Kementerian Pertanian Republik Indonesia - Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya

Pelepasan Ekspor 10 Komoditas Pertanian Jatim ke 18 Negara

27 Juli 2020


Pelepasan Ekspor 10 Komoditas Pertanian Jatim ke 18 Negara
Surabaya (24/7). Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan) bersama dengan Staf Khusus Menteri Pertanian bidang Kebijakan, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Prov Jawa Timur (Jatim), Kadis Peternakan Prov Jatim dan instansi terkait melakukan pelepasan ekspor pada 24 Juli 2020 di Surabaya.
Sebanyak 10 ragam komoditas pertanian dan turunanya asal Provinsi Jatim dengan total nilai ekonomi Rp. 21,53 Milyar Rupiah diekspor ke 18 negara sekaligus. Komoditas pertanian tersebut berupa: Sarang Burung Walet, bakso, L-Lysine Sulphate, minyak sawit, minyak kelapa, bawang merah, kerupuk, shuttlecocks, premix, dan pakan ternak.
"Kita akan pacu terus ekspor diseluruh tanah air, guna mempertahankan kinerja positif sektor pertanian. Data BPS menyebutkan untuk kinerja ekspor di bulan Juni 2020 mencapai peningkatan yang tinggi dengan angka USD 12,03 miliyar. Capaian ini meningkat 15,09 persen dibandingkan Mei 2020 yang mencapai USD 10,53 miliyar," jelas Jamil.
Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Kepala Karantina Pertanian Surabaya Musyaffak Fauzi menyebutkan total nilai fasilitasi ekspor yang dilakukan pihaknya pada hari ini bernilai ekonomi Rp. 470,69 Miliar. Komoditas ekspornya terdiri dari komoditas pertanian dan non pertanian.
Untuk pertanian berasal dari sub sektor hortikultura, peternakan, tanaman pangan dan hortikultura senilai Rp. 424,3 milyar. Sementara komoditas non pertanian yakni asal sub sektor perikanan, kehutanan dan produknya senilai Rp. 46,39 milyar. Karantina Pertanian Surabaya memfasilitasi proses bisnis ekspornya sesuai dengan persyaratan negara tujuan.
Sementara yang dimaksud dengan 18 negara tujuan ekspor adalah mulai dari Finlandia hingga Latvia. "Ada banyak ragam juga negara tujuan, semoga ini bisa menjadi dorongan dan semangat bagi tumbuhnya pelaku agribisnis baru," pungkas Musyaffak.
Komentar
Kontak dan Bantuan
Berita Terkini
Berita Instansi

Meski Sempat Terhenti Akibat Covid-19, Bupati Askolani Kembali Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi BLK

PANGKALAN BALAI -- Sempat terhenti akibat pandemi Covid-19, Bupati Banyuasin H. Askolani, SH., MH, Resmi membuka Kegiatan Pelatihan Berbasis Kompetensi pada program peningkatan kualitas dan produktifitas tenaga kerja pada UPTD BLK Disnakertrans Kabupaten

28/10/2020

Hari Sumpah Pemuda

Selamat Hari Sumpah Pemuda. Bersatu dan Bangkit

28/10/2020

Monev dan Focus Group Discussion (FGD) Pengelolaan Website Perangkat Daerah dan Kecamatan di Pemerintah Kabupaten Malang

Monev dan Focus Group Discussion (FGD) Pengelolaan Website Perangkat Daerah dan Kecamatan di Pemerintah Kabupaten Malang

28/10/2020
Berita lainnya
Kata Kunci
Ayo ikut survei Kepuasan Pelayanan Publik Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan Pelayanan Publik. Ikuti Survei