Kementerian Keuangan - DIREKTORAT JENDERAL PERBENDAHARAAN

STAR SHORT COURSE PROGRAM, BIMTEK SINGKAT TENTANG KEUANGAN NEGARA

29 Agustus 2019


Dalam rangka meningkatkan kompetensi pengelolaan keuangan satker perlu menyelenggarakan bimbingan teknis dengan konsep yang berbeda. Konsep Short Course yang diberikan nama STAR Short Course dibangun dengan ide bahwa satker adalah heterogen, keperluan bimbingan pengelolaan keuangan berbeda untuk setiap satker. Maka konsep shortcourse dikembangkan berdasarkan keinginan/minat satker.

Diberikan nama STAR karena dibangun dengan ide Semangat KPPN Madiun memperbaiki konsep bimbingan, didukung oleh narasumber yang Terpercaya, harus didukung Aksi dari satker dan juga memerlukan Responsif yang tinggi dari satker.

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, STAR Short Course Program yang semula dilakukan secara manual yaitu mulai dengan mengggunakan form pendaftaran yang disediakan di KPPN Madiun dan  pendaftaran  STAR SCP dilakukan melalui link website KPPN Madiun.

Untuk meningkatkan pelayanan kepada stakeholder, program STAR terus dikembangkan dalam beberapa hal yaitu :

  • Akses layanan terbatas hanya melalui  sistem pendaftaran secara manual atau melalui website KPPN Madiun dikembangkan dengan menggunakan google form dengan link : bit.ly/daftarstarkppnmadiun. Dengan menggunakan  google form,  stakeholder dapat mendaftarkan diri dengan mudah secara online, memilih materi dan perkiraan waktu pelaksanaanya serta mendapatkan tautan untuk mengunduh materi pada link bit.ly/materistar
  • Memperluas stakeholder pengguna layanan STAR short course program, tidak hanya para pengelola keuangan pada satuan kerja di wilayah kerja KPPN Madiun, namun pengguna STAR dikembangkan menjadi   stakeholder atau mitra unit kerja vertikal Kementerian Keuangan lain di wilayah kerja KPPN Madiun seperti KPP, KPKNL dan KPP BC.

 

  • Dengan meluasnya stakeholder pengguna layanan STAR Short Course Program, maka diperlukan penajaman dan standarisasi materi yang akan diberikan. Untuk itu, kami berharap semua unit vertikal Kementerian Keuangan di wilayah kerja KPPN Madiun dapat bersama-sama membangun dan mengembangkan materi, tidak saja pengelolaan keuangan satuan kerja instansi Pemerintah dari sisi belanja Negara.

 

Layanan informasi merupakan bagian penting dari peningkatan layanan publik. Dalam survey kepuasan pengguna layanan pada KPPN Madiun, kemudahan memperoleh informasi merupakan salah satu layanan yang dikonfirmasikan kualitas pelayanannya kepada satuan kerja. Berdasarkan  survey kepuasan pengguna layanan KPPN Madiun pada tahun 2016, diperoleh capaian 4,37 dari skala 5. Capaian tersebut mengindikasikan masih terdapat peluang untuk meningkatkan kepuasan pengguna layanan.

 Berdasarkan analisis permasalahan dan hasil survei  bahwa   layanan informasi yang dilakukan pada KPPN Madiun selama ini belum dioptimalkan. Dimana pelayanan sosialisasi baik peraturan maupun bimtek aplikasi dilaksanakan KPPN apabila ada peraturan maupun aplikasi yang baru belum dapat memberikan manfaat yang optimal untuk pejabat dan pengelolaan keuangan satker. Sedangkan pada internal satker sendiri sering  terjadi pegawai pengelola keuangan yang pensiun, mutasi atau meninggal sehingga pegawai yang menggantikan belum cukup bekal terkait dengan pelaksanaan tugas pengelolaan keuangan.

Oleh karena itu  dilatarbelakangi dengan permasalahan terjadinya ketimpangan tingkat pengetahuan dan kompetensi pejabat/petugas satker dengan tugas pengelolaan keuangan yang diemban terus mengalami perkembangan,  KPPN Madiun mempunyai program untuk menyelenggarakan bimbingan teknis untuk satker dengan jadual dan materi yang sangat fleksibel sesuai kebutuhan satker.

Sebagai salah satu implementasi Branding Strategy KPPN Madiun,  tujuan inovasi ini adalah untuk meningkatkan pelayanan KPPN Madiun dan mengoptimalkan fungsi KPPN Madiun sebagai perangkat pengawal pelaksanaan APBN dari aspek pembinaan kepada masyarakat serta lebih memperkenalkan KPPN Madiun, meningkatkan citra dan kepercayaan seluruh stakeholder.

Kategori inovasi STAR Short Program merupakan jenis inovasi Non IT untuk Peningkatan Pelayanan Kepada Pemangku Kepentingan.

Pada awalnya, inovasi ini dilakukan untuk dapat meningkatkan kompetensi dan keterampilan pengelola keuangan satker yang dilakukan dengan secara manual mulai dari ipendaftaran sampai dengan pelaksaan program STAR Short Course. Dengan sistem yang masih manual, calon peserta hanya terbatas untuk para petugas/pejabat satker.  Seiring dengan tuntutan masyarakat /  pengguna layanan, inovasi ini dikembangkan dengan menggunakan google forms untuk memudahkan calon peserta bimtek dan memperluas materi bimtek.

Setelah dilakukanya program ini diharapkan mampu meningkatkan kompetensi dan penyelerasan pemahaman terhadap keuangan Negara baik dari sisi belanja maupun penerimaan Negara serta pengelolaan Aset/Barang Milik Negara (BMN)

Adapun beberapa keunggulan dari inovasi ini :

1.         Pendaftar mengisi link melalui bit.ly/daftarstarkppnmadiun

2.         Pendaftar memilih jadwal dan materi yang diinginkan

3.         KPPN akan menentukan jadwal dan materi apa yang akan dilaksanakan, pemilihan ini berdasarkan peminat terbanyak

4.         Terdapat  penajaman dan standarisasi materi  dan materi yang akan diberikan.

5.         Narasumber  yang berkualitas dan mampu memberikan layanan prima kepada para peserta

Program inovasi  yang sejenis dengan inovasi STAR SCP mungkin sudah diterapkan pada unit kerja lain namun STAR SCP mempunyai beberapa perbedaan dengan inovasi  serupa di unit kerja. Adapun keunikan dan yang membuat perbedaan STAR SCP adalah  bahwa inovasi ini merupakan bentuk  implementasi nilai sinergisitas dengan unit kerja lain, yaitu dengan adanya perjanjian kerja sama (MoU) dengan unit kerja KPP, Bea Cukai dan KPKNL untuk dapat menjadi narasumber pada program STAR.  MoU dilakukan karena dalam inovasi STAR sudah dikembangkan tidak saja dari system pendaftaran tapi juga dikembangkan dengan materi pengelolaan penerimaan Negara (pajak dan bea cukai) serta pengelolaan asset/BMN.

Komentar
Kontak dan Bantuan
Berita Terkini

SEKOLAH GRATIS YANG UNIK BERTARAF INTERNASIONAL

Mewujudkan hal yang baru memang sulit, tetapi kadang kala secara tidak sengaja bisa membawa dampak dan hasil yang sangat luar biasa bagi perkembangan siswa dalam pembentukan jiwa entrepreneur, itulah harapan.

21/11/2019

POLRES BENGKAYANG TERIMA PENGHARGAAN BIDANG PELAYANAN PUBLIK

Penerimaan Penghargaan dari Menpan RB kepada Polres Bengkayang sebagai Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori "BAIK" tahun 2019

21/11/2019

Polres Bengkayang tindak lanjuti saran tim evaluasi Zona Integritas dari Menpan RB

Polres Bengkayang tindak lanjuti saran tim evaluasi Zona Integritas dari Menpan RB

21/11/2019
Berita lainnya
Ayo ikuti survei SIPP Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan layanan situs SIPP. Ikuti Survei