Izin reklame



  • Persetujuan Pemasangan Reklame (Izin Penyelenggaraan reklame tetap >6 m): Mengisi Formulir Permohonan, Fotocopy KTP/SIM Pemohon yang masih berlaku, Denah Lokasi Titik dan Foto Titik Reklame, Surat Kuasa dan KTP bagi pemohon yang tidak mengurus izin sendiri, Akta pendirian atau perubahan yang berbentuk badan, Fotocopy SIUP, Fotocopy NPWP, Bukti atau keterangan lain (bila diperlukan);
  • Izin Penyelenggaraan Reklame (Izin Penyelenggaraan reklame tetap >6 m): Fotocopy IMB Reklame > 6 m, Rekomendasi penempatan Titik Reklame beserta bukti pembayaran Retribusi Pemakaian Kekayaan daerah untuk tanah persil/swasta, Kajian teknis dari konsultan yang berkompeten bagi reklame dengan ukuran yang melebihi 6 m, Fotocopy asuransi bangunan reklame ukuran > 6 m, Fotocopy Klarifikasi konstruksi, Denah Lokasi dan titik foto reklame;
  • Perpanjangan Izin Penyelenggaraan Reklame (Izin Penyelenggaraan reklame tetap >6 m): Fotocopy Klarifikasi Konstruksi, Fotocopy IMB, Izin rekomendasi Penempatan Titik reklame beserta bukti pembayaran retribusi pemakaian kekayaan daerah, Izin Penyelenggaraan reklame terakhir/Surat Setoran pajak daerah (SSPD), Surat kuasa bagi pengurusan izin yang tidak diurus sendiri dilengkapi fotocopy KTP, Asuransi bangunan reklame ukuran > 6 m
  • Izin Penyelenggaran reklame (Izin penyelenggaraan Reklame Tetap <6 m): Mengisi formulir permohonan, Fotocopy KTP/SIM yang masih berlaku, Gambar lokasi titik dan foto reklame, Akta pendirin atau perubahan yang berbentuk badan, Fotocopy SIUP, Fotocopy NPWP, Fotocopy bukti Kepemilikan Tanah/Surat perjanjian sewa menyewa/surat pernyataan tidak keberatan dari pemilik tanah, Surat kuasa bagi pengurusan izin yang tidak diurus sendiri dilampiri KTP
  • Perpanjangan Izin Penyelenggaraan Reklame (Izin penyelenggaraan Reklame Tetap <6 m): Mengisi Formulir, Fotocopy KTP/SIM pemohon yang masih berlaku, Gambar Lokasi titik dan foto reklame, Gambar lokasi titik dan foto reklame, Akta pendirin atau perubahan yang berbentuk badan, Fotocopy SIUP, Fotocopy NPWP, Fotocopy bukti Kepemilikan Tanah/Surat perjanjian sewa, menyewa/surat pernyataan tidak keberatan dari pemilik tanah, Surat kuasa bagi pengurusan izin yang tidak diurus sendiri dilampiri KTP
    1. Pemohon mengambil formulir surat ijin di Front Office, formulir yang telah diisi dan lengkapi dengan persyaratannya diserahkan kembali kepada petugas Front Office;
    2. Petugas Front Office menerima dan meneliti kelengkapan permohonan ijin, permohonan ijin yang tidak memenuhi persyaratan dikembalikan ke pemohon, sedangkan permohonan ijin yang sudah memenuhi persayaratan dilanjutkan dengan mengadministrasikan kemudian menyerahkan kepada Seksi Verifikasi Berkas;
    3. Petugas Seksi Verifikasi Berkas melakukan verifikasi keabsahan dan kelengkapan administrasi permohonan ijin. Permohonan ijin belum benar dan lengkap dikembalikan ke pemohon dilengkapi dengan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Penolakan, sedangkan permohonan ijin sudah lengkap dan benar dilanjutkan ke Seksi Verifikasi Lapangan dengan membuat jadwal pengecekan lokasi;
    4. Berdasarkan penjadwalan cek lokasi yang sudah ditetapkan, Tim Teknis melaksanakan pemeriksaan lapangan. Hasil pemeriksaaan lapangan yang tidak sesuai dengan dokumen permohonan dikembalikan ke pemohon dengan dilengkapi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Penolakan melalui Front Office, sedangkan hasil pemeriksaan lapangan yang sudah sesuai dengan dokumen permohonan dituangkan dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) yang kemudian diserahkan kepada Kepala Seksi Penetapan untuk ditindak lanjuti;
    5. Kasi Penetapan berdasarkan BAP Tim Teknis yang sudah memenuhi persyaratan teknis lapangan melanjutkan dengan penerbitan surat ijin dan dilanjutkan ke Kepala Bidang Pelayanan Perijinan;
    6. Kepala Bidang Pelayanan Perijinan meneliti dan memberi paraf penerbitan surat ijin, kemudian menyerahkan kepada Kepala Dinas;
    7. Kepala Dinas menandatangani Surat Izin Reklame;
    8. Surat Izin Reklame yang sudah ditandatangani Kepala Dinas diserahkan kepada petugas loket pengambilan ijin;
    9. Petugas Loket pengambilan ijin memberitahukan Surat Izin Reklame dan membayar Sumbangan Pihak Ketiga Surat Izin Reklame yang sudah ditandatangani.
    5 Hari kerja

    Jangka waktu Surat Izin Reklame adalah selambat-lambatnya 5 (lima) kerja setelah permohonan diterima secara lengkap dan benar

    Pajak Reklame berdasarkan

    • Nilai Sewa Reklame
    • Nilai Kontrak Reklame
    • Lokasi Penempatan reklame
    • Waktu
    • Jangka Waktu Penyelenggaraan
    • Jumlah Reklame
    • Jenis Reklame
    • Biaya Pemasangan
    • Biaya Pemeliharaan
    • Luas reklame

     

    Nilai Sewa Reklame

    • Nilai sewa reklame = NJOP+Nilai Strategis Penyelenggaraan reklame

     

    Tarif Pajak Ditetapkan sebesar 25% (dua puluh lima persen)

    1. Melalui kotak saran yang ada pada Dinas PMPPTSP
    2. Pengaduan secara tertulis ke Dinas PMPPTSP
    3. Pengaduan secara langsung ke Dinas PMPPTSP
    4. Dibentuk Tim / petugas khusus penanganan pengaduan saran dan masukan.

    Ayo ikuti survei SIPP Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan layanan situs SIPP. Ikuti Survei