Kementerian Keuangan - DIREKTORAT JENDERAL PERBENDAHARAAN

KPPN TANJUNG PANDAN LULUS SERTIFIKASI LAYANAN STANDAR INTERNASIONAL

13 Agustus 2019


Selasa (13/08), Tim Auditor Surveillance Audit ISO 9001:2015 menguji layanan KPPN Tanjung Pandan untuk layak distandarkan secara internasional. ISO merupakan standar sistem manajemen mutu yang dikeluarkan oleh suatu organisasi internasional yang bernama International Organization for Standardization (ISO), yang beranggotakan hampir seluruh negara-negara di dunia. Penerapan Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2015 melalui proses penjaminan mutu pada KPPN dilaksanakan untuk menghasilkan layanan yang sesuai dengan harapan mitra kerja dan standar internasional, serta dituntut untuk terus menerus meningkatkan kualitas layanan sejalan dengan meningkatnya kebutuhan stakeholder.

KPPN Tanjung Pandan menjadi salah satu dari 10 KPPN yang menentukan keberhasilan layanan pada seluruh KPPN se-Indonesia untuk mempertahankan (surveillance) sertifikasi internasional ISO 9001:2015 di tahun 2019. Acara surveillance audit (pemeriksaaan) ISO 9001:2015 diawali dengan penyampaian tentang implementasi Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001 : 2015 pada KPPN Tanjung Pandan oleh Kepala KPPN Tanjung Pandan, Rd. Yen Yen Nuryeni. Namun, sebelum memasuki rangkaian acara tersebut, tim auditor diajak tour d’KPPN untuk memperkenalkan semua inovasi dan sarpras penunjang layanan internal maupun eksternal.

Surveillance audit ISO 9001:2015 ini merupakan quality assurance atas konsep organisasi modern yang telah kami bangun dan dilakukan improvement yang berkesinambungan”, ungkap Yen Yen kepada tim auditor yang didatangkan dari pihak ketiga, yaitu PT TUV Rheiland.

Setelah penyampaian oleh Kepala KPPN Tanjung Pandan, acara dilanjutkan dengan audit di setiap seksi dan subbag yang ada di KPPN Tanjung Pandan. Audit tersebut meliputi seluruh proses bisnis yang harus sesuai dengan standar operasional prosedur, baik dokumen persyaratan maupun waktu penyelesaian layanan. Tim auditor sangat jeli dalam memeriksa semua dokumen layanan dan mencocokkannya dengan segala ketentuan yang berlaku.

Begitu menyelesaikan seluruh rangkaian surveillance audit tersebut, tim auditor mengekspos hasilnya kepada seluruh pegawai KPPN Tanjung Pandan. Dan hasil dari ekspos hasil audit tersebut sangat bagus. Pada KPPN Tanjung Pandan tidak ditemukan temuan mayor maupun minor, bahkan berdasarkan observasi tim auditor, banyak ditemukan positive observation, di antaranya banyaknya inovasi untuk meningkatkan kualitas layanan, sebagai unit yang ditunjuk untuk meraih WBBM, role model kantor modern,toilet berkonsep bintang lima, penghargaan internasional dari Mediaspora Australia, dan penghargaan lainnya dari Pemda, BUMN, serta swasta di tahun 2019.

Hasil audit tersebut berhasil dengan status “close”, yang artinya tidak perlu ada tindak lanjut atas hasil pemeriksaan karena tidak ada temuan, sehingga KPPN Tanjung Pandan berhasil meraih dan mempertahankan predikat sertifikasi ISO 9001:2015 di tahun 2019 ini.

“Sungguh hasil yang menggembirakan. Memang usaha tidak mengkhianati hasil. Alhamdulillah tim KPPN Tanjung Panda berhasil meraih sertifikasi ISO 9001:2015 di tahun 2019 ini yang menjadi penentu KPPN se-Indonesia. Standardisasi jadi pendorong perbaikan, perbaikan mendorong kesempurnaan. Teruslah memperbaiki negeri ini walaupun dari hal yang paling kecil.”, pungkas Yen Yen saat menutup rangkaian kegiatan audit tersebut.

Komentar
Kontak dan Bantuan
Berita Terkini

Pendaftaran Online Untuk Pasien Rawat Jalan (Pasien yang sudah mendapatkan nomor MR)

Pendaftaran Online Rawat Jalan untuk pasien lama atau telah memeliki nomor MR

22/10/2019

AplikasiSKM

Sebuah Aplikasi SKM berbasis visual besic dengan jawaban berupa emoji.

22/10/2019

Pelayanan Kampung Tertib Administrasi (KTA) hari Sabtu Tangga 19 Oktober 2019

Pelayanan Kampung Tertib Administrasi di RT. 37 Kelurahan Loktabat Utara Kecamatan Banjarbaru Utara Kota Banjarbaru

21/10/2019
Berita lainnya
Kata Kunci
Ayo ikuti survei SIPP Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan layanan situs SIPP. Ikuti Survei