Izin lingkungan



  • Surat Permohonan bermaterai Rp. 6.000,-
  • Fotocopy KTP
  • Akta pendirian usaha untuk badan usaha
  • Profil Usaha dan/atau kegiatan
  • Izin Usaha dan/atau kegiatan
  • Dokumen AMDAL (KA ANDAL dan RKL-RPL) yang telah dilakukan Penilaian/Pemeriksaan oleh Tim teknis Komisi Penilai AMDAL
  • BAP Tim verifikasi Kegiatan UKL-UPL
  • Rekomendasi/Persetujuan UKL/UPL oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup.
    1. Pemohon mengambil formulir surat ijin di Front Office, formulir yang telah diisi dan lengkapi dengan persyaratannya diserahkan kembali kepada petugas Front Office;
    2. Pemohon mengambil formulir surat ijin di Front Office, formulir yang telah diisi dan lengkapi dengan persyaratannya diserahkan kembali kepada petugas Front Office;
    3. Petugas Seksi Verifikasi Berkas melakukan verifikasi keabsahan dan kelengkapan administrasi permohonan ijin. Permohonan ijin belum benar dan lengkap dikembalikan ke pemohon dilengkapi dengan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Penolakan, sedangkan permohonan ijin sudah lengkap dan benar dilanjutkan ke Seksi Verifikasi Lapangan dengan membuat jadwal pengecekan lokasi;
    4. Berdasarkan penjadwalan cek lokasi yang sudah ditetapkan, Tim Teknis melaksanakan pemeriksaan lapangan. Hasil pemeriksaaan lapangan yang tidak sesuai dengan dokumen permohonan dikembalikan ke pemohon dengan dilengkapi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Penolakan melalui Front Office, sedangkan hasil pemeriksaan lapangan yang sudah sesuai dengan dokumen permohonan dituangkan dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) yang kemudian diserahkan kepada Kepala Seksi Penetapan untuk ditindak lanjuti;
    5. Kasi Penetapan berdasarkan BAP Tim Teknis yang sudah memenuhi persyaratan teknis lapangan melanjutkan dengan penerbitan izin dan dilanjutkan ke Kepala Bidang;
    6. Kepala Bidang meneliti dan memberi paraf penerbitan izin Lingkungan, kemudian menyerahkan kepada Kepala Dinas;
    7. Kepala Dinas menandatangani Izin Lingkungan;
    8. Izin Lingkungan yang sudah ditandatangani Kepala Dinas diserahkan kepada petugas loket pengambilan ijin;
    9. Petugas Loket pengambilan surat ijin memberitahukan kepada pemohon ijin untuk mengambil Izin Lingkungan dan membayar membayar Sumbangan Pihak Ketiga untuk Izin Lingkungan yang sudah ditandatangani.
    5 Hari kerja

    Lamanya proses penyelesaian Izin Lingkungan adalah 5 (lima) hari terhitung sejak diterimanya berkas permohonan dan persayaratannya secara lengkap dan benar.

    Tidak dikenakan biaya retribusi untuk mengurus Izin Lingkungan melainkan dalam bentuk sumbangan dari Pihak Ketiga

  • Izin Lingkungan
    1. Melalui kotak saran yang ada pada Dinas PMPPTSP
    2. Pengaduan secara tertulis ke Dinas PMPPTSP
    3. Pengaduan secara langsung ke Dinas PMPPTSP
    4. Dibentuk Tim / petugas khusus penanganan pengaduan saran dan masukan.

    Layanan Lain

    Ayo ikuti survei SIPP Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan layanan situs SIPP. Ikuti Survei