Kementerian Keuangan - DIREKTORAT JENDERAL PERBENDAHARAAN

DESA GENI LANGIT, DESA BINAAN INOVASI KPPN MADIUN

29 Agustus 2019


Sejak adanya Dana Desa yang dikelola pemerintah desa, KPPN Madiun diberi amanah sebagai penyalur Dana Desa. Sebagai penyalur Dana Desa, KPPN Madiun mempunyai harapan  bahwa pemerintahan desa  dapat  melakukan  pengelolaan Keuangan Desa yang transparan dan akuntabel. 

Dengan mendasarkan pemikiran ini, KPPN Madiun mempunyai inovasi PEDES MANTUL singkatan dari Pembinaan Desa Mandiri Akuntabel, Transparan dan Unggul, yaitu sebuah inovasi dengan melakukan program desa binaan dengan membantu  pemerintah desa dalam upaya meningkatkan kualitas layanan kepada seluruh penduduk desanya.

 

Rencananya setiap desa menjadi desa binaan selama 1 tahun. Untuk tahun 2019 inovasi ini dilakukan melalui program pembinaan terhadap Desa Geni Langit, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan dengan target mampu mewujudkan desa percontohan dalam pengelolaan pemerintahan desa yang transparan dan akuntabel dan bersih dari KKN. Pemilihan Desa Geni Langit dengan alasan bahwa  kepala desa beserta aparat Desa Geni Langit  memiliki semangat dan kemauan untuk maju serta berpotensi dalam pengembangan destinasi wisata. Saat ini Desa Geni Langit mengelola 2 buah tempat wisata di lereng Gunung Lawu yang dikelola secara mandiri oleh Karang Taruna Desa dan merencanakan untuk membentuk BUMDes Geni Langit untuk mengembangkan potensi pariwisata lainnya. 

Untuk mewujudkan desa yang transparan dan akuntabel dalam pengelolaan Keuangan Desa. Pemerintahan  Desa sebagai instansi pemerintahan juga seharusnya dapat menjadi pemerintahan yang bersih, bebas dari KKN (good government) dan menerapkan tata kelola  pemerintah yang baik  (good governance).

 

Selain dalam hal pengelolaan keuangan desa yang transparan dan akuntabel, KPPN Madiun juga memberikan pembinaan bagaimana meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan menunjukkan budaya kerja dan best practice pelayanan publik, seperti penataan layout ruang layanan front office, penempatan ruang Kepala Desa, bisnis proses dan  perubahan mindset serta penerapan budaya kerja bebas dari Kolusi Korupsi dan Nepotisme (KKN). Hal ini merupakan bagian dari Influencing Strategy, yaitu salah satu strategi yang dimiliki KPPN Madiun untuk memperluas penularan virus KKN kepada masyarakat luas.

Tujuan dilakukan inovasi program pembinaan Desa Transparan dan Akuntabel, yaitu :

a.  Dengan adanya Inovasi Pembinaan Desa Transparan dan Akuntabel ini, diharapkan masyarakat Desa Geni Langit dapat mendapatkan keuntungan– keuntungan seperti, pelayanan kantor desa yang semakin meningkat kualitasnya dan memenuhi kebutuhan serta harapan masyarakat desa, terbukanya lapangan kerja baru bagi masyarakat sekitar desa, perkembangan dan kemajuan desa menjadi lebih pesat dan terarah, mengurangi dan meniadakan segala bentuk penyalahgunaan Dana Desa dan membantu perkembangan sektor–sektor strategis dari desa binaan yang berpotensi menghasilkan penerimaan daerah maupun penerimaan negara dari sektor Pariwisata, Industri Kecil dan Menengah, Perkebunan dan lain-lain.

b.  Dengan Inovasi ini maka KPPN Madiun dapat melakukan pembinaan secara intensif dan komprehensif kepada Desa Binaan selaku Pengguna Dana Desa sehingga pengelolaan  Dana Desa dapat dilakukan dengan sebaik-baiknya, akuntabilitas, transparansi, efisiensi dan efektifitas dalam pengelolaan anggaran desa  dapat dicapai serta mampu meningkatkan kemampuan perekonomian masyarakat desa.

 

Inovasi ini mempunyai dampak penting dan signifikan, sebagai berikut :

a.    Pemerintah Desa Geni Langit dapat mempertanggungjawabkan keuangan desa yang dikelola secara transparan dan akuntabel kepada warga desa dan masyarakat secara umum.

b.    Dengan pengelolaan keuangan desa secara transparan dapat mencegah terjadinya penyalahgunaan keuangan desa sehingga keuangan desa diharapkan dapat digunakan secara maksimal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

c.    Terciptanya pemerintahan desa yang baik dan benar (good government) dan prinsip tata kelola pemerintah yang baik, yaitu transparansi, partisipasi, dan akuntabilitas (good governance) dapat terwujud di Desa Geni Langit.

d.         Terwujud Desa Geni Langit  sebagai desa yang telah menerapkan pemerintahan yang baik dan benar serta tata kelola yang baik dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain.

Komentar
Kontak dan Bantuan
Berita Terkini

GOW Tanah Bumbu Kalimantan Selatan dan DWP Kota Tangerang Selatan Kunjungi Badung

Ketua TP. PKK Kabupaten Badung Ny. Seniasih Giri Prasta didampingi Ketua Forum Partisipasi Publik Untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (PUSPA) Kabupaten Badung Ny. Rasniathi Adi Arnawa, Ketua DWP Kabupaten Badung Ny. Nesya Yoga Segara dan anggota TP PKK

15/11/2019

Aplikasi Sicantik Cloud dan Tanda Tangan Elektronik

Surat izin bidan yang dikeluarkan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Mandailing Natal telah menggunakan sicantik cloud dengan tanda tangan elktronik

15/11/2019

DIVISI HUMAS MABES POLRI BERSAMA AWAK MEDIA NASIONAL KUNJUNGI POLRES SINGKAWANG

DIVISI HUMAS MABES POLRI BERSAMA AWAK MEDIA NASIONAL KUNJUNGI POLRES SINGKAWANG

15/11/2019
Berita lainnya
Kata Kunci
Ayo ikuti survei SIPP Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan layanan situs SIPP. Ikuti Survei