Kementerian Keuangan Republik Indonesia - DIREKTORAT JENDERAL PERBENDAHARAAN

Indeks Kepuasan Masyarakat

12 Juli 2018


Sebagai tindak lanjut dari Surat Dirjen Perbendaharaan Nomor S-4160/PB.1/2018 tanggal 14 Mei 2018 hal Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat Lingkup  Kantor Vertikal Ditjen Perbendaharaan Tahun 2018 dan dengan memperhatikan Keputusan Menteri Keuangan No. 1329/KMK.01/2015 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat terhadap penyelenggaran pelayanan publik   serta dalam rangka untuk meningkatkan kepuasan pengguna layanan, KPPN Madiun telah  melakukan survei kepuasan masyarakat.  Kegiatan survei  ini  dilakukan mulai dalam rentang waktu tanggal 17 Mei  s.d  16  Juni 2018 dengan menggunakan form kuisioner untuk survey yang mengacu pada manual IKI KPPN.    Dengan mempertimbangkan efisiensi dan efektivitas serta akses yang luas, kegiatan survei dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner melalui email kepada seluruh satker mitra kerja KPPN Madiun.  Dari 122 satker di lingkup kerja KPPN Madiun, dalam rentang waktu pertengahan Mei s.d Juni 2018 tersebut,  sebanyak 75 satker telah mengirimkan kembali kuisioner yang telah diisi. Namun demikian dari 75 kuisioner yang ada, terdapat beberapa responden  yang tidak diisi  secara lengkap, sehingga hanya 56 kuisioner  yang dapat diproses dan diolah  lebih lanjut.

Dengan sebanyak 56 responden yang telah mengisi kuisioner secara benar dan lengkap tersebut, KPPN Madiun menolah data hasil survey dari responden. Penetapan 56 responden ini mengacu pada  memenuhi syarat minimal 30?ri total jumlah satker mitra kerja yang dilayani (122 satker).  Hal ini mengacu pada petunjuk Pengisian Capaian IKI  KPPN Tahun 2018 (manual IKU),
Berdasarkan hasil perhitungan dan pengolahan  atas surviy diperoleh data dan informasi  sebagai berikut :
 
No. Uraian IKM Target IKU 2018 Capaian IKM Periode Ini
IKM Tingkat Kepentingan Tingkat Kepuasan
1. IKM Rata-rata 4,52 96,52 4,82 4,83
2. Kinerja Layanan Pencairan Dana     4,85 4,81
3. Kinerja Layanan Bimbingan dan Konsultasi     4,88 4,83
4. Kinerja Layanan Konfirmasi surat Setoran     4,86 4,82
5. Kinerja Layanan Rekonsiliasi  Laporan Keuangan     4,66 4,85
6. Kinerja Layanan Sarana dan Prasarana     4,88 4,87

Berdasarkan hasil survei diatas, tingkat kepuasan pengguna layanan pada KPPN Madiun untuk periode Semester I Tahun 2018  diperoleh indeks  sebesar 4,83.  Jika dibandingkan dengan target kinerja tahun 2018 (4.52), maka capaian ini telah melebihi  target yang telah ditetapkan pada Tahun 2018  sebesar  0, 31.  Sehingga dapat dikatakan bahwa dalam periode Semester I Tahun 2018, KPPN Madiun  telah memberikan kepuasan kinerja layanan yang baik  kepada satker/mitra kerja.
Penghargaan dan apresiai serta ucapan terima kasih kami sampaikan kepada satker mitra kerja KPPN Madiun atas partisipasinya dalam pelaksanaan survei dan atas saran serta kritik yang telah disampaikan sebagai masukan bagi KPPN Madiun untuk perbaikan dan peningkatan layanan yang lebih baik di masa yang akan datang.
Komentar
Kontak dan Bantuan
Berita Terkini

Pelaksanaan Job Fair

Job Fair Kerjasama Antara Dinas Tenaga Kerja dan Universitas Wiraraja

14/12/2018

Data Pagi Ini: Satu Meninggal, Total 60 Pasien Ditangani RSUD Arifin Achmad

Tercatat sebanyak 60 pasien ditangani di Ruang IGD RSUD Arifin Achmad, Kamis (13/12/2018). Satu pasien meninggal sebelum dirawat (MSD).

14/12/2018

Mulai 2019, RSUD Arifin Achmad Terapkan Sistem "One Stop Service"

Mendapat pelayanan kesehatan maksimal merupakan dambaan setiap pasien di rumah sakit. Ditangani para ahli di bidangnya dan didukung oleh peralatan-peralatan yang canggih.

14/12/2018
Berita lainnya
Kata Kunci