Pemerintah Provinsi Riau

Siapa Sangka, Masjid Indah RSUD Arifin Achmad Tak “Menetek” APBD

03 Januari 2019


Peningkatan pelayanan tak hanya dilakukan pada bidang kesehatan saja, RSUD Arifin Achmad juga memaksimalkan fasilitas pendukung untuk tempat beribadah.

Ya, Masjid Al Mustasyfa yang terletak di dalam area rumah sakit rujukan terbaik di Provinsi Riau ini kini menjadi daya tarik bagi pengunjung dan keluarga pasien.

Bagaimana tidak, saat ini tengah dilakukan perluasan masjid pada sisi kiri dan kanan. Dengan konsep islami nan modern, perlahan-lahan keindahan struktur masjid mulai terlihat.

Terlepas dari itu, ada hal yang paling menarik dari proses pembangunan masjid dari awal berstatus musholla hingga sampai seperti saat ini, yakni sumber dana atau biaya.

 

Perluasan Masjid Al Mustasyfa

Mungkin sebagian besar pengunjung atau keluarga pasien menilai wajar saja dilakukan perombakan dan perluasan masjid, karena menggunakan APBD atau uang negara.

Anggapan itu jelas keliru. Siapa sangka Masjid Al Mustasyfa belum tersentuh APBD. Masjid ini dibangun dari nol persen menggunakan sumber dana dari swadaya jamaah RSUD Arifin Achmad.

“Tak hanya dari jajaran direksi dan manajemen, para dokter, perawat, petugas hingga pasien, keluarga pasien dan pengunjung pun ikut andil dalam membesarkan masjid yang kita cintai ini,” jelas Ketua Masjid Al Mustasyfa RSUD Arifin Achmad, dr. Afdal, Sp U.

Pembangunan musala ini, diprakarsai almarhum dr Nusyirwan Besari, SpOG (adik ipar B.J. Habibie) pada tahun 1980-an. Kemudian dr. Zaini Z, SpA., dokter spesialis anak (pensiunan).

Keduanya memandang perlu adanya tempat ibadah mengingat mayoritas pasien dan pengunjung RSUD kala itu adalah muslim.

 
Komentar
Kontak dan Bantuan
Berita Terkini

Tunda ke Poli Gigi

Tunda Kunjungan Anda ke Poliklinik Spesalis Gigi

23/05/2020

PERUBAHAN ATAS KEPUTUSAN TIM PEMBINA SAMSAT PROVINSI SUMATERA SELATAN TENTANG PELAYANAN KANTOR BERSAMA SAMSAT WILAYAH HUKUM PROVINSI SUMATERA SELATAN PADA HARI LIBUR NASIONAL DAN CUTI BERSAMA TAHUN 2020 MEMPERINGATI KENAIKAN ISA ALMASIH DAN HARI RAYA IDUL

Kantor Bersama Samsat Provinsi Sumatera Selatan tetap melakukan pelayanan Samsat pada hari Jum'at tanggal 22 Mei 2020. Bagi wajib pajak kendaraan bermotor tahunan yang akhir masa pajaknya bertepatan dengan tanggal 21-22 Mei 2020 namun tidak melakukan pend

22/05/2020

Karantina Pertanian Merauke Salurkan Paket Sembako Bagi Masyarakat Terdampak COVID-19 Tahap Dua

Sebagai bentuk kepedulian kepada sesama, Karantina Pertanian Merauke sesuai arahan Dewan Pengurus KORPRI Kementerian Pertanian, mendukung program gerakan solidaritas peduli COVID-19

22/05/2020
Berita lainnya
Kata Kunci
Ayo ikuti survei SIPP Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan layanan situs SIPP. Ikuti Survei