Kementerian Pertanian Republik Indonesia - Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya

Penuhi Persyaratan, Tiga Ribu Lembar Kulit Ular Jatim Terbang ke Singapura

03 Agustus 2020


Penuhi Persyaratan, Tiga Ribu Lembar Kulit Ular Jatim Terbang ke Singapura
Surabaya -- Sebanyak tiga ribu lembar kulit Ular Sanca Batik (Phyton reticulatus) menjadi target tindakan pemeriksaan petugas Karantina Pertanian Surabaya kemarin, Kamis (30/7).
Hasil pemeriksaannya digunakan sebagai persyaratan masuk ke negara tujuan ekspor, Singapura.
"Setelah seluruh dokumen lengkap dan hasil pemeriksaan fisik dinyatakan sehat serta tidak terjangkit Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK) maka Sertifikat Sanitasi Produk Hewan (KH-12, red) diterbitkan,"kata dokter hewan Karantina Pertanian Surabaya, Kundoro yang bertugas melakukan tindakan tersebut.
Menurutnya, selain pemeriksaan fisik terhadap sanitasi produk hewan tersebut juga dilakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen pendukung yaitu ijin tangkap dan ijin edar dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Dan komoditas ekspor milik PT BAA ini dinyatakan lengkap.
Pemilik PT BAA Elsye, mengapresiasi fasilitasi yang diberikan oleh Karantina Pertanian Surabaya. Selain mudah dan cepat, tindakan juga dilakukan digudang miliknya. Hal ini akan mempercepat proses bisnis saat di pintu keluar sehingga bisa meningkatkan nilai daya saing, tambahnya.
Kulit ular ini nantinya akan digunakan sebagai bahan pembuatan tas dan aksesoris dengan corak dan motif yang khas dengan tampilanya yang bekelas, imbuhnya lagi.
Secara terpisah, Kepala Karantina Pertanian Surabaya, Musyaffak Fauzi menyebutkan saat ini terdapat beberapa industri telah mengerjakan penyamakan kulit ular di Jawa Timur.
Penyamakan adalah pengolahan kulit mentah menjadi bahan baku untuk berbagai keperluan, seperti tas, jaket, ikat pinggang, topi, jok dan sebagainya. Dan kulit ular yang akan memenuhi kebutuhan Singapura dengan berat 1 ton dan terbagi menjadi 20 koli merupakan hasil samakan sendiri dari perusahaan tersebut.
"Kekayaan alam hayati yang kita miliki sangat kaya dan diminati pasar global. Patuhi aturannya untuk menjaga kelestariaan dan kita kelola dengan untuk manfaat bersama," kata Musyaffak.
Komentar
Kontak dan Bantuan
Berita Terkini
Berita Instansi

Meski Sempat Terhenti Akibat Covid-19, Bupati Askolani Kembali Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi BLK

PANGKALAN BALAI -- Sempat terhenti akibat pandemi Covid-19, Bupati Banyuasin H. Askolani, SH., MH, Resmi membuka Kegiatan Pelatihan Berbasis Kompetensi pada program peningkatan kualitas dan produktifitas tenaga kerja pada UPTD BLK Disnakertrans Kabupaten

28/10/2020

Hari Sumpah Pemuda

Selamat Hari Sumpah Pemuda. Bersatu dan Bangkit

28/10/2020

Monev dan Focus Group Discussion (FGD) Pengelolaan Website Perangkat Daerah dan Kecamatan di Pemerintah Kabupaten Malang

Monev dan Focus Group Discussion (FGD) Pengelolaan Website Perangkat Daerah dan Kecamatan di Pemerintah Kabupaten Malang

28/10/2020
Berita lainnya
Kata Kunci
Ayo ikut survei Kepuasan Pelayanan Publik Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan Pelayanan Publik. Ikuti Survei