Pemerintah Provinsi Jawa Tengah-Inspektorat

Monev Penganggaran Covid-19

29 Juni 2020


Senin, 21/6, bertempat di Gedung Pertemuan Kecamatan Karangawen, Inspektur didampingi Irban wil III dan para auditor berkesempatan melaksanakan monitoring terkait penganggaran percepatan penanganan Covid19. Acara ini dibuka langsung oleh Camat Karangawen dan dihadiri segenap unsur pimpinan Kecamatan Karangawen, juga dihadiri oleh 12 Kepala Desa didampingi Sekretaris dan Bendahara desa.
Dalam sambutannya Camat Karangawen mengapresiasi dengan baik acara yang diselenggarakan ini terkait menjalin sinergi dalam pelaksanaan kegiatan percepatan penanganan covid di desa di wilayah kecamatan Karangawen namun harus tetap sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku. Untuk itulah Inspektorat dihadirkan sebagai pendamping sekaligus mengarahkan bagaimana kegiatan berjalan di desa tetap sesuai dengan aturan yang berlaku.
Inspektur Kab Demak menyampaikan bahwa Inspektorat siap membantu terkait masa darurat pelaksanaan percepatan penanganan covid19. Pada masa seperti ini semua dituntut untuk dilaksanakan dengan cepat, dan salah satu usaha yang bisa Inspektorat adalah untuk mendampingi dan mengarahkan agar kegiatan yang harus segera dilaksanakan tetap sesuai dengan aturan yang berlaku. Inspektorat berfungsi sebagai aparat pengawas intern yang diharapkan dapat mendampingi dan mengarahkan, dengan memberikan wadah upload secara online by data terkait pelaksanaan percepatan penanganan covid19 di Desa Waskita. Namun agaknya pengunggahan data terkait covid di desa belum terlaksana secara maksimal. Maksud dari pengunggahan tersebut tidak lain agar masyarakat dapat melihat bukti nyata dari pemerintah desa sehingga dapat meminimalisir pengaduan masyarakat dimana pada masa sosial media yang masiv ini segala hal dapat diadukan karena media pengaduan masyarakat baik dari Lapor Gub dapat diakses dengan mudah.
Selain itu terkait pengadaan barang dan jasa dalam rangka percepatan penanganan covid19, diharapkan pemerintah desa tidak melakukan pemahalan harga, dan dilaksanakan sesuai dengan standart satuan harga yang berlaku. Saran yang diberikan Inspektur antara lain adalah memperkuat penyusunan spj, dengan penguatan spj tersebut diharapkan dapat memberikan keyakinan atas kebenaran penyajian spj yang disusun.

(Andria / 22 Juni 2020)

Komentar
Kontak dan Bantuan
Berita Terkini
Berita Instansi

Pemenang Lomba IGA Kotamobagu Resmi Diumumkan

Para pemenang Innovative Government Award (IGA) Kota Kotamobagu 2020, Kamis (2/7/2020) resmi diumumkan.

07/08/2020

MONITORING PROGRES PEMBANGUNAN BANTUAN STIMULAN RTLH DESA SUKAMULIA

Pemerintah Desa Sukamulia Kecamatan Banyuasin III menggulirkan bantuan stimulan bedah rumah, memanfaatkan kucuran anggaran Dana Desa (DD) 2020

07/08/2020

WAJAH DESA SUKAMULIA BANYUASIN III JADI LEBIH TERTATA

Pak Pj. Kades membawa perubahan bisa menjadi contoh , wajah Desa berubah menjadi lebih tertata

07/08/2020
Berita lainnya
Kata Kunci
Ayo ikut survei Kepuasan Pelayanan Publik Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan Pelayanan Publik. Ikuti Survei