Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia - KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI JAWA BARAT

Pemeliharaan Senjata Api Secara Rutin

11 Juni 2021


 staff keamana dan ketertiban lembaga pemasyarakatan narkotika kelas IIA Cirebon  melakukan pemeliharaan senjata api secara rutin. 

Senjata api (bahasa Inggris: firearm) adalah senjata yang melepaskan satu atau lebih proyektil yang didorong dengan kecepatan tinggi oleh gas yang dihasilkan oleh pembakaran suatu propelan. Proses pembakaran cepat ini secara teknis disebut deflagrasi. Senjata api dahulu umumnya menggunakan bubuk hitam sebagai propelan, sedangkan senjata api modern kini menggunakan bubuk nirasap, cordite, atau propelan lainnya. Kebanyakan senjata api modern menggunakan laras melingkar untuk memberikan efek putaran pada proyektil untuk menambah kestabilan lintasan. 

Merawat senjata tangan/pistol dengan benar merupakan keharusan bagi setiap pemilik senjata api, dan sangat diperlukan untuk keamanan dan efektifitas yang optimal! Melakukan perawatan adalah kesempatan terbaik pemilik untuk memeriksa pistol dan komponennya jika terdapat aus atau retak pada bagian dalam. Senjata api dengan perawatan yang tidak benar atau tidak terawat menjadi tidak dapat diandalkan. Kurangnya keandalan dapat menjadi konsekuensi yang merusak jika terjadi malfungsi/macet saat anda menggunakannya pada situasi apapun.

Akhirnya, jika dilakukan secara benar dan konsisten, proses membersihkan secara menyeluruh meningkatkan tehnik anda dalam menangani senjata secara aman yang akan melayani anda dengan baik di semua situasi.

Membongkar senjata api anda secara aman. Pada banyak desain yang modern, hal ini merupakan proses yang sederhana. Lepas martilnya/striker, tarik label lepasannya. Setelah ditarik ke arah belakang rangka/frame, seluncurannya akan bisa bergerak bebas terlepas dari bagian depan senjata.

  • Proses sebenarnya mungkin sangat bervariasi tergantung model senjata api yang anda bongkar lapangan.
  • Pengguna Glock & Steyr: Pastikan berulang-ulang bahwa senjata anda tidak berpeluru karena anda haru menarik pelatuknya untuk memulai proses pembongkaran lapangan.

Identifikasi bagian yang anda bersihkan. Terdapat empat bagian besar pada setiap senjata api semi-otomatis (walaupun mereka mungkin terpasang dalam berbagai cara).

  • Rangka/frame: Ini adalah batang (atau "pegangan") dari senjata api. Pelatuknya biasanya tertanam dalam rangka, dan ruang peluru/magazen terletak di dalam batangnya.
  • Luncuran/slide: Potongan logam pada bagian atas senjata api yang membuat ruangan peluru tersegel, mengkompensasi untuk rekoil (pada kebanyakan semi-auto), mewadahi lencana tembak (dan beberapa komponen lain). Jika anda mempunyai rangka polymer, bagian ini merupakan 70% (atau lebih) dari keseluruhan berat senjata.
  • Laras/barel: Pemasangan laras merupakan laras dan ruangannya. Berhati-hatilah dengan ujung moncong dari laras dan permulaan senapan (di dalam laras), Karena hal ini merupakan dua bagian terpenting yang mempengaruhi ketepatan/akurasi dan jika rusak bisa terpengaruh dengan mudah menjadi tidak akurat.
  • Batang penuntun dan pegas rekoil: Sering keduanya menjadi satu bagian. Batang penuntun menuntun luncuran ketika sedang rekoil dan pegas rekoil menarik luncuran kembali ke tempatnya setelah peluru ditembakkan.

Membersihkan senjata

Gosok semua komponen menggunakan kain lap, tidak harus menggunakan kanebo.

  • Hilangkan sebanyak mungkin kumpulan jelaga tebal yang terbentuk oleh gesekkan dari pemakaian dan bubuk mesiu. Bersihkan juga setiap minyak lama dan semua bubuk mesiu yang tidak terbakar.
  • Gosok bagian dalam ruangan ruang peluru/magazen, pelontar, rel penuntun, dan daerah di sekitar ruangan laras. Anda akan menemukan beberapa area membuat kain anda menjadi hitam (bersihkan lagi daerah ini).
  • Pada langkah ini, presisi tidak dibutuhkan, gosok dengan cepat.

Gunakan pelarut (diutamakan yang didesain aman agar digunakan terus-menerus bila bersentuhan dengan kulit anda, seperti M-Pro 7) pada semua komponen yang dimungkinkan.

  • Kebanyakan pabrik pembuat senjata mendesain komponennya (termasuk polymer) agar aman bila digunakan dengan semua jenis pelarut, tetapi pastikan tidak menggunakan jenis pelarut yang dilarang oleh pabrik.
  • Tidak harus menggunakan pelarut dalam jumlah banyak.

Biarkan pelarut menempel selama beberapa menit. Pastikan semua daerah yang terdapat kotoran, kumpulan jelaga, atau bubuk mesiu yang tidak terbakar terdapat pelarut diatasnya, basahkan dengan pelarut

Gosok keseluruhan senjata dengan sikat (tanpa bulu logam, gunakanlah sikat gigi). Hal ini cocok dengan dengan pelarut dan melunakkan kotoran pada senjata. Cobalah untuk mencapai semua sudut dan sela-sela.

Gosok senjata dengan bersih menggunakan kain bebas tiras (anda bisa membeli kain potongan, baju katun tua yang bersih, atau kaos kaki juga bisa digunakan). Capai ke semua bagian yang anda berikan pelarut dan gosok sampai bersih.

Gosok keseluruhan senjata (luar dan dalam) dengan kain bebas tiras yang telah dibasahi pelarut, dan carilah daerah yang merubah kain menjadi hitam, dan bersihkan mereka.

Gunakan pencongkel untuk untuk melepas setiap jelaga tebal atau kumpulan bubuk mesiu, atau kumpulan pada bagian sempit dari senjata.

Daerah yang paling umum dengan endapan jelaga adalah ruangan laras/chamber. Kumpulan terkumpul di sudut-sudut potongan logam.

Gunakan sikat bor untuk memecah kumpulan jelaga dari laras/barrel.

  • Bersihkan keseluruhan laras setidaknya lima kali (lebih banyak jika anda banyak menembak sejak terakhir dibersihkan).
  • Pastikan tidak membalik arah ketika menyikat di dalam laras. Sebaiknya, dorong terus hingga ke dalam, lalu ke belakang (membuat bulu berganti arah “keluar” dari laras).

Gosok laras dengan kain yang dibasahi dengan pelarut. Ulangi dengan kain bersih (tetap dibasahi dengan pelarut) sampai kain tidak hitam lagi. Lalu gosokkan dengan kain yang dibasahi minyak, lapisan minyak ini akan melindungi laras anda dari oksidasi (berkarat).

Beri minyak semua komponen yang perlu dilubrikasi. Umumnya pada buku petunjuk senjata akan terdapat daerah tertentu yang perlu diberikan minyak, tetapi sekilas melihat dimana bagian senjata yang aus akan memberikan petunjuk baik untuk anda dimana tempat untuk memberikan minyak.

Setelah membersihkan secara menyeluruh, langkah selanjutnya untuk merawat senjata api anda adalah dengan melubrikasikannya dengan benar. Lubrikasi adalah sama pentingnya, bahkan lebih daripada membersihkan. Dalam hal menjaga senjata api anda dari malfungsi/macet, lubrikasi yang tepat adalah penting dan memberikan minyak melindungi bagian logam dari korosi. Kebanyakan orang menggunakan Rem Oil, tetapi banyak pilihan yang lebih efektif di luar sana. Saat menentukan tipe lubrikasi mana yang digunakan maka perlu dipahami juga apa yang ingin anda capai. Tujuan utamanya adalah untuk mencegah keausan dan korosi. Dengan mengetahui kondisi apa yang mengakibatkan hal ini membantu kita dalam menentukan apa yang dipakai untuk menjaga senjata api kita berjalan denga lancar. Senjata api menghasilkan kekuatan sementara yang besar ketika ditembakkan. Kekuatan besar ini bisa sering menyebabkan sebuah lapisan minyak diantara dua bagian terperas keluar yang menghasilkan gesekkan yang menyebabkan keausan. Untuk mencegah hal ini terjadi, pabrik menambahkan benda padat mikroskopis pada minyak yang menyediakan “batasan perlindungan”. Pada dasarnya lebih sulit untuk memeras benda padat mikroskopis dibandingkan memeras cairan. Produk yang menyediakan batasan perlindungan ini dikenal sebagai aditif “anti-aus” atau “tekanan ekstrim” (AW/EP), jadi carilah mereka di minyak untuk senjata api seperti Lubrikit FMO 350-AW oil. Minyak ini sangat bagus dalam mencapai ke celah sempit tetapi cukup tebal untuk tetap menempel ditempat anda memberikannya dan menyediakan batasan perlidungan yang dibutuhkan.

  • Sebuah saran, saat memberikan minyak, berikan satu lapisan yang menutupi seluruh bagian yang cukup tebal yang meninggalkan sidik jari yang jelas setelah anda sentuh.
  • Beri minyak semua komponen yang membutuhkan lubrikasi. Umumnya pada buku petunjuk senjata akan terdapat daerah tertentu yang perlu diberikan minyak, tetapi sekilas melihat dimana bagian senjata yang aus akan memberikan petunjuk baik untuk anda dimana tempat untuk memberikan minyak.
  • Pastikan memberi minyak pada daerah di sekitar bagian yang berputar, seperti dasar dari martil/hammer atau pemasangan pelatuk.
  • Coba untuk menjauhkan minyak dari bukaan ke rumah lencana tembak (minyak merupakan pengumpul kotoran dan bubuk mesiu, dan kotoran di sekitar lencana tembak anda dapat mencegah untuk menembak).

Setelah meminyaki senjata anda, sedikit gemuk/pelumas sebaiknya diberikan pada bagian luncuran. Penggunaan gemuk telah sering didiskusikan secara online tetapi karena konsep baru jadinya banyak orang yang belum mencobanya. Ahli senjata yang terkenal menyarankan untuk memakainya, terutama pada rangka rel pistol otomatis.

  • Gemuk lebih baik dipakai pada bagian luncuran karena bagian jenis ini cenderung menyebarkan minyak secara cepat. Ketika bagian meluncur maju dan mundur, minyaknya terdorong keluar yang membuat logam terpapar. Gemuk telah didesain untuk tetap ditempat dan sangat baik Lubriplate SFL-0yang menjaga bagian luncuran tetap terlindungi. Kekuatan menempel dari gemuk membuat bagian tetap terlindungi bahkan setelah pemakaian terus-menerus.
  • Anda ingin memastikan gemuk anda mempunyai bahan dasar yang aman untuk logam yang anda pakaikan. Gemuk dengan bahan dasar seperti aluminium dan lithium adalah yang terbaik (senyawa terklorinasi tidak dianjurkan).
  • Pastikan gemuk cukup tipis sehingga tidak menghalangi gerakan dari senjata (NLGI #0biasanya yang paling bagus). Cari juga yang berkarakter tahan dingin, tahan asam/basa, air, dan dianjurkan yang tanpa noda (noda hitam gemuk tidak menarik untuk baju dan celana anda).
  • Jangan lupa untuk memberi gemuk pada rel penuntun dan alurnya dimana dia berjalan pada rangka dan luncurannya.
  • Gunakan minyak anti-aus dan anti-korosi yang bagus untuk aplikasi umum dan gemuk ringan berbahan dasar aluminium pada bagian luncuran senjata api anda dan akan menjaga senjata anda berjalan lancar untuk beberapa generasi.
Komentar
Kontak dan Bantuan
Berita Terkini
Berita Instansi

LAPAS PASIR PUTIH PASTI HEBAT ( Humanis Energik Bijak Aman Tanggap )

Sebutan Humanis Lapas High Risk Pasir Putih Nusakambangan tidak hanya ucapan belaka, namun juga diterapkan dalam pelaksanaan tugasnya, salam, senyum, sapa selalu disampaikan kepada seluruh Warga Binaan,

19/06/2021

“ Cirebon Zona Merah Covid , Lapas rutin disemprot “

Tim sterilisasi Disinfektan sudah bergerak sedari pagi tadi menyemprot cairan disinfektan ke seluruh ruangan di Lapas Narkotika Kelas II A Cirebon. Kegiatan ini menjadi gerak nyata menindak lanjuti perintah Pelaksanaan Protokol Kesehatan Covid 19 Direktur

19/06/2021

Kunjungan Kerja Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah ke Lapas High Risk Pasir Putih Nusakambangan

Kunjungan Kerja Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah ke Lapas High Risk Pasir Putih Nusakambangan

19/06/2021
Berita lainnya
Kata Kunci
Ayo ikut survei Kepuasan Pelayanan Publik Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan Pelayanan Publik. Ikuti Survei