Kementerian Pertanian Republik Indonesia - Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya

Kuda Bantul Ikut Main Jaran di Sumbawa

31 Agustus 2020


Kuda Bantul Ikut Main Jaran di Sumbawa
Surabaya (30/8). "Main Jaran" adalah sebuah permainan tradisional masyarakat Kabupaten Sumbawa - Nusa Tenggara Barat sejak jaman kolonial Belanda. Sesuai dengan namanya, jaran dalam Bahasa Indonesia berarti “kuda”, sehingga pengertian main jaran adalah main kuda atau istilah umumnya pacuan kuda.
Hal yang istimewa dalam main jaran dibandingan dengan permainan sejenisnya adalah joki yang digunakan bukan orang dewasa melainkan remaja, bahkan anak anak.
Seiring dengan perkembangan jaman, main jaran juga mengalami perubahan, tidak sekedar melibatkan pemain lokal namun juga mengundang peserta dari luar Sumbawa. Jaran yang menang dalam pertandingan, tidak hanya harga jualnya yang naik tapi juga meningkatkan gengsi pemiliknya. Oleh sebab itu, semakin hari permainan ini semakin diminati.
Pejabat Karantina Pertanian Surabaya wilker Pelabuhan Penyeberangan Ketapang memeriksa 4 ekor kuda pacu ras Sandel asal Bantul pada Jum’at (28/8). Kuda-kuda tersebut akan mengikuti Main Jaran awal September di Sumbawa.
Putu Swesti Widyarini, dokter hewan yang memeriksa menjelaskan “kuda ras Sandel ini memang sudah dikenal sebagai ras kuda pacu asli Indonesia dan tujuan pengiriman kuda-kuda ini ke Sumbawa untuk mengikuti perlombaan. Meskipun selama pemeliharaan kesehatan kuda tersebut senantiasa dipantau namun kami tetap melakukan pemeriksaan untuk memastikan kesehatannya”.
“Pemeriksaan yang dilakukan meliputi pemeriksaan fisik dan dokumen persyaratan yang menyertai termasuk hasil uji laboratorium untuk peneguhan diagnose,” imbuh Putu.
Setelah kuda pacu dinyatakan sehat, sertifikat kesehatan hewan (KH-11) diterbitkan, dan kuda pacu dapat melanjutkan perjalanan ke lokasi pertandingan di Sumbawa.
Komentar
Kontak dan Bantuan
Berita Terkini
Berita Instansi

Meski Sempat Terhenti Akibat Covid-19, Bupati Askolani Kembali Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi BLK

PANGKALAN BALAI -- Sempat terhenti akibat pandemi Covid-19, Bupati Banyuasin H. Askolani, SH., MH, Resmi membuka Kegiatan Pelatihan Berbasis Kompetensi pada program peningkatan kualitas dan produktifitas tenaga kerja pada UPTD BLK Disnakertrans Kabupaten

28/10/2020

Hari Sumpah Pemuda

Selamat Hari Sumpah Pemuda. Bersatu dan Bangkit

28/10/2020

Monev dan Focus Group Discussion (FGD) Pengelolaan Website Perangkat Daerah dan Kecamatan di Pemerintah Kabupaten Malang

Monev dan Focus Group Discussion (FGD) Pengelolaan Website Perangkat Daerah dan Kecamatan di Pemerintah Kabupaten Malang

28/10/2020
Berita lainnya
Kata Kunci
Ayo ikut survei Kepuasan Pelayanan Publik Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan Pelayanan Publik. Ikuti Survei