Kementerian Pertanian Republik Indonesia - Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya

Karantina Surabaya Sertifikasi Puluhan Ton Pakan Ternak ke Timor Leste

04 September 2020


Karantina Surabaya Sertifikasi Puluhan Ton Pakan Ternak ke Timor Leste
Surabaya - Memasuki fase adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi covid19 menjadikan kehidupan ekonomi terus bergerak bangkit, tidak terkecuali bidang tata niaga komoditas pertanian dan turunannya.
Kementan melalui Karantina Pertanian Surabaya senantiasa mendorong pelaku usaha diantaranya pakan ternak agar mampu mengekspor produknya dan bersaing di perdagangan global.
Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mempercepat layanan sertifikasi ekspor misalnya dengan inline inspection, layanan prioritas dan sebagainya. Pada 2 September 2020, Karantina Pertanian Surabaya melakukan sertifikasi 80 Ton pakan ternak dengan nilai ekonomis Rp 455 juta tujuan Timor Leste.
Dainurritus R, dokter hewan yang bertugas di Wilayah Kerja Pelabuhan Tanjung Perak menjelaskan, “Percepatan layanan ekspor yang dilakukan tetap perpedoman pada prinsip kehati- hatian dan kewaspadaan terhadap potensi penyebaran hama penyakit hewan. Setelah seluruh tahapan tindakan karantina dilakukan, Sertifikat Keterangan Benda Lain (red. KH-13) dapat diterbitkan”.
Tindakan Karantina yang dilakukan adalah pemeriksaan terhadap kebenaran jumlah dan jenis produk, serta memastikan kualitas dari produk tersebut tetap terjaga kesehatan dan keamanannya. Selain itu, kelengkapan dokumen pendukung dan kelayakan alat angkut juga tidak luput dari pemeriksaan.
Secara terpisah, Kepala Karantina Pertanian Surabaya Musyaffak Fauzi menyatakan bahwa, “Ekspor pakan ternak ini merupakan salah satu dukungan kepada program kementan yaitu Gratieks. Saya sangat mengapresiasi pelaku usaha yang berani melakukan terobosan dengan menambah negara tujuan ekspor. Semoga yang dilakukan PT. SI tersebut dapat memberikan inspirasi ke pelaku usaha lainya ".
Jadi Sobat Q, tidak ada salahnya kita melirik potensi turunan komoditas pertanian baik hewan untuk diekspor, karena kalau bukan kita siapa lagi dan kalau bukan sekarang kapan lagi.
Komentar
Kontak dan Bantuan
Berita Terkini
Berita Instansi

Meski Sempat Terhenti Akibat Covid-19, Bupati Askolani Kembali Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi BLK

PANGKALAN BALAI -- Sempat terhenti akibat pandemi Covid-19, Bupati Banyuasin H. Askolani, SH., MH, Resmi membuka Kegiatan Pelatihan Berbasis Kompetensi pada program peningkatan kualitas dan produktifitas tenaga kerja pada UPTD BLK Disnakertrans Kabupaten

28/10/2020

Hari Sumpah Pemuda

Selamat Hari Sumpah Pemuda. Bersatu dan Bangkit

28/10/2020

Monev dan Focus Group Discussion (FGD) Pengelolaan Website Perangkat Daerah dan Kecamatan di Pemerintah Kabupaten Malang

Monev dan Focus Group Discussion (FGD) Pengelolaan Website Perangkat Daerah dan Kecamatan di Pemerintah Kabupaten Malang

28/10/2020
Berita lainnya
Kata Kunci
Ayo ikut survei Kepuasan Pelayanan Publik Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan Pelayanan Publik. Ikuti Survei