Kementerian Keuangan - DIREKTORAT JENDERAL PERBENDAHARAAN

Bersama Kades Se-Belitung, Kepala KPPN Sampaikan Kinerja Penyaluran dan Penyerapan Dana Desa 2018

24 November 2018


Dalam kegiatan Pembinaan Pemerintah Desa tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk, KB dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPPKBPMD) Kabupaten Belitung pada hari Rabu 21 November 2018, Kepala KPPN Tanjung Pandan hadir sebagai narasumber yang di daulat untuk menyampaikan materi seputar dana desa.
Kegiataan yang diperuntukkan bagi Kepala Desa se-Belitung tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas seluruh kepala desa agar dapat melaksanakan tugas sebagai aparatur desa yang lebih professional dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Dana Desa bagi Kades adalah bukan hal yang baru, karena dana desa telah digulirkan sejak 4 tahun yang lalu. Namun, kenyataannya pengelolaan dana desa di Belitung belum  seirama, demikian kalimat awal yang disampaikan oleh Rd. Yen Yen Nuryeni untuk para Kades.
Lebih lanjut, Rd Yen Yen Nuryeni menyampaikan apresiasi untuk Pemda yang telah mencairkan dana desa tahap 3 tepat waktu, yaitu dana desa di salurkan ke Rekening Kas Desa paling lambat 7 hari kerja setelah dana desa di terima RKUD. Apresiasi ini diberikan bagi desa Air Seruk, Air Ketekok, Keciput, Perpat, Selat Nasik serta Sungai Samak.
Pada kesempatan tersebut, Kepala KPPN juga memberikan motivasi kepada 10 desa yang sampai dengan hari ini belum salur dana desa tahap 3. Beberapa kendala terkait mekanisme pencairan dana desa dari Pemda kepada Rekening Desa maupun kendala penyusunan laporan realisasi penyerapan dan capaian output dana desa oleh aparat desa perlu untuk dicarikan solusi penyelesaiannya.
Ibarat bermain musik, diperlukan “dirigen” untuk dapat menyamakan irama dari masing-masing desa agar menjadi simponi yang indah dalam pengelolaan dana desa yang transparan dan akuntabel menuju Belitung yang Sejahtera.
KPPN Tanjung Pandan siap menjadi “dirigen” untuk diskusi terkait pengelolaan dana desa agar menuju irama yang harmonis. Melalui inovasi Afternoon Tea  sharing session yang rileks dan santai dapat menjadi ajang diskusi untuk mengurai benang kusut yang selama ini tidak terurai, begitu pesan kepala KPPN Tanjung Pandan mengakhiri paparannya.
 
Komentar
Kontak dan Bantuan
Berita Terkini

TINGKAT KEPATUHAN PENYAMPAIAN LHKPN DI BADUNG CAPAI 98,3%

Wakil Bupati Badung dan Inspektur abupaten Badung Luh suryaniti, S.Sos, M.Si menghadiri rekonsiliasi Data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) instansi se-Provinsi Bali, NTB dan NTT

14/11/2019

BAGIKAN SEMANGAT PERUBAHAN DENGAN TERIMA STUDI BANDING ZONA INTEGRITAS

STUDI BANDING ZONA INTEGRITAS POLRES SEKADAU DI POLRES SINGKAWANG POLDA KALBAR

14/11/2019

Pekan Olahraga Nasional (Pornas) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) XV 2019 - BANGKA BELITUNG Islands

BANGKA BELITUNG Islands... Pekan Olahraga Nasional (Pornas) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) XV 2019 resmi dibuka di GOR Sahabuddin Bangka Belitung, Senin (11/11/2019). RSU Haji Surabaya ikut berpartisipasi dg mengirimkan 2 karyawan (Yanni Ari Ra

13/11/2019
Berita lainnya
Kata Kunci
Ayo ikuti survei SIPP Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan layanan situs SIPP. Ikuti Survei