Kementerian Keuangan - DIREKTORAT JENDERAL PERBENDAHARAAN

KPPN TANJUNG PANDAN MENDUKUNG GERAKAN CASHLESS SOCIETY

04 Februari 2019


Dalam rangka mendukung Implementasi Kartu Kredit Pemerintah, KPPN Tanjung Pandan menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Kartu Kredit Pemerintah di Aula KPPN Tanjung Pandan pada hari Kamis, 31 Januari 2019 diikuti oleh perwakilan 31 satuan kerja lingkup pembayaran KPPN Tanjung Pandan, Pihak Perbankan (PT Bank BRI (Persero) Kantor Cabang Tanjung Pandan dan PT Bank Mandiri (Persero) Kantor Cabang Tanjung Pandan), Kepala BPKAD Kabupaten Belitung, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Belitung Timur, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pangkalpinang, Kepala PT Taspen (Persero) Kantor Cabang Pangkalpinang, Perwakilan Dunia Usaha “ Direktur CV Widodo Tanjung Pandan”, Perwakilan Maskapai PT Garuda Indonesia (Persero) Branch Manager Office Tanjung Pandan,Perwakilan Dunia Pendidikan “ Direktur Politeknik Darma Ganesha Belitung, Perwakilan Perhotelan “General Manager Hotel BW Suite Belitung, dan General Manager Pandan House Restaurant, Ronald.
            Kegiatan Sosialisasi diawali dengan sambutan oleh Kepala KPPN Tanjung Pandan, Rd Yen Yen Nuryeni. Dalam sambutannya Rd Yen Yen Nuryeni menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini merupakan rangkaian kegiatan Hari Bakti Perbendaharaan 2019, antara lain : Talkshow Anti Korupsi, bersama Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat, KPK, Giri Suprapdiono, dilanjutkan pemberian apresiasi untuk perwakilan kolega ditandai dengan penyerahan potongan tumpeng, kepada Satker Kementerian Agama Kabupaten Belitung Timur sebagai satker terbaik Tahun Anggaran 2018 dan Direktur KPK serta visualisasi media komunikasi Hari Bakti Perbendaharaan 2019 “Menteri Keuangan, Sri Mulyani”
            Acara dilanjutkan dengan paparan Sosialisasi Kartu Kredit Pemerintah oleh Rd Yen Yen Nuryeni bersama Kepala Pimpinan Cabang PT Bank BRI (Persero) Cabang Tanjung Pandan, Ondo H Hutagalung, dan Kepala Pimpinan Cabang PT Bank Mandiri (Persero) Cabang Tanjung Pandan, M. Reza Septian.
Dalam paparannya Rd Yen Yen Nuryeni menyampaikan saat ini Kartu Kredit Pemerintah yang akan diimplementasikan sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor : 196/PMK.05/2018 tentang Tata Cara Pembayaran dan Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah, dikonsentrasikan pada APBN. Disamping itu, kegunaan Kartu Kredit Pemerintah antara lain : Meminimalisasi penggunaan uang tunai dalam transaksi keuangan negara; Meningkatkan keamanan dalam bertransaksi; Mengurangi potensi fraud dari transaksi secara tunai; dan Mengurangi cost of fund/idle cash dari pengunaan UP. Tidak hanya itu, untuk memudahkan pemahaman dalam penerapan Kartu Kredit Pemerintah Rd Yen Yen Nuryeni menyampaikan mind map implementasi Kartu Kredit Pemerintah yang perlu disiapkan oleh satker Kementerian Negara/Lembaga, pihak perbankan dan KPPN, sebelum menuju tahapan pelaksanaan mulai tanggal 01 Juli 2019.
Paparan dilanjutkan oleh masing-masing pimpinan cabang perbankan, terkait persyaratan dokumen kelengkapan penerbitan Kartu Kredit Pemerintah (Corporate Card), Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah, Pembebasan biaya penggunaan Kartu Kredit Pemerintah, Tanggal Jatuh Tempo Kartu Kredit Pemerintah, Daftar Merchant penyedia barang/jasa yang menyediakan mesin EDC, serta penyelesaian tagihan Kartu Kredit Pemerintah. Kartu Kredit Pemerintah ini dapat digunakan untuk transaksi Belanja Operasional dan Belanja Modal serta Belanja Perjalanan Dinas Jabatan, ujar Ondo H Hutagalung. Selain itu, M. Reza Septian menyampaikan bahwa penerapan Kartu Kredit Pemerintah di setiap bank sama perlakuannya.
Menutup kegiatan sosialisasi Rd Yen Yen Nuryeni menyampaikan akan diinisiasi  gathering oleh KPPN dan perbankan untuk mengupas tuntas tahapan persiapan dan implementasi pembayaran dan penggunaan Kartu Kredit Pemerintah, transfer knowledge dimaksud berupa kegiatan Power Breakfast, Site Visit, Konsultasi di Ruang Satam Lounge. Kami siap memberikan dukungan kepada semua pihak. Semoga kegiatan Sosialisasi Kartu Kredit Pemerintah ini menjadi bekal untuk kita semua. (LM).
 
Komentar
Kontak dan Bantuan
Berita Terkini

Pemantauan Langsung Bantuan Sosial dari Dinas Sosial di Desa Banjarsari Kec.Gajah

Bantuan sosial dari Dinas Sosial Kabupaten Demak didistribusikan kepada penerima bantuan di Desa Banjarsari

28/05/2020

Era Baru Pelayanan Kesehatan di RSU Haji Surabaya dalam Rangka Mewujudkan Hospital Tourism di Jawa Timur

RSU Haji Surabaya berkeinginan mewujudkan Hospital Tourism yang bertumpu pada peningkatan standar mutu pelayanan yang diwujudkan dengan pencapaian akreditasi secara paripurna. Standar mutu pelayanan yang meliputi keselamatan pasien. Didukung dengan adan

28/05/2020

Wabup Suiasa ikuti webinar bertajuk "Menyongsong Normalitas Kehidupan Yang Baru Pasca Pandemi Covid-19" di Puspem Badung, Rabu ( 27/5 ).

Pemerintah Kabupaten Badung melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Menggelar webinar bertajuk "Menyongsong Normalitas Kehidupan Yang Baru Pasca Pandemi Covid-19" di Puspem Badung, Rabu ( 27/5 ).

28/05/2020
Berita lainnya
Kata Kunci
Ayo ikuti survei SIPP Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan layanan situs SIPP. Ikuti Survei