Kementerian Keuangan - DIREKTORAT JENDERAL PERBENDAHARAAN

Kepala KPPN Sampaikan Buku Kisah Sukses Dana Desa

24 November 2018


Pemerintah telah menggulirkan Dana Desa sejak tahun 2015 sebagai salah satu upaya mewujudkan salah satu Nawa Cita “Membangun Indonesia dari Pinggiran dan Desa”.
Kisah-kisah desa yang sukses dalam mengelola dana desa yang terkumpul dari 168 KPPN di seluruh Indonesia menjadi persembahan sebuah karya Buku “Kisah Sukses Dana Desa” yang dapat menjadi bahan pembelajaran bersama dan knowledge sharing dalam mensukseskan pengelolaan Dana
Bersamaan dengan kegiatan Pembinaan Pemerintah Desa tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk, KB dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPPKBPMD) Kabupaten Belitung pada hari Rabu 21 November 2018, Kepala KPPN Tanjung Pandan Rd. Yen Yen Nuryeni menyampaikan buku dua buah buku “Kisah Sukses Dana Desa” kepada Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Belitung, Wigman Wudie Setiawan.
Rd. Yen Yen Nuryeni menyampaikan bahwa, dalam buku tesebut terdapat kisah sukses Desa Terong, Kecamatan Sijuk dalam mengelola Dana Desa. Keberhasilan Desa Terong dalam mengelola Dana Desa-pun mendapatkan apresiasi Direktur Jenderal Perbendaharaan yang menyempatkan kunjungan dan berpartisipasi dalam menghijaukan kembali lahan kritis dengan melakukan penanaman pohon dalam rangkaian kegiatan Rapat Koordinasi Regional Se-Sumatera Lingkup Ditjen Perbendaharaan pada September tahun lalu.
Dari 168 kisah sukses desa-desa yang berhasil tersebut, terdapat beberapa poin penting yang menentukan ke-sukses-an dalam mengelola Dana Desa, yaitu transparansi dan akuntabilitas, komitmen peran masyarakat, kepemimpinan serta keputusan fokus penggunaan dana.
Harapannya, kisah-kisah ini dapat dijadikan sebagai teladan dan memberikan suntikan semangat untuk desa lain bahwa mereka bisa dan akan behasil memanfaatkan Dana desa-nya. (IHD)
 
Komentar
Ayo ikuti survei SIPP Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan layanan situs SIPP. Ikuti Survei