Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia - KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI SUMATERA BARAT

Kemenkumham Corpu Mendukung Pencapaian Birokrasi Digital

17 Oktober 2020


Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) menciptakan budaya baru di masyarakat untuk saling menjaga jarak. Isolasi dan karantina mandiri untuk memutus penularan, berakibat pelatihan secara tatap muka tidak dapat dilakukan. Strategi pengembangan kompetensi untuk pencapaian 20 jam pelajaran pertahun bagi setiap pegawai harus tetap dilakukan, sehingga mengubah model pembelajaran di dalam kelas atau klasikal menjadi pembelajaran non-klasikal, seperti kelas virtual dan pelatihan jarak jauh.

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) telah mendeklarasikan Corporate University (CorpU) pada 18 November 2019, yang dilandasi perlunya merespon perubahan revolusi industri 4.0 berbasis digital. CorpU merupakan strategi untuk mengintegrasikan model-model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan kerja (link and match). Capaian kinerja individu tentu memengaruhi capaian kinerja organisasi, sehingga pengembangan kompetensi menjadi penting untuk tetap diberikan meskipun dalam situasi pandemi Covid-19.

Kemenkumham CorpU merupakan manajemen strategis pengembangan SDM yang fokus pada program strategis kementerian, dengan mengelola individu pegawai dalam ekosistem organisasi pembelajar, serta pengelolaan pengetahuan untuk pencapaian karakter unggul di bidang hukum dan HAM. Oleh karena itu, Kemenkumham CorpU memiliki sasaran untuk terbentuknya sebuah organisasi pembelajar di lingkungan Kemenkumham, yang memberi akses seluas-luasnya bagi setiap pegawai untuk belajar, dan sebanyak-banyaknya organisasi menyediakan sumber belajar itu sendiri. Disinilah pentingnya terbangun budaya belajar mandiri bagi insan Kemenkumham.

Sejumlah penyelenggaraan pelatihan sebagai bentuk pengembangan kompetensi diselenggarakan melalui Pelatihan Jarak Jauh sekaligus pemanfaatan Learning Management System (LMS). Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) untuk pejabat administrator, Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) untuk pejabat pengawas, serta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) II untuk para eselon II misalnya, diselenggarakan dengan menggabungkan antara elearning, teleconference, dan pembelajaran komunitas. Pelaksanaan semua pelatihan, baik di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Hukum dan HAM @bpsdm_kumham maupun di Balai Diklat, dilakukan dalam bentuk non-klasikal.

Dengan pemanfaatan teknologi sistem informasi, pelaksanaan model pengembangan kompetensi menitikberatkan pada kondisi ramah teknologi digital. Pada akhirnya, Kemenkumham Corporate University dapat mendukung pada pencapaian birokrasi digital serta peningkatan capaian kinerja organisasi. Setiap pegawai merdeka memilih model pembelajaran yang sesuai kebutuhan pengembangannya, untuk memenuhi hak pengembangan dalam setahun paling sedikit 20 jam pelajaran.

#KumhamPasti

#KumhamCorporateUniversity

#BPSDMkumham

#KumhamMerdekaBelajar

#BPSDMBirokrasiDigital

#Kumham23

Komentar
Kontak dan Bantuan
Berita Terkini
Berita Instansi

Kegiatan Rutinitas Apel Pagi setiap hari Senin

Dalam penyampaian kordinator pemimpin apel pagi yang di pimpim oleh asisten 1 Setda kabupaten banyuasin III menyampaikan bahwa kegiatan rutinitas ini harus di ikuti yang dapat penigkatan disiplin kerja pada Lingkungan Sekretariat Daerah, dan mengingatkan

25/01/2021

BBUSKP Menghadiri Undangan Rekonsiliasi E-Monev secara Virtual

Jakarta - (19/01) Laporan E-Monev merupakan salah satu bentuk pengendalian anggaran.

25/01/2021

Karantina Pertanian Uji Standar Terus Fasilitasi Peningkatan Ekspor Sarang Burung Walet

Di masa pandemi Covid-19, jumlah pengujian sarang burung walet di Karantina Pertanian Uji Standar (BBUSKP) justru meningkat secara signifikan.

25/01/2021
Berita lainnya
Ayo ikut survei Kepuasan Pelayanan Publik Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan Pelayanan Publik. Ikuti Survei