Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia - KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI JAWA BARAT

Tingkatkan imunitas dengan olahraga

11 Juni 2021


Kegiatan olahraga secara rutin dilakukan oleh warga binaan pemasyarakatan narkotika kelas IIA Cirebon. Pelaksanaan kegiatan olahraga ini dilakukan setiap hari pada pukul 07.45 sampai dengan pukul 08.30 di lapangan terbuka lapas narkotika Cirebon, didampingi oleh instruktur yang dibentuk secara khusus dari staff pembinaan di bantu oleh pemuka dari warga binaan pemasyarakatan.

olahraga merupakan bagian dari proses pembinaan yang menitikberatkan pada peningkatan kualitas jasmani bagi setiap warga binaan. olahraga memiliki filosopi yang di cetuskan oleh Decimus Iunius Juvenalis.“Mens sana in corpore sano” adalah sebuah ungkapan yang lazim kita dengar. Ungkapan ini memiliki arti “di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat”Telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa olahraga memiliki berbagai manfaat, baik bagi tubuh maupun mental manusia

olahraga juga memiliki manfaat yang besar bagi tubuh khususnya dalam hal peningkatan kualitas fisik warga binaan, antara lain:

  1. Mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke

Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik seperti jalan kaki dan bentuk olahraga lainnya dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung koroner dan stroke iskemik (Noda et al., 2005).  Hal ini dikarenakan aktivitas fisik bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, meningkatkan sensitivitas insulin, menaikkan kadar kolesterol baik, dan meningkatkan kemampuan jantung dalam mengalirkan darah yang dapat meringankan risiko penyakit jantung dan stroke.

  1. Meningkatkan kinerja otak

Ketika kita berolahraga, jantung memompa lebih banyak darah yang mengandung oksigen, sehingga dapat mempercepat pemasukan darah ke otak. Selain itu, olahraga juga berguna untuk memperlancar brain-derived neurotrophic factor (BDNF) sebagai bahan aktif di otak untuk merangsang pertumbuhan sel otak. Maka hal ini akan dapat memperlambat kematian sel-sel otak, meningkatkan kemampuan kognitif dan meningkatkan kreativitas.

  1. Menunda keterbatasan fisik saat usia lanjut

Olahraga seperti berlari, berjalan cepat atau latihan aerobik lainnya, terbukti dapat menunda terjadinya keterbatasan fisik pada orang lanjut usia. Penelitian menunjukkan bahwa berjalan cepat selama 1-2 jam per minggu atau sekitar 15-20 menit per hari akan menurunkan risiko berbagai penyakit. Secara umum, orang dewasa berusia 19-64 tahun membutuhkan dua jenis olahraga, yaitu latihan aerobik dan latihan untuk kekuatan otot. Latihan aerobik yang dapat memperkuat otot-otot kaki, pinggul, perut, dada, bahu, dan lengan. Latihan kekuatan otot (workout) sangat bermanfaat untuk meningkatkan energi dan stamina, membantu tidur lebih nyenyak, memperbaiki suasana hati, dan meningkatkan metabolisme sehingga fisik tetap bugar.

Komentar
Kontak dan Bantuan
Berita Terkini
Berita Instansi

LAPAS PASIR PUTIH PASTI HEBAT ( Humanis Energik Bijak Aman Tanggap )

Sebutan Humanis Lapas High Risk Pasir Putih Nusakambangan tidak hanya ucapan belaka, namun juga diterapkan dalam pelaksanaan tugasnya, salam, senyum, sapa selalu disampaikan kepada seluruh Warga Binaan,

19/06/2021

“ Cirebon Zona Merah Covid , Lapas rutin disemprot “

Tim sterilisasi Disinfektan sudah bergerak sedari pagi tadi menyemprot cairan disinfektan ke seluruh ruangan di Lapas Narkotika Kelas II A Cirebon. Kegiatan ini menjadi gerak nyata menindak lanjuti perintah Pelaksanaan Protokol Kesehatan Covid 19 Direktur

19/06/2021

Kunjungan Kerja Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah ke Lapas High Risk Pasir Putih Nusakambangan

Kunjungan Kerja Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah ke Lapas High Risk Pasir Putih Nusakambangan

19/06/2021
Berita lainnya
Kata Kunci
Ayo ikut survei Kepuasan Pelayanan Publik Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan Pelayanan Publik. Ikuti Survei