Kementerian Keuangan Republik Indonesia - DIREKTORAT JENDERAL PERBENDAHARAAN

KPPN TANJUNG PANDAN: BENCHMARK KANTOR LAYANAN MODERN

10 Januari 2019


Kantor layanan modern yang diharapkan oleh para pemangku kepentingan adalah sarana prasarana yang memadai, proses bisnis yang mudah dan tanpa pungutan liar, serta sumber daya manusia yang mendukung. Lebih masif lagi, current issue tentang kantor layanan modern adalah meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)/ Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dari Kemenpan-RB yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden, Jusuf Kalla.
Sebagai unit kerja pelayanan berpredikat WBK, KPPN Tanjung Pandan telah menjadi benchmark kantor layanan modern di Pulau Belitung. Beberapa instansi yang telah datang ke KPPN Tanjung Pandan untuk benchmarking, di antaranya Kejari Belitung, Kanwil Kemenag Provinsi Bangka Belitung, dan BPS Provinsi Bangka Belitung. Di awal tahun 2019, tepatnya Senin, 7 Januari 2019, KPPN Tanjung Pandan kembali mendapat kunjungan kerja benchmarking. Kunjungan kerja kali ini adalah Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobi, beserta rombongan perwakilan pejabat Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung, yaitu Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Belitung dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Belitung. Kunjungan diawali dengan tour d’KPPN, diskusi di ruang Kepala KPPN Tanjung Pandan, dan ditutup dengan simulasi Fasilitas Parkir Mandiri di area parkir. Suasana antusias dalam menangkap ilmu baru tentang kantor layanan modern di KPPN Tanjung Pandan sangat terasa selama 1,5 jam.
Kepala KPPN Tanjung Pandan, Rd. Yen Yen Nuryeni, menjelaskan dengan lengkap tentang inovasi-inovasi dan standar layanan kantor modern milik KPPN Tanjung Pandan, mulai dari Taman Zona Integritas (ZI) sebagai soft education tentang ZI, SIMPOR sebagai e-banner dan sumber update informasi perbendaharaan, Satam Lounge sebagai ruang konsultasi satuan kerja mitra KPPN Tanjung Pandan, Maklumat Pelayanan, charging box, snack corner, toilet ruang layanan yang berkonsep bintang lima, hingga proses bisnis layanan yang mudah, cepat, dan bebas biaya pada KPPN Tanjung Pandan.

Wakil Bupati Belitung beserta jajaran menjadikan KPPN Tanjung Pandan sebagai kantor rujukan dalam membangun kantor layanan modern, baik dari sisi sarpras, SOP, SDM maupun inovasi dalam memberikan pelayanan kepada mitra kerjanya.
“Kantor yang sangat fungsional. Fasilitas memuaskan, layanan yang exellent, lengkap, luar biasa! Saya salut dengan manajemennya! Kami akan banyak belajar dari KPPN Tanjung Pandan dan beberapa hal akan kami coba terapkan di Pemda Belitung”, ungkap Isyak.

“Saya terharu dan bangga. Pemda Belitung ingin menerapkan organisasi modern dan pimpinannya turun langsung untuk mengawal perubahan tersebut. Di sisi lain, ini merupakan apresiasi dan penghargaan untuk kami jika apa yang kami lakukan akan memberikan banyak manfaat atau inspirasi, serta mempengaruhi pihak luar untuk bergerak ke arah titik yang sama, yaitu perbaikan. Semua ini untuk kemajuan Pulau Belitung.”, pungkas Yen Yen.
 
Komentar
Kontak dan Bantuan
Berita Terkini

Penilaian Pegawai On the Job Training

Setelah menjalankan kegiatan On The Job Training di Bea Cukai Bandung selama hampir 3 bulan, Bea Cukai Bandung mengadakan penilaian kepada pegawai On the Job Training (OJT).

15/03/2019

KPPN Jakarta V Sebagai Mentor Bagi KPPN lingkup Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi DKI Jakarta Dalam Rangka Unit Kerja Berpredikat WBK Tahun 2019

Pelaksanaan Mentoring Bagi KPPN lingkup Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi DKI Jakarta Dalam Rangka Unit Kerja Berpredikat WBK Tahun 2019

14/03/2019

Media Visit TVRI Stasiun Jawa Barat

Dalam rangka mempererat silaturahmi dan meningkatkan sinergi dengan media, Bea Cukai Bandung bersama Kantor Wilayah DJBC Jawa Barat mengadakan media visit ke TVRI Stasiun Jawa Barat.

13/03/2019
Berita lainnya
Kata Kunci