Badan Informasi Geospasial

BIG serahkan hasil Pembuatan Unsur Peta Dasar RBI Skala 1 :.5000 Kota Palembang

26 November 2019


Sebagai Lembaga penyelenggara dan pembina informasi geospasial, Badan Informasi Geospasial (BIG)terus mendukung pemerintah daerah dalam penyelenggaraan IG,sejalan dengan hal tersebut Dalam rangka mendukung penyelenggaraan informasi geospasialpada pemerintah Daerah khususnya Kota Palembang, pada Jum’at 22 November 2019 menyerahkan hasil pekerjaan pembuata unsur Peta Dasar Rupabumi (RBI) skala 1 : 5.000 wilayah Kota Palembang. Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Kepala Pusat Penelitian Promosi dan Kerja Sama, Wiwin Ambarwulan kepada Sekretaris Daerah Kota Palembang, Ratu Dewa.

Sebanyak 95 NLP (Nomor Lembar Peta)Unsur Peta Dasar RBI skala 1 : 5.000 yang diserahkan tersebut adalah peta dua dimensi dari Citra Satelit Resolusi Tinggi (CSRT) tahun 2015 dan ditambah hasil survei Kelengkapan Lapangan.Tahapan kegiatan pembuataUnsurPeta Dasar RBI Skala 1 : 5.000 meliputi : Persiapan, Digitasi, Survei Kelengkapan Lapangan (SKL), Penyelarasan Data dan Metadata,Quality Control Pusat Pemetaan Rupabumi dan Toponim serta Pelaporan akhir. Pada pelaksanaanKegiatan ini Tim BIGdibagi dalam 5 Tim untuk seluruh wilayah Kota Palembang. Kedepan unsur ketinggian (kontur) bisa masuk, hal ini akan melengkapi data yang sudah ada. Unsur Ketinggian ini dapat mengetahui kondisi fisik alam seperti Rawa, sungai, anak-anak sungai dan lain sebagainya, sehingga dapat membantu menganalisa penyelesaian masalah banjir, genangan dan lain sebagainya. Selain itu dengan adanya peta 3 dimensi (Ketinggia/kontur) akan dapat diketahui bentuk fisik bangunan yang dapat dimanfaatkan untuk perhitungan pajak bumi dan bangunan daerah yang dapat meningkatkan nilai PAD Kota Palembang. Selanjutnya pemerintah Kota Palembang berencana juga akan memetakan pada skala 1 : 1.000. demikian dikatakan Kepala Bapppeda Litbang Kota Palembang, Harrey Hadi.

Pada kegiatan ini hadir pula Kepala Bappeda Litbang Kota Palembang, Kepala Dinas PUPR, Kepala Balai Layanan Jasa dan Produkserta undangan lainnya. Pada sambutan kegiata tersebut, Kepala Pusat Penelitian, Promosi dan Kerja Sama, Wiwin Ambarwulan mengatakan terimakasih pada Pemerintah Kota Palembang yang telah menyelenggarakan pemetaan RBI,kedepan untuk pengelolaan data dan informasi geospasial tersebut agar didukung pula oleh ketersedian sumberdaya manusia IG. Untuk itu agar kedepan dilakukanKerja Sama BIG-Pemerintah Kota Palembang terkait dengan peningkatan kapasitas SDM IG. Pada kegiatan tersebut Ka.sie Layanan Jasa Agung Christianto melaporkan hasil proses kegiatan tersebut.

Komentar
Kontak dan Bantuan
Berita Terkini
Berita Instansi

Kecamatan Sungai Kakap menjadi Kecamatan pertama di Kubu Raya yang akan melayani Pencetakan KTP

Kecamatan Sungai Kakap menjadi Kecamatan pertama di Kubu Raya yang akan melayani Pencetakan KTP (15/10)

21/10/2020

SOSIALISASI LLAT, MENGHADAPI AKHIR TAHUN ANGGARAN 2020

Selasa tanggal 13 Oktober 2020, KPPN Madiun menyelenggarakan Kegiatan Sosialisasi Langkah-Langkah Akhir Tahun (LLAT) 2020 yang dilaksanakan melalui daring karena masih dalam kondisi pandemic covid-19.

21/10/2020

Focus Group Discussion (FGD) Kuartal III 2020 : Defisit Anggaran Pemerintah apa yang bisa kita lakukan ?

Madiun Selasa (22/9) KPPN Madiun melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) Triwulan III tahun 2020. FGD diikuti oleh seluruh pegawai KPPN Madiun melalui aplikasi Zoom.

21/10/2020
Berita lainnya
Kata Kunci
Ayo ikut survei Kepuasan Pelayanan Publik Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan Pelayanan Publik. Ikuti Survei