Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan-Dinas Komunikasi dan Informatika

Kabupaten Banyuasin kembali meraih penghargaan Bhumandala Award Kategori Inovasi Pemanfaatan Informasi Geospasial Tahun 2020

28 November 2020


Jakarta - Kabupaten Banyuasin menerima Bhumandala Rajata Award di Hotel Borobudur jalan lapangan Banteng Selatan, Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta, Jum'at (27/11/2020).

 

Penghargaan ini diberikan agar Penyelenggara Pemerintah baik dari pusat sampai tingkat Kabupaten harus mampu memenuhi standar data, memiliki metadata yang baku serta memenuhi kaidah interoperabilitas data. 

 

Penyelenggaraan Penghargaan Pemanfaatan Informasi Geospasial ini sebagai bagian dari merespon perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi yang telah dikembangkan oleh Pemerintah Daerah.

 

Kabupaten Banyuasin telah berhasil mengembangkan Simpul Jaringan dalam waktu yang relative singkat. Dukungan kuat Pimpinan Daerah dalam pembangunan simpul jaringan tampak

dengan jelas dengan keterlibatan OPD dalam menyelenggarakan kegiatan Informasi Geospasial (IG).

 

Kabupaten Banyuasin kembali meraih penghargaan Bhumandala Award Kategori Inovasi Pemanfaatan Informasi Geospasial Tahun 2020. Dengan memperoleh penghargaan Simpul Jaringan Terbaik dengan Kategori Rajata dan mendapatkan Perak. Sebelumnya juga telah menerima Bhumandala Ariti Award dan mendapatkan Perunggu Tahun 2018. 

 

Penghargaan ini diselenggarakan sekali dalam 2 (Dua) Tahun oleh Badan Informasi Geospasial ( BIG). Penghargaan ini merupakan Penghargaan Simpul Jaringan Informasi Geospasial yang telah memasuki tahun keempat sejak pertama kali diselenggarakan tahun 2014. 

 

Dalam perjalanannya, proses monitoring dan evaluasi terhadap kinerja simpul jaringan selalu disinergikan dengan Perpres 27 Tahun 2014 tentang Jaringan Informasi Geospasial Nasional. Selain itu, terbitnya Perpres 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

 

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Plt Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG), Muhtadi Ganda Sutrisna kepada Bupati Kabupaten Banyuasin, H. Askolani, SH., MH. Untuk Provinsi Sumatera Selatan, Banyuasin menduduki urutan pertama mendapatkan penghargaan Bhumandala Rajata (Perak) setelah Kabupaten Musi Banyuasin dan Sumatera Selatan mendapatkan penghargaan Simpul Jaringan Terbaik Kategori Provinsi.

 

Muhtadi menyampaikan ucapan selamat kepada semua yang telah menerima penghargaan Bhumandala. Terus berkarya, melakukan inovasi dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Indonesia.

Memberikan pelayanan yang terbaik demi mewujudkan Satu Data Indonesia.

 

"Penghargaan ini merupakan wujud nyata dari kerja semua jajaran dari Pimpinan Pusat, Pimpinan Daerah dan ASN yang telah bekerja dengan sangat baik, menciptakan inovasi demi mewujudkan pelayanan terbaik baik masyarakat," ujar Muhtadi.

 

"Penghargaan ini adalah bentuk penghargaan tertinggi atas semangat Pimpinan Daerah membangun daerahnya masing-masing. Tidak boleh berhenti sampai penerimaan penghargaan ini saja, kedepan harus lebih meningkatkan lebih dan lebih untuk Negeri kita Indonesia," tutupnya.

 

Sementara itu, rasa bahagia dan bangga disampaikan oleh Bupati Banyuasin, H. Askolani, SH., MH. Beliau menyampaikan bahwa Kabupaten Banyuasin saat ini telah mengembangkan Sistem Informasi yang berbasis Spasial berupa Sistem Penanggulangan Kemiskinan (SIBANGKIT) dan Informasi Geospasial berupa Banyuasin Elektronik Tata Ruang Wilayah (BETUAH).

 

"Semua ini tidak berhenti sampai disini saja. Kabupaten Banyuasin harus terus bekerja untuk menjadi paling baik dari yang terbaik. Terimakasih kepada semua ASN yang telah membantu saya bekerja dengan ikhlas, sampai kita menuju dan meraih penghargaan ini," semangat beliau.

 

"Kedepan kita akan tingkatkan terus 7 (Tujuh) Program Banyuasin Bangkit, Adil dan Sejahtera. Kita harus meningkatkan terus pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Banyuasin khususnya disemua bidang. Seperti yang telah Saya dan Pakde Slamet canangkan terus menerus," tutup Askolani.

 

 (Diskominfo/PKP).

Komentar
Kontak dan Bantuan
Berita Terkini
Berita Instansi

Konsultasi Bappeda terkait Penyusunan IKM 2020

Penyusunan IKM 2020

28/01/2021

Pengukuhan Kelompok Petani Porang "Maju Sejahtera"

Rabu, 27 Januari 2021. Camat Gerokgak Bapak Made Juartawan, S. STP, MM., menghadiri undangan pengukuhan Kelompok Petani Porang "Maju Sejahtera" di Desa Patas. Kegiatan turut dihadiri Perbekel Desa Patas, Penyuluh Pertanian Kecamatan Gerokgak, Bhabinkamtib

28/01/2021
Berita lainnya
Ayo ikut survei Kepuasan Pelayanan Publik Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan Pelayanan Publik. Ikuti Survei