Kementerian Pertanian Republik Indonesia - Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya

Jelang Iduladha, Karantina Surabaya Wilker Situbondo Perketat Pengawasan Lalin Hewan Ternak

30 Juli 2020


Jelang Iduladha, Karantina Surabaya Wilker Situbondo Perketat Pengawasan Lalin Hewan Ternak
Situbondo (28/7). Hari Raya Kurban atau dikenal juga dengan Iduladha semakin dekat, yaitu jatuh pada 31 Juli 2020, menyebabkan geliat perdagangan hewan kurban juga semakin bertambah. Hal ini menunjukkan bahwa walaupun di masa pandemi tidak menyurutkan keinginan masyarakat untuk berkurban.
Menanggapi hal tersebut, Karantina Pertanian Surabaya Wilayah Kerja (Wilker) Pelabuhan Kalbut - Situbondo memperketat pengawasan dan pemerikasaan lalu lintas (lalin) hewan ternak baik yang masuk maupun keluar dari Situbondo. Tidak hanya di hari kerja, di hari libur pun pejabat karantina siap melayani permohonan sertifikasi lalin hewan ternak.
Selain sebagai tempat pemasukan/pengeluaran, pelabuhan di Situbondo juga sebagai tempat transit hewan ternak dengan tujuan akhir, Jawa Tengah, Jawa Barat, bahkan sampai ke Sumatera.
Sebagian besar ternak yang masuk berasal dari kepulauan Madura, sedangkan ternak yang transit biasanya berasal dari Nusa Tenggara Timur, dan untuk pengeluaran ternak sebagian besar tujuan Banjarmasin.
Berdasarkan data otomasi sistem perkarantinaan IQ-Fast dari Wilker Situbondo, tercatat pada Juli 2020 terdapat pemasukan dan transit hewan kurban sebanyak 2.332 ekor berupa 1.245 ekor sapi, 253 ekor kerbau dan 834 ekor domba. Sedangkan pengeluaran ternak sebanyak 524 ekor yang terdiri dari: 149 ekor sapi dan 375 ekor kambing. Total hewan kurban yang di lalulintaskan sejumlah 2.856 ekor.
Komentar
Kontak dan Bantuan
Berita Terkini
Berita Instansi

KERINGANAN DAN PEMUTIHAN PAJAK UNTUK MASYARAKAT SUMATERA SELATAN

Keringanan dan pemutihan pajak untuk masyarakat Sumatera Selatan diperpanjang dari tanggal 1 sampai dengan 30 November 2020.

31/10/2020

Lapas Watampone Ikuti Upacara Peringatan HDKD Secara Daring Virtual

Kementerian Hukum dan HAM ingin melakukan lompatan yang lebih besar agar seluruh pelayanan publik di Kemenkumham berjalan secara digital, sehingga pelayanan akan semakin cepat, mudah dan transparan

30/10/2020

Optimalkan Program Pembinaan Kemandirian Kalapas hadiri Kegiatan Konsteks Pemasyarakatan

Peningkatan Kualitas Warga Binaan Pemasyarakatan ( WBP) Menjadi SDM Terampil Melalui Kerja Sama Dengan Para Stakeholder.

30/10/2020
Berita lainnya
Kata Kunci
Ayo ikut survei Kepuasan Pelayanan Publik Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan Pelayanan Publik. Ikuti Survei