Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia - KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI JAWA BARAT

BNK BEKASI TES URINE 112 PETUGAS LAPAS CIKARANG, HASILNYA NEGATIF

18 November 2020


Cikarang -  Badan Narkotika Kabupaten Bekasi tes urine 112 petugas Lapas Cikarang, hasilnya semua negatif dari penggunaan Narkotika.

Dalam upaya Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Pengedaran Gelap Narkotika (P4GN), Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cikarang (Lapas Cikarang) bekerja sama dengan Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Bekasi dan Polres Metro Bekasi berikan penguatan kepada seluruh petugas Lapas Cikarang, Rabu (18/11) bertempat di aula Gedung satu lantai dua.

Selain sebagai kegiatan rutin dalam upaya P4GN ini, Kalapas Cikarang Nur Bambang Supri Handono juga berkoordinasi dengan BNK Bekasi serta Tim Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Bekasi guna melakukan tes urine kepada seluruh petugas Lapas Cikarang.

“Kami ucapkan terimakasih kepada BNK Bekasi, perwakilan Polres Metro Bekasi yang Alhamdulillah kita terus berkoordinasi dengan baik dalam upaya Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Pengedaran Gelap Narkotika (P4GN) di Lapas Cikarang,” ucap Bambang.

“Jumlah Narapidana di Lapas cikarang saat ini adalah 1898 warga binaan, dan yang terkait kasus narkotika adalah 61,27 % ini berarti lebih dari setengah isi Lapas cikarang adalah warga binaan kasus penyalahgunaan Narkotika, maka perlu diadakan penguatan seperti ini sebagai bentuk internalisasi baik kepada petugas mau pun warga binaan,” tuturnya.

“Ada dua upaya yang terus konsisten dilakukan yakni pemberian pembinaan kepribadian dan kemandirian. Sejak pandemi covid 19 kegiatan tersebut dilakukan secara daring untuk menghindari kontak langsung.” Katanya menutup sambutan.

Plt. Ketua BNK Bekasi, Juhandi mengatakan pemberantasan narkoba harus dilakukan bersama oleh seluruh stake holder.

“Upaya Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Pengedaran Gelap Narkotika (P4GN) tentu memerlukan Kerjasama yang baik antara semua stake holder. Narkotika sudah banyak merusak generasi,” ungkapnya.

Sebagai yang berbaur langsung dengan warga binaan, petugas Lapas diharapkan terus melakukan yang terbaik, menghindari pengunaan narkotika, jangan sampai terkontaminasi dan tidak bisa menjadi contoh.

“Petugas Lapas lakukanlah yang terbaik, hindari hal-hal tersebut, jangan sampai tidak bisa menjadi contoh, karena di Lapas lain sudah ada yang terjadi,” tuturnya.

“Saya juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh jajaran Lapas Cikarang yang telah proaktif dalam upaya pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan pengedaran ini,” sambungnya.

Usai pemberian penguatan P4GN, Lapas Cikarang, BNK Bekasi, dan Polres Metro Bekasi menandatangani kesepakatan Bersama dalam upaya penegakan Upaya Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Pengedaran Gelap Narkotika (P4GN) di Lapas Cikarang dilanjut dengan tes urine seluruh petugas Lapas Cikarang oleh BNK Bekasi. Dari 112 petugas yang melakukan tes urine semuanya dinyatakan negatif dari penggunaan narkotika.

“Alhamdulillah dari 112 petugas yang di tes urine, semuanya telah dinyatakan negative dari penggunaan narkotika. Hal itu berarti pegawai saya telah berhasil menjaga diri dan bekerja sesuai tupoksinya,” ujar Nur Bambang.

(vkry/yonski/yas)

Komentar
Kontak dan Bantuan
Berita Terkini
Berita Instansi

Konsultasi Bappeda terkait Penyusunan IKM 2020

Penyusunan IKM 2020

28/01/2021

Pengukuhan Kelompok Petani Porang "Maju Sejahtera"

Rabu, 27 Januari 2021. Camat Gerokgak Bapak Made Juartawan, S. STP, MM., menghadiri undangan pengukuhan Kelompok Petani Porang "Maju Sejahtera" di Desa Patas. Kegiatan turut dihadiri Perbekel Desa Patas, Penyuluh Pertanian Kecamatan Gerokgak, Bhabinkamtib

28/01/2021
Berita lainnya
Kata Kunci
Ayo ikut survei Kepuasan Pelayanan Publik Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan Pelayanan Publik. Ikuti Survei