Pemerintah Provinsi Jawa Tengah-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Grobogan

Apa Itu “MENCARI KEKASIHKU” ??

08 November 2019


Grobogan. Paket Pelayanan “ MENCARI KEKASIHKU “ adalah singkatan dari Menikah atau Cerai, KK dan KTP Seketika itu Kumiliki, merupakan paket pelayanan terintegrasi, kerjasama antara Dispendukcapil Kabupaten Grobogan dengan Kementerian Agama, Kantor Urusan Agama (KUA) se-Kabupaten Grobogan dan Pengadilan Agama Kelas I Purwodadi, untuk Penyerahan KK dan KTP status baru Kawin atau Cerai hidup bersamaan ( seketika ) dengan penyerahan surat nikah atau akta cerai.

Mekanismenya adalah pemohon cukup menyerahkan persyaratan perkawinan di KUA atau perceraian di Pengadilan Agama (PA), tanpa selembarpun persyaratan yang dikirim ke Dispendukcapil Kabupaten Grobogan guna mengurus perubahan KK dan KTP . Kemudian Petugas KUA atau PA melakukan input pada aplikasi mencari kekasihku yang terbubung dengan Dispendukcapil meliputi: NIK, nomor dan tanggal surat nikah atau akta cerai, dan bagi petugas KUA juga melakukan input rencana domisili pengantin. Selanjutnya Operator Dispendukapil mencetak KK dan KTP status “kawin" / “cerai” dan mendistribusikan ke KUA atau PA. Berikutnya KK dan KTP status baru tersebut diserahkan oleh petugas KUA / PA bersamaan dengan penyerahan buku nikah kepada pengantin atau akta cerai kepada pemohon dengan mencabut KK dan KTP lama.

Kemanfaatan inovasi ini adalah memberikan kebahagiaan kepada masyarakat karena saat menerima surat nikah atau akte cerai langsung mendapatkan  KK dan  KTP status baru tanpa perlu mengurusnya, dengan menerima 6-7 dokumen, hal ini tentunya sangat menghemat waktu dan biaya. Selain itu dapat memberikan kepastian status perkawinan (responsif gender), karena status yang baru telah tertera pada identitas penduduk sehingga meminimalisir penyalahgunaan identitas. Inovasi ini juga memberikan manfaat kemudahan dalam mendapatkan pelayanan dari instansi pengguna KK dan KTP, seperti misalnya mengurus BPJS, Perbankan, klaim asuransi, tunjangan suami/istri dan lain-lain, karena penduduk yang menikah selain dirubah statusnya juga dilakukan pemecahan KK pembentukan keluarga baru. Melalui program ini maka sekaligus  proses pemutakhiran database kependudukan di Kabupaten Grobogan dengan data yang aktual dapat terlaksana, sehingga validitas data penduduk akan meningkat.

Komentar
Kontak dan Bantuan
Berita Terkini

BIG Tindak Lanjuti Kerja Sama dengan Pemkab Bandung

BIG dan Pemkab Bandung melakukan kerja sama terkait pembangunan yang berdasarkan informasi geospasial

18/11/2019

Satu-satunya Kabupaten di Bali Badung Terima Anugrah Kihajar 2019 dari Kemendikbud

Menjelang peringatan HUT Dasawarsa Ibukota Kabupaten Badung Mangupura pada 16 November, Badung mendapatkan kado istimewa dengan meraih penghargaan Kihajar 2019 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia. Anugerah Kihajar 2

18/11/2019

STOP PUNGLI

Unit Pemberantasan Pungutan Liar

18/11/2019
Berita lainnya
Ayo ikuti survei SIPP Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan layanan situs SIPP. Ikuti Survei