Kementerian Keuangan - Kanwil DJKN Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta

KPKNL Pekalongan Menuju Kantor Pelayanan Terbaik 2020

25 September 2020


 

KPKNL Pekalongan mengikuti rangkaian penilaian akhir Kantor Pelayanan Terbaik (KPT) Tahun 2020 di lingkungan Kementerian Keuangan pada Kamis, 24 September 2020 secara virtual melalui video conference . Berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 49/KMK.01/2019 tentang Pedoman Penilaian Kantor Pelayanan Terbaik dan Kantor Wilayah Terbaik di Lingkungan Kementerian Keuangan, penilaian KPT dilaksaanakan setiap tahun sebagai sarana untuk melakukan penilaian kinerja, inovasi dan prestasi dalama rangka percepatan reformasi menuju Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (ZI WBK dan WBBM) dengan mengedepankan fungsi pelayanan sebagai ujung tombak Kementerian Keuangan kepada masyarakat.

KPKNL Pekalongan mengikuti kegiatan penilaian KPT tahun 2020 bersama-sama dengan KPKNL Pangkalan Bun dan KPKNL  Bontang, sebagaimana tertulis dalam Nota Dinas Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Nomor-3045/KN.1/2020 tanggal 19 September 2020. Agenda penilaian tahap terakhir ini meliputi presentasi  kepala  kantor dan wawancara dengan Tim Penilai Kepala Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan, Sekretaris Direktorat Jenderal Perbendaharaan dan Sekretaris Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan.

Di hadapan Tim Penilai, Kepala KPKNL Pekalongan, Jati Wiryawan menguraikan mengenai profil umum KPKNL Pekalongan yang terdiri dari wilayah kerja dan struktur organisasi pada awal paparan. Selanjutnya Jati Wiryawan memaparkan beberapa keunggulan KPKNL Pekalongan yaitu unit kerja berpredikat WBK tahun 2018, pengakuan standard sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 dari Thuv Reinland sejak tahun 2018, unit kerja yang telah menerapkan Pengarusutamaan Gender (PUG) dalam setiap program dan kegiatan, menjadi trigger dan role model bagi unit kerja lainnya,  baik di lingkungan Kementerian Keuangan maupun yang berasal dari luar Kementerian Keuangan, yang sedang/telah mengikuti penilaian ZI WBBM pada tahun 2020 atau tahun sebelumnya, serta beberapa inovasi yang berhasil dibuat dan dikembangkan untuk kemudahan para pengguna jasa. KPKNL Pekalongan telah menjadi trigger dan role model dalam pembangunan ZI WBK dan pemanfaatan BMN.

Berbagai upaya yang ditempuh KPKNL Pekalongan dalam rangka KPT ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam Pembangunan ZI WBBM yaitu komponen integritas meliputi Manajemen Perubahan, Penataan Menajemen SDM, Penguatan Akuntabilitas dan Penguatan Pengawasan serta Penguatan Kualitas Pelayanan Publik. Komponen-komponen tersebut berhasil memperoleh penilaian tertinggi pada lingkup DJKN diantara unit kerja yang sedang mengikuti penilaian yang sama, seluruh Laporan Hasil Pemeriksaan telah selesai ditindaklanjuti dan tidak ada pelanggaran integritas terkait korupsi, gratifikasi dan benturan kepentingan, seluruh kegiatan pelaporan keuangan dan asset dilakukan secara tepat waktu.   Capaian Indikator Kinerja Anggaran  s/d Agustus 2020 adalah 100?rdasarkan data OMSPAN serta tidak adanya pengaduan sampai dengan dilaksanakanya penilaian tahap akhir KPT ini. Sedangkan untuk komponen pelayanan telah dilaksanakan berbagai kegiatan yang terkait pelayanan, meliputi penataan tata laksana pelayanan dan peningkatan kualitas pelayanan publik yaitu telah ditetapkan Visi-Misi, Motto, Janji Layanan dan Maklumat Pelayanan serta telah dipublikasikan, telah ditetapkan Standar Pelayanan dan publikasinya, telah terdapat sarana prasarana yang mendukung layanan, yang terdiri dari sarana utama, sarana pendukung layanan dan sarana  bagi pengguna layanan yang berkebutuhan khusus.

Nilai Kinerja Organisasi semester I tahun 2020 sebesar 117,75% merupakan nilai tertinggi di lingkungan Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI. Yogyakarta dan hasil survei kepuasaan pengguna layanan pada beberapa tahun terakhir merupakan hal yang membanggakan bagi KPKNL Pekalongan.

Jati Wiryawan, pria berkaca mata ini menyakinkan Tim Penilai dengan beragam inovasi yang berhasil meningkatkan kinerja sekaligus memberi kemudahan bagi pengguna jasa yang terbagi dalam Inovasi jaga Kualitas Pelayanan (Validasi PPh, Aplikasi SIP Sakpore, Cash On Same Day (COSD), Sewa Sepuluh hari Selesai (S3), Surat Penerimaan Pengurusan Piutang Negara Satu hari Selesai (SP3N One Day Clear) dan sebagainya), Inovasi Jaga Profesionalisme SDM, Inovasi Jaga Integritas dan Inovasi Pendukung Lainnya. Beragam inovasi tersebut didukung dengan upaya untuk menga integritas dengan mewajibkan setiap pegawai yang akan melakukan tugas teknis lapangan membuat pakta Integritas untuk menjamin bahwa pelaksanaan tugas terbebas dari unsur-unsur gratifikasi. Pak Jati, begitu biasa disapa, menyampaikan kebanggaannya bahwa inovasi Validasi PPh  merupakan inovasi yang telah direplikasi tingkat nasional. dan salah satu aplikasi berbasis teknologi  yaitu Aplikasi SIP Sakpore telah memudahkan pengguna layanan untuk mendapatkan informasi, melakukan pengaduan, konsultasi layanan dan  progress layanan tanpa harus datang langsung ke KPKNL, cukup melalui gawai dan jaringan internet.

Upaya penyesuaian dalam tatanan normal baru pun telah dilakukan oleh KPKNL Pekalongan melalui berbagai kebijakan dan penyediaan sarana dan prasarana penunjang sehingga pelaksanaan tugas dan fungsi tetap dapat berlangsung dengan protokol kesehatan yang ketat sehingga tidak mempengaruhi pencapaian target, salah satunya dibuktikan dengan capaian kinerja lelang yang telah melampai seluruh target lelang dan hal ini merupakan capaian yang paling menonjol karena baru tercapai setelah sekian tahun KPKNL Pekalongan beridri.

Proses wawancara berlangsung dengan lancar. Ketika disinggung mengenai role model kepemimpinan, bapak dari dua orang putra itu memaparkan mengenai  pentingnya komitmen sebagai pimpinan dalam menjaga integritas dan disiplin serta memberi perhatian lebih kepada para bawahannya terutama pada saat pandemi Covid-19 ini. (Naskah dan Foto : seksi Hukum dan Informasi)

Komentar
Kontak dan Bantuan
Berita Terkini
Berita Instansi

Focus Group Discussion (FGD) Kuartal III 2020 : Defisit Anggaran Pemerintah apa yang bisa kita lakukan ?

Madiun Selasa (22/9) KPPN Madiun melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) Triwulan III tahun 2020. FGD diikuti oleh seluruh pegawai KPPN Madiun melalui aplikasi Zoom.

21/10/2020

SOSIALISASI LLAT, MENGHADAPI AKHIR TAHUN ANGGARAN 2020

Selasa tanggal 13 Oktober 2020, KPPN Madiun menyelenggarakan Kegiatan Sosialisasi Langkah-Langkah Akhir Tahun (LLAT) 2020 yang dilaksanakan melalui daring karena masih dalam kondisi pandemic covid-19.

21/10/2020

Sosialisasi Pembuatan Eco Enzyme

Staf Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan Gerokgak (H. Qamarudin) mendampingi Tim Penyuluh dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng (Made Mayun Mahadi Putra) dalam sosialisasi pembuatan eco enzyme yang terselenggara di Kantor Desa Penyabangan pa

21/10/2020
Berita lainnya
Kata Kunci
Ayo ikut survei Kepuasan Pelayanan Publik Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan Pelayanan Publik. Ikuti Survei