Ijin usaha Simpan Pinjam



  • Surat Permohonan Ijin Usaha Simpan Pinjam Koperasi
  • Fotocopy Akta Pendirian Koperasi
  • Laporan Rapat Anggota Tahunan (RAT) bagi yang berbadan hukum
  • Laporan Keuangan Terakhir (Neraca dan PHU)
  • Surat Pernyataan Koperasi
  • Susunan Pengurus dan Pengawas
  • Surat Pernyataan Pengurus dan Pengawas tidak memiliki hubungan keluarga
  • Daftar Sarana dan Prasarana Koperasi
  • Daftar Riwayan Hidup Pengurus dan Pengawas (dilengkapi pas photo 3x4)
  • Denah lokasi kantor
  • Photo Kantor (tampak depan dan tampak ruang)
  • Struktur Organisasi Koperasi
  • Foto copy peserta BPJS
    1. KSP/USP menyampaikan permohonan Ijin Usha Simpan Pinjam kepada Bupati Tabanan cq. Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Tabanan.
    2. Petugas / Pejabat yang berwenang melakukan penilaian terhadap kelengkapan persyaratan dan materi isi permohonan Surat Ijin Usaha Simpan Pinjam.
    3. Petugas/Pejabat yang berwenang melakukan pengecekan ke lapangan terhadap koperasi KSP/USP tersebut
    4. Apabila permohonan dapat diterima maka penerbitan Surat Ijin Usaha Simpan Pinjam paling lambat 1 bulan
    5. Apabila permohonan ditolak maka keputusan dan alasan penolakan sudah diterima oleh pengurus KPS/USP paling lama 1 bulan. Permintaan ulang mengajukan permohonan paling lama 1 bulan
    6. Keputusan terhadap permintaan ulang tersebut diberikan paling lambat 1 bulan
    1 Bulan

    No Aktivitas Waktu
    1 Menyerahkan Berkas Permohonan Ijin 5 menit
    2 Melakukan penelitian, pendataan berkas dan BAP 1 Jam
    3 Melakukan penjadwalan lapangan, pengecekan lapangan, membuat berita acara dan penyusunan BAP 1 hari
    4 membuat  draft Izin Mendirikan Bangunan (IMB) apabila memenuhi syarat teknis 1 Jam
    5 melakukan review terhadap draft  Izin Mendirikan Bangunan (IMB) 30 Menit
    6 Menandatangani   Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang telah di paraf dan menyerahkan ke loket Informasi dan pengambilan formulir 5 menit
    7 Menerima Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang sudah di sah kan   

    Tidak dikenakan biaya retribusi untuk mengurus surat izin,  melainkan dalam bentuk sumbangan dari Pihak Ketiga

  • Surat Ijin Usaha Simpan Pinjam (SIUSP)
    1. Melalui kotak saran yang ada pada Dinas PMPPTSP
    2. Pengaduan secara tertulis ke Dinas PMPPTSP
    3. Pengaduan secara langsung ke Dinas PMPPTSP
    4. Dibentuk Tim / petugas khusus penanganan pengaduan saran dan masukan.

    Ayo ikuti survei SIPP Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan layanan situs SIPP. Ikuti Survei