Badan Informasi Geospasial

Kelompok Studi Register FPIK Undip Mendalami Pengetahuan Geospasial di BIG

08 November 2019


Cibinong, Berita Geospasial – Di era industri 4.0 ini tidak hanya kecerdasan secara hard skill, namun kecerdasan secara soft skill pun perlu diasah, terlebih oleh para mahasiswa yang notabenenya merupakan generasi masa depan bangsa.

Hal inilah yang menelatar belakangi 44 orang mahasiswa mahasiswi yang tergabung dalam perkumpulan mahasiswa Remote Sensing and Geographic Information System Technology Research (REGISTER) Fakultas Ilmu Perikanan dan Kelautan (FPIK) Universitas Dipenogoro Semarang, untuk melakukan kunjungan belajar ke kantor Badan Informasi Geospasial Rabu (23/10).

Kepala Pusat Penelitian Promosi dan Kerja Sama BIG Dr Ir Wiwin Ambarwulan M.Sc yang langsung menerima kunjungan tersebut menyampaikan bahwa saat ini salah satu kompetensi utama yang dibutuhkan di dunia professional, khususnya bidang geospasial adalah pengaplikasian ilmu secara terukur dan terarah, saat ini para mahasiswa tidak hanya harus dibekali dengan nilai IPK yang tinggi namun juga kemampuan menghadapi persoalan – persoalan yang kelak akan dihadapi di dunia kerja.

“Saat ini dunia surveyor itu sangat kekurangan SDM, oleh karena itu peluang adik adik mahasiswa ini sangat luas cakupannya, tidak hanya menjadi pegawai tapi bisa juga menjadi seorang pengusaha, untuk itu selain IPK tinggi kemampuan soft skill juga harus ditingkatkan” ungkap Wiwin dalam sambutannya di Gedung C Pusat Penelitian Promosi dan Kerja Sama BIG.

Senada dengan wiwin perwakilan kelompok studi Register Undip FPIK mengatakan bahwa salah satu tujuan mereka datang ke BIG adalah untuk memperdalam ilmu khususnya mengenai ilmu geospasial.

“Kita datang kemari ingin mendalami ilmu geospasial ini merupakan sesuatu yang penting diketahui oleh kami terlebih para mahasiswa dari kelautan dan yang lainnya” ungkapnya.

Dalam Kunjungan yang berlangsung sejak pukul 1 siang tersebut, para mahasiswa mendapatkan beragam materi dari para ahli yang berada di lingkungan Badan Informasi Geospasial (BIG).

Sebut saja materi mengenai Kelautan dan Lingkungan Pantai yang disampaikan oleh Lufti Rangga Saputra S.T, Pemetaan Kebencanaan oleh Reni Mujiandari S.T, M.T dan Sistem Informasi Geografis oleh Kepala Bidang Pemelitian BIG Nursugi ST, Tak lupa pengenalan profil mengenai Badan Informasi Geospasial oleh Nuruli Khotimah selaku Pranata Humas BIG.

Kegiatan penerimaan kunjungan dari perguruan tinggi, sekolah menengah, sekolah dasar hingga instansi Pendidikan luar negeri merupakan salah satu upaya untuk memperkenalkan dan mensosialisasikan Badan Informasi Geospasial (BIG) kepada masayarakat.

Selain sebagai ajang promosi dan sosialisasi kegiatan kunjungan ini diharapkan mampu memberikan manfaat lebih bagi masyarakat umum mengenai fungsi dan peranan Informasi Geospasial, bagi kehidupan sehari hari di masyarakat. (/AR)

Komentar
Kontak dan Bantuan
Berita Terkini

BIG Tindak Lanjuti Kerja Sama dengan Pemkab Bandung

BIG dan Pemkab Bandung melakukan kerja sama terkait pembangunan yang berdasarkan informasi geospasial

18/11/2019

Satu-satunya Kabupaten di Bali Badung Terima Anugrah Kihajar 2019 dari Kemendikbud

Menjelang peringatan HUT Dasawarsa Ibukota Kabupaten Badung Mangupura pada 16 November, Badung mendapatkan kado istimewa dengan meraih penghargaan Kihajar 2019 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia. Anugerah Kihajar 2

18/11/2019

STOP PUNGLI

Unit Pemberantasan Pungutan Liar

18/11/2019
Berita lainnya
Kata Kunci
Ayo ikuti survei SIPP Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan layanan situs SIPP. Ikuti Survei