Situbondo memperketat pengawasan dan pemerikasaan lalu lintas (lalin) hewan ternak baik yang masuk maupun keluar dari Situbondo. Tidak hanya di hari kerja, di hari libur pun pejabat karantina siap melayani permohonan sertifikasi lalin hewan ternak.
Selain sebagai tempat pemasukan/pengeluaran, pelabuhan di Situbondo juga sebagai tempat transit hewan ternak dengan tujuan akhir, Jawa Tengah, Jawa Barat, bahkan sampai ke Sumatera.
Sebagian besar ternak yang masuk berasal dari kepulauan Madura, sedangkan ternak yang transit biasanya berasal dari Nusa Tenggara Timur, dan untuk pengeluaran ternak sebagian besar tujuan Banjarmasin.
Berdasarkan data otomasi sistem perkarantinaan IQ-Fast dari Wilker Situbondo, tercatat pada Juli 2020 terdapat pemasukan dan transit hewan kurban sebanyak 2.332 ekor berupa 1.245 ekor sapi, 253 ekor kerbau dan 834 ekor domba. Sedangkan pengeluaran ternak sebanyak 524 ekor yang terdiri dari: 149 ekor sapi dan 375 ekor kambing. Total hewan kurban yang di lalulintaskan sejumlah 2.856 ekor.
Komentar
Kontak dan Bantuan
Berita Terkini
Berita Instansi

TUNJUKKAN SEMANGAT NASIONALISME, AYO... KITA KIBARKAN BENDERA MERAH PUTIH

Bupati Banyuasin H. Askolani ajak masyarakat untuk memasang bendera merah putih

04/08/2020

Tatanan Kehidupan Bali Era Baru (New Normal)

Rabu, 1 Juli 2020. Bertempat di Ruang Rapat Nithi Sabha Kantor Camat Gerokgak, Camat Gerokgak Made Juartawan, S.STP, MM bersama Perbekel se- Kecamatan Gerokgak, dan Plt. Kasi Pelayanan Umum Terpadu Kecamatan Gerokgak mengikuti video conference bersama Bap

04/08/2020

Inovasi Gunung Lawu KPP Pratama Karanganyar

Selain merupakan nama Gunung di wilayah Karanganyar, KPP Pratama Karanganyar juga menggunakan nama Lawu sebagai salah satu nama dari inovasi pelayanannya. Inovasi Gunung Lawu merupakan layanan edukasi kepada Wajib Pajak Usahawan yang baru mendaftarkan dir

04/08/2020
Berita lainnya
Kata Kunci
Ayo ikut survei Kepuasan Pelayanan Publik Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan Pelayanan Publik. Ikuti Survei