Izin pembuangan air limbah ke air atau sumber air



  • Surat Permohonan bermaterai Rp. 6.000,-
  • Fotocopy KTP
  • Akta pendirian usaha untuk badan usaha
  • Profil Usaha dan/atau kegiatan
  • Izin Usaha dan/atau kegiatan
  • Dokumen AMDAL (KA ANDAL dan RKL-RPL) yang telah dilakukan Penilaian/Pemeriksaan oleh Tim teknis Komisi Penilai AMDAL
  • BAP Tim verifikasi Kegiatan UKL-UPL
  • Rekomendasi/Persetujuan UKL/UPL oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup.
    1. Pemohon mengambil formulir surat ijin di Front Office, formulir yang telah diisi dan lengkapi dengan persyaratannya diserahkan kembali kepada petugas Front Office;
    2. Petugas Front Office menerima dan meneliti kelengkapan permohonan ijin, permohonan ijin yang tidak memenuhi persyaratan dikembalikan ke pemohon, sedangkan permohonan ijin yang sudah memenuhi persayaratan dilanjutkan dengan mengadministrasikan kemudian menyerahkan kepada Seksi Verifikasi Berkas;
    3. Petugas Front Office menerima dan meneliti kelengkapan permohonan ijin, permohonan ijin yang tidak memenuhi persyaratan dikembalikan ke pemohon, sedangkan permohonan ijin yang sudah memenuhi persayaratan dilanjutkan dengan mengadministrasikan kemudian menyerahkan kepada Seksi Verifikasi Berkas;
    4. Petugas Front Office menerima dan meneliti kelengkapan permohonan ijin, permohonan ijin yang tidak memenuhi persyaratan dikembalikan ke pemohon, sedangkan permohonan ijin yang sudah memenuhi persayaratan dilanjutkan dengan mengadministrasikan kemudian menyerahkan kepada Seksi Verifikasi Berkas;
    5. Kasi Penetapan berdasarkan BAP Tim Teknis yang sudah memenuhi persyaratan teknis lapangan melanjutkan dengan penerbitan izin dan dilanjutkan ke Kepala Bidang;
    6. Kepala Bidang meneliti dan memberi paraf penerbitan izin Lingkungan, kemudian menyerahkan kepada Kepala Dinas;
    7. Kepala Dinas menandatangani Izin Lingkungan;
    8. Izin Lingkungan yang sudah ditandatangani Kepala Dinas diserahkan kepada petugas loket pengambilan ijin;
    9. Petugas Loket pengambilan surat ijin memberitahukan kepada pemohon ijin untuk mengambil Izin Lingkungan dan membayar membayar Sumbangan Pihak Ketiga untuk Izin Lingkungan yang sudah ditandatangani.
    5 Hari kerja

    Lamanya proses penyelesaian Izin Lingkungan adalah 5 (Lima) hari terhitung sejak diterimanya berkas permohonan dan persayaratannya secara lengkap dan benar.

    Tidak dikenakan biaya retribusi untuk mengurus Izin Lingkungan melainkan dalam bentuk sumbangan dari Pihak Ketiga

  • Izin Lingkungan
    1. Melalui kotak saran yang ada pada Dinas PMPPTSP
    2. Pengaduan secara tertulis ke Dinas PMPPTSP
    3. Pengaduan secara langsung ke Dinas PMPPTSP
    4. Dibentuk Tim / petugas khusus penanganan pengaduan saran dan masukan.

    Layanan Lain

    Ayo ikuti survei SIPP Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan layanan situs SIPP. Ikuti Survei