Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Bangun Kesadaran Adminduk, Disdukcapil Kobar Gelar Sosialisasi

23 Juli 2019


Pangkalan Bun. Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dibidang administrasi kependudukan (Adminduk), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kotawaringin Barat menggelar Sosialisasi Kebijakan Administrasi Kependudukan selasa 16 Juli 2019 di aula Kantor Bupati.

Menurut ketua panitia kegiatan,  Jhon Goro Plt. Kabid. Pemanfaatan Data dan inovasi Pelayanan, tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini, agar seluruh masyarakat Kobar betul-betul telah memiliki dokumen kependudukan yang akurat. Ia menyebutkan peserta yang mengikuti sosialisasi tersebut sebanyak 100 orang terdiri dari Camat, Lurah dan Kades se Kotawaringin Barat dengan narasumber  dari Ditjen Dukcapil Kemendagri dan Disdukcapil Prov. Kalteng.

Acara tersebut di buka oleh Bupati Kobar Hj. Nurhidayah, SH, MH, dan dihadiri oleh Forkopimda, Sekertaris Daerah, Para Pimpinan SKPD, Para Camat, Lurah dan Kades sebagai peserta sosialisasi.

Bupati Kotawaringin Barat saat memberikan sambutan mengatakan bukan rahasia lagi bahwa dokumen kependudukan dan dokumen catatan sipil masih dianggap banyak orang sesuatu yang dicari ketika diperlukan, padahal sejatinya dokumen kependudukan wajib dimiliki oleh setiap penduduk sejak yang bersangkutan lahir hingga akhir hayatnya.  “Sosialisasi Administrasi kependudukan ini sangat penting terkait dengan kepemilikan dokumen dasar kependudukan (Kartu Keluarga, KTP dan Akta Kelahiran) yang harus dimiliki oleh setiap masyarakat untuk menjamin hak dan melaksanakan kewajibannya” ungkapnya. Bupati Kobar mengharapkan dengan sosialisasi ini masyarakat melalui Camat, Kepala Desa serta para Lurah dapat memberikan informasi kepada masyarakat dalam wilayahnya jika dokumen kependudukan sesuatu yang harus dimiliki dan bermanfaat untuk aktifitas kehidupan sehari-hari. Sementara itu untuk Disdukcapil, Bupati mengaharapkan agar selalu melayani masyarakat dengan ikhlas dan tuntas terkait dengan pelayanan dokumen kependudukan.

Secara terpisah Kepala Disdukcapil Gusti M. Imansyah dalam sambutannya mengatakan Sosialisasi diberikan kepada Camat, Kepala Desa dan Lurah karena merupakan perangkat pemerintah yang penting, strategis dan terdepan dalam memberikan layanan kepeda masyarakat. “Dalam memberikan layanan kepada masyarakat, khususnya layanan kependudukan dan pencatatan sipil, tidak terlepas dari peran Camat, Kepala Desa dan Lurah”, lanjutnya. (Disdukcapil)

Komentar
Kontak dan Bantuan
Berita Terkini

KRONOLOGI PENEMUAN BCB DI DESA NGADIREJO, KECAMATAN WONOASRI KABUPATEN MADIUN

Semoga dengan beberapa temuan benda sejarah di Kabupaten Madiun bisa menggambarkan sekaligus membuka wacana bahwa masih banyak wilayah pada jaman dahulu yang hilang bisa terungkap kembali, itulah harapan sugina.

12/11/2019

Pelayanan Kampung Tertib Administrasi RT. 18 dan RT. 37 Tanggal 6 dan 7 November 2019 di Kelurahan Loktabat Utara Kota Banjarbaru

Pelayanan Kampung Tertib Administrasi di RT. 18 dan RT. 37 Kelurahan Loktabat Utara Kecamatan Banjarbaru Utara Kota Banjarbaru

11/11/2019

Kegiatan Jemput Bola administrasi Kependudukan

Bertempat di bassemet kantor Kecamatan Gemolong tanggal 21-22 Oktober 2019 telah diadakan acara Jemput bola pelayanan Administrasi kependudukan yang diadakan oleh Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil Kabupaten sragen yang meliputi pelayanan pembuatan A

11/11/2019
Berita lainnya
Kata Kunci
Ayo ikuti survei SIPP Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan layanan situs SIPP. Ikuti Survei