Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia - KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI JAWA BARAT

955 Warga Binaan Dapat Remisi Khusus Idul Fitri, Tujuh Diantaranya Langsung Bebas

13 Mei 2021


Cikarang – Sebanyak 955 Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cikarang (Lapas Cikarang) menerima Remisi Khusus Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijrah / 2021, Kamis (13/05/2021).

Sebagaimana situasi saat ini yaitu pandemi Covid-19 yang masih berstatus penyebarannya masih melonjak naik turun, sehingga beberapa kegiatan yang rutin dilaksanakan seperti kunjungan Hari Raya Idul Fitri untuk saat ini dialihkan dengan memfasilitasi keluarga melalui Video Call dengan kebijakan tambahan yaitu pentitipan makanan/barang bagi warga binaan.

Program Pemberian Remisi sangat berharga dan menjadi penting bagi WBP pada saat masa pandemi.

Dirangkaikan dengan sholat Idul Fitri dan pemberian hadiah bagi juara perlombaan keagamaan selama bulan Ramadhan, pemberian Remisi dilaksanakan di lapangan upacara Lapas Cikarang.

Kepala Lapas Kelas IIA Cikarang, Veri  mengatakan bahwa 955 Warga Binaan ini adalah yang sudah memenuhi syarat pengusulan Remisi Khusus Hari Raya Idul Fitri.

“955 Warga Binaan yang telah menerima Remisi Khusus Hari Raya Idul Fitri adalah mereka yang memenuhi syarat seperti beragama Islam, telah memenuhi persyaratan administratif dan substantif, diantaranya telah menjalani pidana minimal 6 (enam) bulan, tidak terdaftar pada register F (buku catatan pelanggaran disiplin narapidana), serta aktif mengikuti program pembinaan. Sementara itu bagi tindak pidana terkait PP No. 99 Tahun 2012 pasal 34A, tetap harus mejalani pidana minimal 6 (enam) bulan dengan melampirkan syarat-syarat sesuai ketentuan,” tutur Veri.

Veri pun menyampaikan dari jumlah 955 WBP yang menerima Remisi Khusus Hari Raya Idul Fitri terdiri dari kategori Remisi Khusus I (RK I) sebanyak 945 dan Remisi Khusus II sebanyak 10.

“Dari 995 yang telah menerima Remisi Khusus ada 940 orang masuk dalam kategori RK I dan 10 orang masuk ke dalam kategori RK II” katanya.

"Remisi khusus I adalah remisi khusus yang diberikan kepada narapidana dewasa dan anak akan tetapi saat masa pidananya dikurangkan, yang bersangkutan masih harus harus menjalani masa pidana dan belum bisa bebas pada tanggal pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri, sedangkan Remisi khusus II adalah remisi khusus yang diberikan kepada narapidana dewasa dan anak yang masa pidananya jika dikurangkan, yang bersangkutan bebas saat tanggal Hari Raya Idul Fitri tersebut.” jelasnya.

lanjutnya, dari 10 warga binaan yang masuk dalam kategori RK II, tujuh diantaranya langsung bebas dan tiga warga binaan harus menjalani subsider pengganti denda.

(foto/red : Humas Lapas Cikarang)

Komentar
Kontak dan Bantuan
Berita Terkini
Berita Instansi

LAPAS PASIR PUTIH PASTI HEBAT ( Humanis Energik Bijak Aman Tanggap )

Sebutan Humanis Lapas High Risk Pasir Putih Nusakambangan tidak hanya ucapan belaka, namun juga diterapkan dalam pelaksanaan tugasnya, salam, senyum, sapa selalu disampaikan kepada seluruh Warga Binaan,

19/06/2021

“ Cirebon Zona Merah Covid , Lapas rutin disemprot “

Tim sterilisasi Disinfektan sudah bergerak sedari pagi tadi menyemprot cairan disinfektan ke seluruh ruangan di Lapas Narkotika Kelas II A Cirebon. Kegiatan ini menjadi gerak nyata menindak lanjuti perintah Pelaksanaan Protokol Kesehatan Covid 19 Direktur

19/06/2021

Kunjungan Kerja Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah ke Lapas High Risk Pasir Putih Nusakambangan

Kunjungan Kerja Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah ke Lapas High Risk Pasir Putih Nusakambangan

19/06/2021
Berita lainnya
Kata Kunci
Ayo ikut survei Kepuasan Pelayanan Publik Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan Pelayanan Publik. Ikuti Survei