Kementerian Keuangan - DIREKTORAT JENDERAL PERBENDAHARAAN

Kemenkeu Berbakti Pada Negeri, KPPN Tanjung Pandan Gelar Kegiatan Peningkatan Kesehatan Deteksi Dini Kanker Serviks Pada Hari Oeang ke-72

18 November 2018


http://www.djpb.kemenkeu.go.id/kppn/tanjungpandan
Dalam rangka hari oeang ke-72, KPPN Tanjung Pandan bekerja sama dengan BPJS Kesehatan Kabupaten Belitung menyelenggarakan Kegiatan Peningkatan Kesehatan Deteksi Dini Kanker Serviks pada Hari Oeang ke-72 pada hari Rabu, 31 Oktober 2018 di aula KPPN Tanjung Pandan. KPPN Tanjung Pandan mengundang seluruh pejabat/pegawai perempuan satker mitra kerja KPPN Tanjung Pandan serta pejabat/pegawai di lingkup KPPN sendiri yang memenuhi syarat untuk melakukan pemeriksaan. .
Kegiatan dibuka oleh Kepala KPPN Tanjung Pandan, Rd. Yen Yen Nuryeni. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kesehatan, bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Selain itu kegiatan ini juga merupakan bagian dari komitmen KPPN untuk mengimplementasikan Pengarusutamaan Gender (PUG) di KPPN Tanjung Pandan, sesuai dengan Surat Edaran Ditjen Perbendaharaan Nomor: SE-116/PB/2017 tentang Implementasi Pengarusutamaan Gender di Ditjen Perbendaharaan, dimana bahwa pembangunan diarahkan untuk meningkatkan kualitas manusia baik perempuan maupun laki-laki.
Dilanjutkan dengan paparan singkat dari Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Belitung.  Disampaikan bahwa BPJS Kesehatan merupakan badan yang bersifat jaminan sosial, BPJS Kesehatan menjamin kebutuhan dasar peserta bukan biaya keinginan peserta. BPJS Kesehatan juga merupakan organisasi dengan prinsip gotong royong, yang tercermin dari kegiatan ini. KPPN Tanjung Pandan telah menggabungkan tiga pilar utama Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang telah memberi manfaat luar biasa bagi masyarakat luas, dimana tiga pilar ini tidak dapat berjalan sendiri Tiga pilar tersebut terdiri dari pihak BPJS sendiri sebagai penyelenggara, dokter sebagai fasilitas kesehatan dan peserta kegiatan sebagai objek.
BPJS menghadirkan Mobile JKN sebagai inovasi yang tersedia di android dan dapat di download di playstore.  Aplikasi tersebut menyediakan kartu digital BPJS yang dapat digunakan kapanpun dan dimanapun sehingga sangat memudahkan peserta BPJS. Mobile JKN juga memiliki fitur screening riwayat kesehatan dan memungkinkan peserta BPJS untuk mengubah atau meng-update data pribadi pada aplikasi Mobile JKN.
Dilanjutkan oleh Dokter Poppy sebagai dokter yang melakukan pemeriksaan menyampaikan fakta bahwa secara statistik, kanker serviks menjadi penyebab kematian terbesar kedua setelah kanker payudara sehingga sangat perlu dilakukan pemeriksaan deteksi dini terhadap kanker serviks. Sebelum dilaksanakan pemeriksaan, terdapat penyerahan piagam dari BPJS Kesehatan Kabupaten Belitung kepada KPPN Tanjung Pandan dan dari KPPN Tanjung Pandan kepada BPJS Kesehatan Kabupaten Belitung sebagai tanda kerjasama yang telah dilakukan antar kedua pihak.
Masuk pada inti kegiatan yakni pemeriksaan, diikuti oleh 31 peserta yang berasal dari pejabat/pegawai pada satuan kerja mitra satker KPPN Tanjung Pandan dan dari lingkup KPPN Tanjung Pandan sendiri. Pemeriksaan dilakukan secara sistematis. Dipandu oleh MC, peserta melakukan pendataan pada meja pendaftaran sesuai dengan nomor antrean yang telah diterima peserta pada meja registrasi diawal kegiatan. Setelah melakukan pendataan, peserta menunggu untuk mendapat tindakan pemeriksaan dari dokter pada ruang yang telah disediakan.
Selama menunggu antrean untuk pemeriksaan, peserta kegiatan mendapat kesempatan untuk melakukan konsultasi terkait penyakit atau keluhan sehari-hari dengan Dokter Indrawati. Sesi konsultasi dibuka dalam forum sehingga semua peserta dapat mendengar penjelasan dan arahan dari dokter terkait penyakit atau keluhan tertentu. Pada sesi konsultasi, peserta kegiatan mendapatkan penjelasan terkait penyakit maag, penyakit degeneratif seperti mudah lupa (pikun), pola hidup sehat serta penggunaan obat herbal.
Kegiatan Peningkatan Kesehatan Deteksi Dini Kanker Serviks pada Hari Oeang ke-72 pada hari Rabu, 31 Oktober 2018 berjalan dengan baik dan lancar. Kegiatan disambut baik oleh para undangan. Kegiatan ini dilaksanakan dengan harapan peserta dan semua pihak yang terlibat dapat lebih peduli terhadap kesehatan agar terwujud keluarga yang bahagia, sehat dan sejahtera yang kemudian dapat meningkatkan kinerja baik pegawai maupun kinerja satuan kerja. (OCM)
 
Komentar
Kontak dan Bantuan
Berita Terkini

Jadi Narasumber pada Rakernis Pengelolaan Aset Desa di Jakarta, Bupati Giri Prasta Paparkan Stategi Badung Mengembangkan BUMDes

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menjadi salah satu narasumber pada Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Pengelolaan Aset Desa yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa, Kemendagri, di Swiss-Belhotel, Jakarta Pusat, Kamis (19/9).

20/09/2019

Bupati Giri Prasta Serahkan Hibah Rp. 12,5 M tahap kedua, Total Rp. 30,5 M dari Badung untuk Kabupaten Gianyar

Pemerintah Kabupaten Badung kembali menyerahkan dana hibah untuk Pemkab Gianyar sebesar Rp 12,5 miliar, Rabu (18/9) kemarin di Jaba Pura Dalam Bangunliman, Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar.

19/09/2019

Dinsos Makassar melakukan Patroli Terpadu bersama Dishub & Satpol-PP Kota dan Provinsi

Kabid Rehsos didampingi Kasie Pembinaan Anjal & Gepeng menghadiri Rakor bersama di Kantor Gubernur SulSel

19/09/2019
Berita lainnya
Kata Kunci
Ayo ikuti survei SIPP Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan layanan situs SIPP. Ikuti Survei