Kementerian Keuangan - DIREKTORAT JENDERAL PERBENDAHARAAN

Sharing Session KPPN Liwa mengenai Pembangunan ZI menuju WBK Kepada KPPN Lingkup Kanwil DJPb Lampung

26 Juli 2018


KPPN Liwa didaulat untuk menjadi narasumber dalam acara Sharing Session Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi pada Kamis, 17 Mei 2018 di Aula Kanwil DJPb Prov. Lampung. Sebagaimana ditetapkan dalam surat Sekretars Ditjen Perbendaharaan nomor 1297/PB/2018 tanggal 5 Februari 2018 hal Penetapan KPPN yang melaksanakan akselerasi Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM Tahun 2018 bahwa KPPN Bandar Lampung, KPPN Metro dan KPPN Kotabumi ditetapkan sebagai KPPN yang mengikuti akselerasi pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi Tahun 2018. Sedangkan KPPN Liwa sudah selangkah lebih maju karena KPPN Liwa telah ditetapkan sebagai KPPN yang telah memenuhi kriteria Pembangunan ZI menuju WBK melalui Keputusan Dirjen Perbendaharaan Nomor Kep 549/PB/2017. Berdasarkan penetapan tersebut, di Tahun 2018 KPPN Liwa diusulkan sebagai Unit Kerja untuk memperoleh Predikat WBK bersama 19 KPPN lainnya. Berkenaan hal tersebut, saat ini KPPN Liwa terus membangun ZI menuju WBK melalui pemenuhan berbagai komponen pengungkit untuk memperoleh komponen hasil yang diharapkan.

Berbekal pengalaman KPPN Liwa dalam membangun ZI menuju WBK, KPPN Liwa diminta untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, serta tips dalam membangun ZI menuju WBK kepada KPPN lain di lingkup Kanwil Lampung yang mengikuti akselerasi pembangunan ZI menuju WBK. Memenuhi permintaan tersebut, maka pada Kamis, 17 Mei 2018 KPPN Liwa yang diwakilli oleh Dani Ramdani dan Herbert Siringoringo berbagi pengalaman dalam membangun ZI menuju WBK. Dani Ramdani berbagi tips dalam membangun ZI menuju WBK, diantaranya tips meraih simpati dari satker. Hal ini perlu karena predikat WBK salah satunya dari hasil penilaian satker ketika dilakukan survey , baik oleh Tim Penilai Independen maupun Tim Penilai Nasional. Selain itu Dani Ramdani juga menyampaikan perlunya membangun Tim work yang solid, termasuk dengan melibatkan tenaga PPNPN, penyusunan inovasi, serta Tindak Lanjut Hasil Temuan Itjen.

Sementara itu, Herbert Siringoringo berbagi pengalaman dan tips dalam penyusunan laporan pembangunan ZI menuju WBK agar lebih mudah direviu baik oleh Kanwil maupun oleh Kantor Pusat. Hal pertama yang dipandang perlu adalah penggunaan microsoft excel sebagai format laporan ketimbang microsoft word. Karakteristik excel dengan cell nya dapat mempermudah menyusun laporan bagi KPPN sedangkan pemeriksaan dirasakan lebih mudah bagi tim Kanwil Lampung dan Kantor pusat. Berikutnya adalah penggunaan indeks angka dan huruf pada nama file pdf sebagai bukti dukung dan bila perlu insert hyperlink. Hal ini sangat memudahkan pemeriksa untuk melakukan penelusuran lebih lanjut atas dokumen yang disampaikan/ dilaporkan oleh KPPN sehingga laporan dapat terverifikasi secara tepat.

Pada kesempatan itu juga dilaksanakan penyampaian piagam penghargaan Kepatuhan Internal selama Tahun 2017. Terbaik pertama dalam kepatuhan internal diraih oleh KPPN Liwa, Terbaik kedua KPPN Metro, Terbaik Ketiga KPPN Kotabumi, serta Terbaik Keempat diraih oleh KPPN Bandar Lampung. Piagam Penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala Kanwil DJPb Prov. Lampung, Alfiker Siringoringo. (dani_ramdani)

Komentar
Kontak dan Bantuan
Berita Terkini

Pekan Olahraga Nasional (Pornas) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) XV 2019 - BANGKA BELITUNG Islands

BANGKA BELITUNG Islands... Pekan Olahraga Nasional (Pornas) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) XV 2019 resmi dibuka di GOR Sahabuddin Bangka Belitung, Senin (11/11/2019). RSU Haji Surabaya ikut berpartisipasi dg mengirimkan 2 karyawan (Yanni Ari Ra

13/11/2019

Jumat Sehat, Personel Polres Singkawang Laksanakan Olahraga Pagi

Pembinaan Jasmani Personel Polri Di Satker Polres Singkawang

13/11/2019
Berita lainnya
Kata Kunci
Ayo ikuti survei SIPP Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan layanan situs SIPP. Ikuti Survei