Badan Informasi Geospasial

Pentingnya Penelaahan Toponim untuk Pembakuan Nama Rupabumi di Jawa Barat

08 November 2019


Bertempat di Hotel Aryaduta, Pusat Pemetaan Rupabumi dan Tata Ruang (PPRT) Badan Informasi Geospasial (BIG) mengadakan acara “Penelaahan Toponim Pusat Wilayah Provinsi Jawa Barat” yang diadakan di Kota Bandung pada 28 Oktober - 2 November 2019. Acara ini dihadiri oleh 56 orang peserta yang merupakan verifikator kabupaten/kota dari kabupaten/kota di Jawa Barat.

Mengawali acara, Harry Ferdiansyah sebagai Kepala Bidang Toponim BIG dalam sambutannya menjelaskan bahwa acara ini diadakan untuk menghasilkan daftar toponim yang terverifikasi hingga siap untuk dibakukan sesuai dengan Peraturan Kepala BIG Nomor 6 Tahun 2017 Tentang Penyelenggaraan Pembakuan Nama Rupabumi.

Peserta yang hadir dibimbing dibimbin mengoperasikan Aplikasi SAKTI (Sistem Akuisisi data Toponim Indonesia) yang merupakan aplikasi berbasis mobile dan webGIS yang dikembangkan oleh Badan Informasi Geospasial. SAKTI sendiri bertujuan untuk memfasilitasi pengumpulan data, penelaahan, hingga pembakuan nama rupabumi di Indonesia. Data yang diunggah melalui SAKTI akan menjadi miliki BIG selaku lembaga yang memiliki kewenangan dalam pembakuan nama rupabumi.

Hadir memberikan presentasi terkait toponim adalah Heru Santoso dari Kemendagri dengan judul “Kelembagaan, Kebijakan dan Urgensi penganggaran Kegiatan Toponim, Harry Ferdiansyah dari BIG membawakan presentasi tentang “Penelaahan Nama Rupabumi”, Prof. Cece Sobarna sebagai dose Universitas Padjadjaran yang menjelaskan “Pentingnya Sejarah dalam Kajian Toponimi” dan Prof. Multamia Retno Mayekti Tawangsih Lauder dari Universitas Indonesia yang menjelaskan tentang “Pengelolaan Toponimi”. (ATM)

Komentar
Kontak dan Bantuan
Berita Terkini

BKAD Kab. Malang Melaksanakan Focus Group Discussion Percepatan Penyaluran DAK Fisik Tahap I Tahun Anggaran 2020

Pada hari Jum'at tanggal 28 Februari 2020 Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Malang melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) tentang Persiapan Percepatan Penyaluran DAK....

28/02/2020

Kepala Kantor Wilayah DJBC Jawa Barat Melantik Pejabat Eselon V

(Bandung, 20 Februari 2020) Sejumlah 15 pejabat eselon V yang baru dimutasi dan dipromosikan ke Bea Cukai Bandung, mengikuti...

27/02/2020

5 jenis olahraga yang bisa Sobat Bea Cukai Bandung lakukan di pagi hari. Let’s check this out!

(Bandung, 21 Februari 2020) Setuju nggak kalau hobi olahraga setiap orang itu beda-beda? Setuju dong pasti...

27/02/2020
Berita lainnya
Kata Kunci
Ayo ikuti survei SIPP Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan layanan situs SIPP. Ikuti Survei