Kementerian Keuangan - DIREKTORAT JENDERAL PERBENDAHARAAN

Kepala KPPN Ajak Aparat Desa Satu Irama, Untuk Dana Desa yang Lebih Berkualitas

17 Desember 2018


Kepala KPPN Tanjung Pandan kembali mengajak kepada seluruh aparat desa untuk “menyatukan irama” dalam pengelolaan Dana Desa. Kinerja penyalaluran Dana Desa dari Kas Negara kepada Kas Daerah sangat dipengaruhi oleh irama yang sama oleh sebagiaan besar desa dalam mengelola Dana Desa.
Pernyataaan tersebut disampaikan oleh Rd. Yen Yen Nuryeni pada 29 November 2018 bertempat di Hotel Puncak saat menjadi nara sumber dalam kegiatan Pembinaan Administrasi dan Keuangan bagi Kaur Keuangan dan Bendahara  Desa serta  unsur Kecatamatan dalam rangka Program Pembinaan dan Fasilitasi Pengelolaan Keuangan Desa tahun 2018.
Lebih lanjut Rd Yen Yen Nuryeni menyampaikan bahwa irama yang sama akan menjadikan dana desa segera dapat disalurkan ke Rekening Kas daerah, selanjutnya disalurkan kembali ke Rekening Kas Desa. Dana Desa yang masuk rekening kas desa, dapat segera digunakan untuk membiayai kegiatan-kegiatan yang sudah direncanakan. Hal tersebut akan akan berdampak pada progress pembangunan desa segera terealisasi dan  manfaat dana desa segera dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.
Dana Desa yang tidak segera termanfaatkan dan menjadi SiLPA yang mengendap di Rekening Kas Desa sangat disayangkan. Pemerintah pusat telah menyiapkan dana yang besar untuk membangun Indonesia dari pinggiran seolah mubazir tanpa hasil yang nyata. Bahkan  sisa dana desa yang tidak termanfaatkan akan mengurangi penyaluran  dana desa tahap II tahun selanjutnya.
Diakhir sessi, Kepala KPPN Tanjung Pandan menyampaikan kepada aparat desa bahwa alokasi Dana Desa tahun 2019 untuk Kabupaten Belitung meningkat sebesar 16.7 ?ri alokasi tahun lalu yaitu menjadi Rp 46.568.028.000,-. Perhatian Pemerintah Pusat yang begitu besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa,  harus disambut dan diimbangi oleh seluruh aparat desa dengan pengelolaan dana desa yang lebih berkualitas,  agar dana desa benar-benar bermanfaat untuk masyarakat.
Komentar
Kontak dan Bantuan
Berita Terkini

KRONOLOGI PENEMUAN BCB DI DESA NGADIREJO, KECAMATAN WONOASRI KABUPATEN MADIUN

Semoga dengan beberapa temuan benda sejarah di Kabupaten Madiun bisa menggambarkan sekaligus membuka wacana bahwa masih banyak wilayah pada jaman dahulu yang hilang bisa terungkap kembali, itulah harapan sugina.

12/11/2019

Pelayanan Kampung Tertib Administrasi RT. 18 dan RT. 37 Tanggal 6 dan 7 November 2019 di Kelurahan Loktabat Utara Kota Banjarbaru

Pelayanan Kampung Tertib Administrasi di RT. 18 dan RT. 37 Kelurahan Loktabat Utara Kecamatan Banjarbaru Utara Kota Banjarbaru

11/11/2019

Kegiatan Jemput Bola administrasi Kependudukan

Bertempat di bassemet kantor Kecamatan Gemolong tanggal 21-22 Oktober 2019 telah diadakan acara Jemput bola pelayanan Administrasi kependudukan yang diadakan oleh Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil Kabupaten sragen yang meliputi pelayanan pembuatan A

11/11/2019
Berita lainnya
Kata Kunci
Ayo ikuti survei SIPP Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan layanan situs SIPP. Ikuti Survei