Kementerian Keuangan - KPKNL Pekanbaru

Salam "Samudera" Dari KPKNL Pekanbaru

02 Agustus 2018


Penilaian Awal Lomba Kantor Pelayanan Terbaik (KPT) Di KPKNL Pekanbaru
Pekanbaru – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pekanbaru menjalani proses penilaian awal lomba Kantor Pelayanan Terbaik (KPT) tingkat Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pada Selasa, 31 Juli 2018. Bermula di aula/ruang rapat KPKNL Pekanbaru, proses penilaian ini di dilaksanakan oleh Tim Penilai/ Juri  yang terdiri dari Kepala Bagian Organisasi I Sekretairat Jenderal Kemenkeu, Imam Sofyan dan Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana Direktorat Jenderal Pajak, Oding Rifaldi beserta jajarannya.
Hadir dalam perhelatan ini antara lain, Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Riau, Sumatera Barat dan Kepulauan Riau (RSK), Tugas Agus Priyo Waluyo, Kepala Bagian Kepegawaian DJKN, Dwi Wahyudi, Perwakilan dari PT.Bank BRI Cabang Pekanbaru, Perwakilan PT Bank PANIN Pekanbaru, Perwakilan dari Kepolisian Daerah Riau, Perwakilan Pemerintah Provinsi Riau, serta Perwakilan Kementerian/ Lembaga/ Satuan Kerja, dan pengguna jasa KPKNL Pekanbaru lainnya.
Dalam sambutannya Tugas Agus Priyo Waluyo mengungkapkan bahwa dengan segala kelebihan dan keterbatasannya, KPKNL Pekanbaru mampu menjawab tantangan dan menuntaskan tugasnya sesuai dengan target yang diberikan, bahkan juga memberikan nilai tambah dengan berbagai inovasi yang dikembangkan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan tugas. “ Kami beserta segenap jajran Kanwil DJKN RSK, sangat mengharapkan dukungan para pengguna jasa agar KPKNL Pekanbaru mampu mempersembahkan karya terbaiknya bagi masyarakat, bangsa dan negara”, pungkasnya.
Imam Syofyan selaku ketua Tim Penilai, dalam pengantarnya menyatakan bahwa KPKNL yang terpilih untuk mengikuti ajang ini merupakan KPKNL dengan kinerja terbaik, demikian juga KPKNL Pekanbaru. “Pesan dari diadakannya lomba ini adalah agar KPKNL tersebut terus meningkatkan kinerja dan kualitas pelayananya”, tekan Imam Syofyan.
Tahap penilaian ini dimulai dengan pemutaran video profil KPKNL Pekanbaru yang sekilas menggambarkan kegiatan, pelayanan, inovasi, prestasi dan kinerja KPKNL Pekanbaru dalam mengemban tugas pokok dan fungsinya. Dalam paparannya Kepala KPKNL Pekanbaru, Rina Yulia mengungkapkan tentang pencapain-pencapain KPKNL Pekanbaru yang berhasil dalam pelaksanaan tugas dengan segala inovasinya selama ini selalu dilandasi komitmen untuk terus menerapkan nilai-nilai kementerian keuangan, yakni integritas, profesionalisme, sinergi, pelayanan, dan kesempurnaan. Nilai-nilai tersebut diresapi dan diterjemahkan dalam semangat “SAMUDERA” (Santun, Amanah, Unggul, Dinamis, Empati, Ramah) yang menjadi motto KPKNL Pekanbaru.
Berikutnya, untuk lebih menggali tentang dinamika pelayanan di KPKNL Pekanbaru dalam pelaksanaan tugasnya, tim penilai melangsungkan acara tanya jawab dengan kepala kantor, kepala seksi, dan beberapa pegawai/ pelaksana. Tak luput para pengguna jasa (stakeholder) juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapat tentang pengalamannya bekerja sama dengan KPKNL Pekanbaru, yang mana sebagian besar memandang positif kinerja KPKNL Pekanbaru dan berkenan memberikan usulan yang tulus demi kemajuan KPKNL Pekanbaru. 
Sesi terakhir setelah istirahat siang dilanjutkan oleh tim penilai dengan menyempatkan diri melakukan pengamatan langsung ke tiap ruangan seksi dan fasilitas pelayanannya. Dimulai dari ruang e-auction, seksi Kepatuhan Internal, Seksi Hukum dan Informasi, Sub Bagian Umum, Pelayanan Penilaian, Piutang Negara, Pengelolaan Kekayaan Negara dan Pelayanan Lelang. Tim penilai cukup intensif berdialog dengan tiap kepala seksi dan pegawai di tiap seksi yang mereka kunjungi, terutama terkait dengan inovasi aplikasi “SAMPAN” (Sistem Administrasi dan Pelayanan Andalan) yang digadang menjadi fasilitas untuk memudahkan pemantauan layanan baik baik dari sisi eksternal maupun internal, serta sistem “OREL” (Otomatisasi Risalah lelang) dan “one schedule for all” yang direalisasikan untuk memperlancar tugas pelayanan lelang. “Kami selalu tertarik dengan inovasi-inovasi yang direalisasikan oleh kantor-kantor di daerah, karena selalu menjadi inspirasi bagi kami”, tukas Imam Syofyan  dan Oding Rifaldi di akhir kunjunganya.
Dengan selesainya tahap penilaian awal lomba Kantor Pelayanan Terbaik (KPT), Rina Yulia beserta seluruh pegawai KPKNL Pekanbaru berharap agar semangat maju demi negara dalam peningkatan kualitas dan kinerja pelayananya akan terus terpelihara. “Salam Samudera!”, demikian KPKNL Pekanbaru menyapa
Komentar
Kontak dan Bantuan
Berita Terkini
Berita Instansi

RESES ANGGOTA DPRD DAPIL II DI KECAMATAN PULAU RIMAU

Anggota DPRD Kabupaten Banyuasin Dapil II melaksanakan kegiatan Reses Masa Persidangan (MP) III di Kecamatan Pulau Rimau dan Selat Penuguan

12/08/2020

Berani Berkurban, Berani Masuk Surga

(Bandung, 3 Agustus 2020) Allaahu akbar Allaahu akbar Allaahu akbar, laa illaa haillallahuwaallaahuakbar Allaahu akbar walillaahil hamd...

12/08/2020

Video Conference Dialog Kinerja Organisasi (DKO) dan Rapat Pemantauan Manajemen Risiko (MR) Bulan Agustus?

(Bandung, 06 Agustus 2020)? Bea Cukai Bandung kembali melaksanakan kegiatan rapat DKO dan Pemantauan Manajemen Risiko secara virtual.

12/08/2020
Berita lainnya
Kata Kunci
Ayo ikut survei Kepuasan Pelayanan Publik Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan Pelayanan Publik. Ikuti Survei