Badan Informasi Geospasial

BIG Hadir di Geotalk 2020

22 Januari 2020


Yogyakarta, Berita Geospasial – Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali menggelar olimpiade geografi bertaraf internasional bertajuk Olgenas International Geolympiad XV. Badan Informasi Geospasial (BIG) turut mendukung pelaksanaan olimpiade tahunan untuk pelajar SMP/SMA sederajat ini diselenggarakan pada 13-17 Januari 2020 ini.

Tak hanya olimpiade geografi bagi pelajar SMP/SMA, Olgenas International Geolympiad XV yang mengusung tema `Welcoming E-Sphere: A New Way of Thinking Spatiallyjuga mengadakan rangkaian kegiatan lain. Salah satunya adalah geoTalk, talkshow bagi masyarakat umum yang menghadirkan Deputi Bidang Informasi Geospasial Tematik BIG Antonius Bambang Wijanarto sebagai pembicara utama, Co Founder Binar Academy Seto Lareno, pendiri dan CEO Gifood Fathin Naufal, dan Regional Manager of Southeast Asia MapOps Grab Bayu Yanuargi.

Pada talkshow bertema `Technopreneurship in a New Perspective: The use of GIS`, Anton mengawali paparannya dengan menjelaskan bahwa dari tahun ke tahun teknologi Informasi Geospasial (IG) semakin meningkat akurasinya. Hal ini tentunya semakin memudahkan penentuan posisi suatu objek di muka bumi.

“Pergerakan setiap orang bisa diketahui dan dilacak melalui aplikasi mobile sebagai perwujudan IOT (Internet of Thing). Tidak heran, jika teknologi geospasial saat ini bisa diakses secara mobilereal time, terintegrasi, dan mendukung berbagai aspek kehidupan masyarakat,” terang Anton.

Namun, lanjut Anton, tingkat pendidikan masyarakat juga harus ditingkatkan untuk mengimbangi perkembangan teknologi informasi geospasial. Sebab, percuma memiliki teknologi canggih jika masyarakat tidak paham cara mengakses dan memanfaatkannya.

“Ada beberapa hal lain yang juga harus diperbaiki seiring perkembangan teknologi geospasial, yaitu infrastruktur (pembangunan jaringan internet), legal dan kebijakan (open data dan lisensi), keahlian dan keterampilan, riset, serta pengembangan yang mampu mengidenfikasi kebutuhan masyarakat,” tutup Anton. (TN/NIN)

Komentar
Kontak dan Bantuan
Berita Terkini
Berita Instansi

Kecamatan Sungai Kakap menjadi Kecamatan pertama di Kubu Raya yang akan melayani Pencetakan KTP

Kecamatan Sungai Kakap menjadi Kecamatan pertama di Kubu Raya yang akan melayani Pencetakan KTP (15/10)

21/10/2020

SOSIALISASI LLAT, MENGHADAPI AKHIR TAHUN ANGGARAN 2020

Selasa tanggal 13 Oktober 2020, KPPN Madiun menyelenggarakan Kegiatan Sosialisasi Langkah-Langkah Akhir Tahun (LLAT) 2020 yang dilaksanakan melalui daring karena masih dalam kondisi pandemic covid-19.

21/10/2020

Focus Group Discussion (FGD) Kuartal III 2020 : Defisit Anggaran Pemerintah apa yang bisa kita lakukan ?

Madiun Selasa (22/9) KPPN Madiun melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) Triwulan III tahun 2020. FGD diikuti oleh seluruh pegawai KPPN Madiun melalui aplikasi Zoom.

21/10/2020
Berita lainnya
Kata Kunci
Ayo ikut survei Kepuasan Pelayanan Publik Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan Pelayanan Publik. Ikuti Survei