Pemerintah Provinsi Riau

30-40 dari 100 Bayi dengan Ibu Pengidap HIV/AIDS Beresiko Terjangkit

22 Desember 2018


Spesialis Anak RSUD Arifin Achmad, dr. Roza Yefri, SpA., menyatakan, 30-40 persen dari 100 bayi yang dilahirkan dari ibu pengidap HIV/AIDS akan ikut terjangkit jika tidak ditangani dengan baik.

Penanganan yang baik ini dimulai dari masa kehamilan si ibu. Karena virus bisa menularkan HIV kepada bayi selama kehamilan, selama persalinan dan melahirkan, atau dengan cara menyusui.

Bayi tidak akan tertular jika prosedur persalinan dilakukan dengan baik, lebih disarankan melalui caesar. Karena resiko penularan virus HIV ke bayi lebih tinggi pada saat persalinan.

"Dari 100 bayi, 30-40 diantaranya terinfeksi HIV, jika tidak ditangani dengan baik. Mulai dari proses kehamilan, melahirkan hingga pasca melahirkan," kata dr. Riza Yefri.

Setelah kelahiran, bayi juga tidak boleh disusui oleh si ibu. Karena ASI juga menjadi salah satu sarana menukarkan virus HIV ke bayi. Maka bayi diberikan Profilaksis Anti Retro Viral (ARV) selama enam minggu.

"Obat tersebut mengurangi risiko infeksi dari HIV yang mungkin telah masuk ke dalam tubuh bayi selama proses kelahiran," katanya.

Setelah 18 bulan, baru dapat dilakukan pemeriksaan antibodi terhadap virus HIV. Jika pada usia 18 bulan diperiksa hasilnya negatif HIV, anak tersebut dinyatakan bebas dari infeksi HIV. *

Komentar
Kontak dan Bantuan
Berita Terkini

Tunda ke Poli Gigi

Tunda Kunjungan Anda ke Poliklinik Spesalis Gigi

23/05/2020

PERUBAHAN ATAS KEPUTUSAN TIM PEMBINA SAMSAT PROVINSI SUMATERA SELATAN TENTANG PELAYANAN KANTOR BERSAMA SAMSAT WILAYAH HUKUM PROVINSI SUMATERA SELATAN PADA HARI LIBUR NASIONAL DAN CUTI BERSAMA TAHUN 2020 MEMPERINGATI KENAIKAN ISA ALMASIH DAN HARI RAYA IDUL

Kantor Bersama Samsat Provinsi Sumatera Selatan tetap melakukan pelayanan Samsat pada hari Jum'at tanggal 22 Mei 2020. Bagi wajib pajak kendaraan bermotor tahunan yang akhir masa pajaknya bertepatan dengan tanggal 21-22 Mei 2020 namun tidak melakukan pend

22/05/2020

Karantina Pertanian Merauke Salurkan Paket Sembako Bagi Masyarakat Terdampak COVID-19 Tahap Dua

Sebagai bentuk kepedulian kepada sesama, Karantina Pertanian Merauke sesuai arahan Dewan Pengurus KORPRI Kementerian Pertanian, mendukung program gerakan solidaritas peduli COVID-19

22/05/2020
Berita lainnya
Kata Kunci
Ayo ikuti survei SIPP Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan layanan situs SIPP. Ikuti Survei