Kementerian Keuangan - DIREKTORAT JENDERAL PERBENDAHARAAN

MENGURUS PENSIUN SEMAKIN MUDAH KPPN punya Layanan Terpadu Antartiga Lembaga

27 Juni 2019


Dalam rangka mewujudkan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) serta mendukung program Pengarusutamaan Gender (PUG), KPPN Tanjung Pandan meningkatkan excellent service melalui penguatan kerja sama kelembagaan dengan PT Taspen (Persero) Cabang Pangkal Pinang dan BPJS Kesehatan Cabang Pangkalpinang untuk menyediakan layanan terpadu SAUKI (Sarana untuk Penguatan Kerja Sama Kelembagaan antar Instansi) dengan mengundang seluruh satker mitra kerja. Acara berlangsung di aula KPPN, Kamis (20/6) lalu.

Kegiatan Layanan terpadu SAUKI diawali dengan penyampaian laporan pelaksanaan Layanan Terpadu SAUKI oleh Kepala KPPN, Rd. Yen Yen Nuryeni.  Disampaikan layanan terpadu SAUKI telah dilaksanakan pertama kali pada bulan Maret 2019 sebagai wujud tindak lanjut atas penandatanganan PKS KPPN dengan BPJS dan PT Taspen pada bulan Januari 2019 dan telah diagendakan untuk dilaksanakan sebanyak 5 kali pada tahun 2019 serta disediakan drop box sebagai layanan berkesinambungan.

"Layanan terpadu antartiga lembaga ini telah diagendakan bersama dalam satu tahun ini. Berbagai layanan terkait delivery SKPP (Surat Keterangan Penghentian Pembayaran) bagi pegawai yang akan memasuki masa purnabakti, Mobile Taspen Service serta layanan kepersetaan BPJS juga dapat dinikmati oleh satuan kerja mitra KPPN dengan jadwal yang telah disepakati dan bebas biaya," ujar Yen Yen, Minggu (23/6)

Ia menambahkan, melalui SAUKI, pengurusan tunjangan hari tua dan pensiun sebagai layanan klaim PT Taspen Pangkalpinang, akan dirasakan manfaatnya tanpa harus berangkat ke Pangkalpinang. Hal ini tentu saja menjadi lebih efektif dan efisien dari segi biaya dan waktu pengurusan.

"Kalau harus ke Pangkalpinang berapa biaya yang harus dikeluarkan, bukan hanya orang yang bersangkutan saja tapi juga pendampingan. Nah lewat layanan ini, biaya itu kami pangkas, cukup datang ke KPPN sesuai jadwalnya," ucap Yen yen.

Selain itu, berbagai update informasi seputar layanan juga disampaikan secara langsung oleh tim kepada stakeholder KPPN sehingga akan mendapatkan layanan sesuai dan selalu terkini terhadap klaim kepada PT Taspen dan BPJS.

Menurut Yen Yen, layanan SAUKI terbagi menjadi dua macam. Yaitu pertemuan tatap muka dan dropbox yang tersedia di kantor KPPN. Pelayanan inovatif tersebut tidak hanya sekasar slogan tapi wujud nyata inovasi dalam rangka mewujudkan instansi yang meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Babel Supendi yang berkesempatan hadir dalam gelar layanan itu menyampaikan apresiasinya atas kolaborasi dan kerja sama stakeholder  sehingga KPPN Tanjung Pandan dapat menyelenggarakan kegiatan ini.

Agenda selanjutnya diisi dengan paparan singkat tentang Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) oleh Bapak Jepri Iranda sebagai perwakilan dari KPP BPJS Kab. Belitung. Disampaikan sistem jaminan sosial nasional pada BPJS, ketentuan kepesertaan jaminan kesehatan terkait hak dan kewajiban peserta, ketentuan iuran kepesertaan hingga manfaat jaminan kesehatan yang diperoleh peserta.

Layanan terpadu SAUKI merupakan layanan lompatan KPPN Tanjung Pandan dalam Pembangunan Zona Integritas menuju WBBM tahun 2019 demi peningkatan kualitas layanan kepada stakeholder. Melalui layanan ini diharapkan KPPN dapat terus menebarkan kilau dan memberi manfaat kepada stakeholder bahkan pulau Belitung. (OCM)

Komentar
Kontak dan Bantuan
Berita Terkini

Pendaftaran Online Untuk Pasien Rawat Jalan (Pasien yang sudah mendapatkan nomor MR)

Pendaftaran Online Rawat Jalan untuk pasien lama atau telah memeliki nomor MR

22/10/2019

AplikasiSKM

Sebuah Aplikasi SKM berbasis visual besic dengan jawaban berupa emoji.

22/10/2019

Pelayanan Kampung Tertib Administrasi (KTA) hari Sabtu Tangga 19 Oktober 2019

Pelayanan Kampung Tertib Administrasi di RT. 37 Kelurahan Loktabat Utara Kecamatan Banjarbaru Utara Kota Banjarbaru

21/10/2019
Berita lainnya
Kata Kunci
Ayo ikuti survei SIPP Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan layanan situs SIPP. Ikuti Survei