Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tabanan


IPP B- SKM -

Akta Kelahiran Bagi WNI

Terdapat Layanan online, klik disini.

No. SK :

Perhatian: Informasi layanan selama masa COVID-19

Periode : 26 March 2020 sampai 13 May 2020

  1. Jam operasional:
    • Sebagian Pegawai melaksanakan WFH (Working From Home) dan Pelayanan hanya dilaksanakan melalui fasilitas daring (online)
  2. Tanggal Mulai WFH:
    • 03/26/2020
  3. Tanggal Berakhir WFH:
    • 05/13/2020
  4. Perubahan Jam Layanan:
    • ya, 08.00-14.00

  • Surat keterangan kelahiran dari Bidan, Ruamh Sakit, Rumah Bersalin atau Puskesmas
  • Berita acara kepolisian dan surat keterangan medis bagi anak yang tidak diketahui asal usul keberadaan orang tuanya
  • Draf dari Desa ( F2.01 )
  • Foto copy Akta Nikah atau Akta Perkawinan (KUA/ Catatan Sipil)
  • Foto copy KTP pelapor dan saksi- saksi
  • Foto copy KTP dan KK orang tua
  • Surat keterangan dari pilot/ maskapai (melahirkan di pesawat), kepala statsiun (melahirkan di kereta api), kepala terminal angkutan darat (melahirkan di bus), surat keterangan dari syah Bandar (melahirkan di kapal laut)
  • Foto copy ijazah terakhir
  • Surat pernyataan belum pernah dicatatkan kelahirannya (lewat 60 hari)
  • Mengisi formulir permohonan serta menandatangani permohonan dimaksud
  • Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) Kebenaran Data Kelahiran (apabila tidak ada surat keterangan dari bidan/dokter)
  • Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) Kebenaran sebagai pasangan suami istri ( tidak dapat dibuktikan dengan Akta Perkawinan tetapi dalam KK sudah sebagai suami istri ) di tambahkan di persyaratan kelahiran ( WNI )

  • Petugas menerima permohonan pencatatan kelahiran sebagaimana persyaratan yang telah ditentukan
  • Petugas memeriksa permohonan yang diajukan
  • Penjabat pencatatan sipil yang menangani pencatatan kelahiran melakukan verifikasi dan validasi data
  • Pejabat Pencatatan Sipil yang menangani bidang pencatatan kelahiran mencatat pada register dan menerbitkan kutipan Akta Kelahiran
  • Penduduk menandatangani register akta kelahiran
  • Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menandatangani register dan kutipan akta kelahiran
  • Petugas menyerahkan kutipan akta pencatatan sipil kepada pemohon
45 Menit

  1. Petugas menerima permohonan pencatatan kelahiran sebagaimana persyaratan yang telah ditentukan (5 menit)
  2. Petugas memeriksa permohonan yang diajukan (10 menit)
  3. Penjabat pencatatan sipil yang menangani pencatatan kelahiran melakukan verifikasi dan validasi data (8 menit)
  4. Pejabat Pencatatan Sipil yang menangani bidang pencatatan kelahiran mencatat pada register dan menerbitkan kutipan Akta Kelahiran (10 menit)
  5. Penduduk menandatangani register akta kelahiran (1 menit)
  6. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menandatangani register dan kutipan akta kelahiran (10 menit)
  7. Petugas menyerahkan kutipan akta pencatatan sipil kepada pemohon (1 menit)
  • Kutipan Akta Kelahiran
    • Pengaduan secara tidak langsung, dapat dilakukan melalui Kotak Pengaduan maupun secara tertulis ditujukan kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan mekanisme:
    • Penduduk yang menyampaikan pengaduan lewat kotak pengaduan maupun tertulis kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil wajib mencantumkan nama, alamat, nomor telepon, uraian atas keluhan pelayanan, tempat dan waktu penyampaian serta tanda tangan pengadu.
    • Petugas memeriksa substansi pengaduan dari aspek kewenangan. Apabila substansi pengaduan tersebut diluar kewenangan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil maka pengaduan diteruskan kepada SKPD lain yang berwenang serta petugas menginformasikan hal tersebut kepada pengadu
    • Jika pengaduan tidak mencantumkan identitas yang jelas atau anonym dan tidak mencantumkan nomor telepon yang bias dihubungi, maka pengaduan tersebut dapat diabaikan
    • Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil memberikan respon paling lama 3 (tiga) hari kerja sejak pengaduan diterima.
    1. secara langsung dapat dilakukan melalui telepon (0361) 813542, dengan mekanisme:
    • Petugas menerima pengaduan dari masyarakat kemudian mencatat nama, alamat dan nomor telepon, substansi pengaduan, waktu dan tempat penyampaian serta memberikan respon secara langsung
    • Jika pengadu tidak mau menyebutkan identitas yang jelas sebagaimana tersebut diatas, maka pengaduan tersebut dapat diabaikan
    • Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil wajib memberikan respon atau tanggapan paling lambat 3 (tiga) hari kerja sejak pengaduan diterima
    Berikan Rating

    Apakah Anda puas dengan penjelasan Pelayanan Publik "Akta Kelahiran Bagi WNI"

    Penilaian Anda sangat berguna untuk meningkatkan kualitas konten kami.

    Berita Instansi

    Visitasi dan Klarifikasi Monev KIP

    Sekretaris Camat Gerokgak I Ketut Arya Negara, S.Sos., selaku Pembantu PPID untuk Kecamatan Gerokgak didampingi Fungsional Umum Kasubag. Perencanaan Kecamatan Gerokgak Putu Deni Sudiartha, S.Sos mengikuti video conference melalui zoom meeting terkait vis

    13/08/2020

    Realisasi BLT-DD Sumberkima Gelombang II

    Rabu, 12 Agustus 2020. Fungsional Umum Seksi Pemerintahan Kecamatan Gerokgak (I Made Sulandra, S.Sos) selaku Tim Monitoring Penerima BLT-DD Kecamatan Gerokgak

    13/08/2020

    Rembuk Stunting

    Rabu, 12 Agustus 2020. Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Gerokgak (I Putu Partha) menghadiri rembuk stunting yang berlangsung di Balai Desa Tinga-Tinga.

    13/08/2020
    Berita lainnya
    Ayo ikut survei Kepuasan Pelayanan Publik Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan Pelayanan Publik. Ikuti Survei