Kementerian Keuangan - DIREKTORAT JENDERAL PERBENDAHARAAN

KEGIATAN CAPACITY BUILDING “KNOWING YOUR EMPLOYEE” KPPN TANJUNG PANDAN TAHUN 2019

02 Mei 2019


“Knowing Your Employee” menjadi  tema  utama  dalam  pelaksanaan  kegiatan  Capacity  Building KPPN Tanjung Pandan Tahun 2019 pada 30  s.d  31 Maret  2019 di Pasar Rimba,   Kacang   Butor, Badau , Kab. Belitung. Sesuai dengan tema, kegiatan kali ini bertujuan untuk mengenal lebih dekat masing-masing pegawai Beserta keluarganya. Selain itu, Capacity building yang dilaksankan di alam terbuka ini dimaksudkan Agar para pegawai yang terlibat bisa mengeksplorasi alam dan berinteraksi lebih akrab dengan seluruh pegawai yang ada di KPPN Tanjung Pandan beserta keluarganya,  serta bersosialisasi  terhadap lingkungan yang baru.

Rangkaian kegiatan capacity building dibuka oleh kepala KPPN Tanjung Pandan,  Rd.  Yen Yen Nuryeni di aula KPPN Tanjung Pandan.  Dalam kesempatan tersebut,  disampaikan  pula  materi mengenai kode etik aparatur sipil Negara (ASN) Menjelang Penilu serta Standar Pelayanan kantor vertikal oleh kepala seksi Verifikasi dan Kepathan Internal – Soenarto.  Setelah pembukaan, kegiatan dilanjutkan di pasar rimba, dimulai dengan pemaparan materi tentang GO GREEN-Peduli oleh ibu dewi dari dinas lingkungan hidup daerah Kab. Belitung untuk memberikan pengetahuan  dan  pemahaman kepada pegawai mengenai pentingnya gerakan go green . Kemudian dilanjutkan dengan bimbingan  mental/pengajian  oleh bapak ucu sibromilsi.  Berikutnya adalah lomba memasak bagi pegawai laki-laki yang dimaksudkan untuk meningkatkan teamwork dan berpikir out of the box keluar dari kebiasaan pekerjaan atau aktivitas rutinitas pegawai. Puncak acara pada hari tersebut adalah kegiatan yang bertajuk “Knowing Your Employee” yang bertujuan untuk mengenal  lebih dekat  masing-masing keluarga  pegawai. Acara tersebut berlangsung santai , hangat, haru, dan penuh keakraban. Kemudian  diakhiri dengan menyimak pemutaran masalah.

Keesokan  harinya, kegiatan dimulai dengan senam pagi bertajuk kita satu keluarga , dilanjutkan dengan tracking menyusur rimba.  Berlangsung sekitar 30 menit,  seluruh pegawai menyusuri  rimba melalui jalan setapak dipandu oleh bapak Chandra dari tim INLA.  Selama menyusur rimba, para pegawai diberikan penjelasan atau wawasan baru mengenai flora langka yang terdapat di hutan tersebut.  Selain itu , para Pegawai juga diberikan edukasi megenai pengelolaan sampah.  Tracking  diakhiri  dengan  kegiatan  memetik buah markisa. 

Usai kegiatan menyusur rimba, dilaksanakan lomba panahan.  Pada akhir sesi  acara, kegiatan  penutupan yang dipandu oleh Diah Lani Oktaviani selaku Duta Transformasi Kelembagaan KPPN Tanjung Pandan, ditutup dengan  pemberian  penghargaan kepada Rega Prasetya Amrullah sebagai Best Employee Tahun 2018, dilanjutkan pemberiaan souvenir dari Central Transformation Office (CTO).

Setelah acara ditutup oleh kepala KPPN Tanjung Pandan, seluruh pegawai diberikan koin yang hanya berlaku di Pasar Rimba.  Koin tersebut  diberikan karena di pasar rimba diberlakukan  transaksi pembayaran cashless. Harapannya,  setelah kegiatan capacity building ini, para pegawai  seperti di ‘charge’ full power  kembali  untuk memberikan kontribusi terbaiknya  bagi organisasi  & spirit untuk  meraih  WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani) di tahun ini.

Komentar
Ayo ikuti survei SIPP Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan layanan situs SIPP. Ikuti Survei