Kementerian Keuangan - DIREKTORAT JENDERAL PERBENDAHARAAN

LAGI, KEPALA UPT BAKUDA BABEL WILAYAH BELTIM AKUI KPPN TANJUNG PANDAN KIBLAT ORGANISASI MODERN

15 Juli 2019


Kepala UPT. Badan Keuangan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Wilayah Kabupaten Belitung Timur (UPT. Bakuda Prov. Babel di Beltim), Alexander Ikhsan, mendatangi KPPN Tanjung Pandan dalam rangka mencari lanjutan inspirasi untuk membangun organisasi dengan tata kelola modern. Kedatangan tersebut disambut terbuka oleh Kepala KPPN Tanjung Pandan,

Rd. Yen Yen Nuryeni. Organisasi dengan tata kelola modern harus baik dalam mengelola sarana prasarana dan SDM (sumber daya manusia), sehingga memberikan kualitas layanan yang sangat memuaskan kepada stakeholders. Dan KPPN Tanjung Pandan, yang telah berhasil meraih predikat WBK pada tahun 2018 dan sedang berproses untuk mendapatkan predikat WBBM di tahun 2019, memiliki sarana dan prasana yang memadai dengan SDM yang selalu berorientasi pada kepuasan pengguna layanan. Oleh karena itu, KPPN Tanjung Pandan dijadikan kiblat oleh Kepala UPT. Bakuda Prov. Babel di Beltim untuk mencari tambahan inspirasi-inspirasi lain yang bisa mengubah kantornya ke arah yang lebih baik.

“Saya sudah berkali-kali datang ke KPPN Tanjung Pandan untuk belajar dan menemukan inspirasi dalam perbaikan kualitas layanan. Banyak inspirasi yang saya dapat, khususnya tentang pelayanan dan layout kantor modern.”, ungkap Alexander.

Pada kunjungan tersebut, Yen Yen mengajak Alexander untuk melihat perubahan-perubahan positif yang terjadi pada KPPN Tanjung Pandan, jika dibandingkan dengan bulan Februari 2019 lalu saat kunjungan Alexander sebelumnya.

KPPN Tanjung Pandan memang senantiasa memperbaiki dan meningkatkan kualitas layanan kepada stakeholders. Hal ini dibuktikan dengan rehab aula kantor, “Lolipop” (Lounge and Literacy Populer), dan membuat “Wall of Pers” sebagai  masterpiece proses pembangunan Zona Integritas pada KPPN Tanjung Pandan.

Saat Alexander menanyakan apa kunci keberhasilan dalam menggerakkan organisasi hingga bisa sedinamis dan berorientasi pada perubahan yang positif seperti ini, Yen Yen menyampaikan bahwa perubahan mindset kepada setiap pihak pada organisasi adalah yang utama.

“Perubahan mindset tersebut adalah bahwa tidak ada yang nyaman dengan perubahan karena kita keluar dari zona nyaman masing-masing. Dan di saat akan membuat perubahan positif, jangan fokuskan bahwa ide tersebut hanya dari pimpinan, tetapi rangkul semua pihak di sekitar kita. Ajak mereka untuk berprinsip bahwa perubahan positif adalah suatu sistem milik bersama untuk disukseskan secara bersama.”, terang Yen Yen.

“Saya mengaku banyak belajar dari KPPN Tanjung Pandan dan telah kami terapkan di kantor kami, khususnya dalam hal pelayanan di samsat loket khusus yang kami bangun untuk memudahkan masyarakat dalam membayar pajak kendaraan. Tentunya karena saya terinspirasi dari layout layanan KPPN Tanjung Pandan yang sangat modern. Sepertinya saya akan datang ke KPPN Tanjung Pandan lagi untuk menemukan inspirasi-inspirasi lain untuk peningkatan kualitas layanan kami sambil membawa tim-tim kami.”, aku Alexander.

“Kami sangat terbuka kepada pihak luar untuk belajar kepada kami tentang organisasi modern, pembangunan Zona Integritas, dan isu tentang peningkatan kualitas layanan lainnya. Adalah suatu keharusan masyarakat mendapatkan excellent service dari kita sebagai ASN (Aparatur Sipil Negara karena ini semua demi kemajuan Pulau Belitung.”, pungkas Yen Yen.

Komentar
Kontak dan Bantuan
Berita Terkini

U Turn Depan Taman Van Der Vijl Banjarbaru Ditutup, Ini Alasannya

U Turn Depan Taman Van Der Vijl Banjarbaru Ditutup

16/10/2019

Badung Kawinkan Dua Inovasi Nasional Top 45 Tahun 2019 Wakili Indonesia dalam UNPSA Tahun 2020

Setelah melewati proses seleksi yang amat ketat, dari 3400 inovasi terbaik nasional tahun 2019 dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menetapkan dua inovasi terbaik Bad

16/10/2019
Berita lainnya
Kata Kunci
Ayo ikuti survei SIPP Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan layanan situs SIPP. Ikuti Survei