Izin Tenaga Kesehatan Tradisional



  • Persyaratan Surat Tanda Regristrasi Izin Tenaga Kesehatan Tradisional (STRTKT) : memiliki ijazah pendidikan di bidang kesehatan tradisional
  • memiliki sertifikat kompetensi
  • memiliki surat keterangan sehat fisik dan mental
  • mempunyai surat pernyataan telah mengucapkan sumpah/janji profesi
  • membuat pernyataan mematuhi dan melaksanakan ketentuan etika profesi
  • memiliki STRTKT lama (registrasi ulang)
  • memiliki sertifikat kompetensi (registrasi ulang);
  • memiliki surat keterangan sehat fisik dan mental (registrasi ulang);
  • membuat pernyataan mematuhi dan melaksanakan ketentuan etika profesi.(registrasi ulang)
  • Persyaratan Surat Ijin Praktek Izin Tenaga Kesehatan Tradisional (SIPTKT) : STRTKT yang masih berlaku
  • surat pernyataan memiliki tempat praktik atau surat keterangan dari pimpinan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tradisional
    1. Pemohon mengambil formulir surat ijin di Front Office, formulir yang telah diisi dan lengkapi dengan persyaratannya diserahkan kembali kepada petugas Front Office
    2. Petugas Front Office menerima dan meneliti kelengkapan permohonan ijin, permohonan ijin yang tidak memenuhi persyaratan dikembalikan ke pemohon, sedangkan permohonan ijin yang sudah memenuhi persayaratan dilanjutkan dengan mengadministrasikan kemudian menyerahkan kepada Seksi Verifikasi Berkas
    3. Petugas Seksi Verifikasi Berkas melakukan verifikasi keabsahan dan kelengkapan administrasi permohonan ijin. Permohonan ijin belum benar dan lengkap dikembalikan ke pemohon dilengkapi dengan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Penolakan, sedangkan permohonan ijin sudah lengkap dan benar dilanjutkan ke Seksi Verifikasi Lapangan dengan membuat jadwal pengecekan lokasi
    4. Berdasarkan penjadwalan cek lokasi yang sudah ditetapkan, Tim Teknis melaksanakan pemeriksaan lapangan. Hasil pemeriksaaan lapangan yang tidak sesuai dengan dokumen permohonan dikembalikan ke pemohon dengan dilengkapi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Penolakan melalui Front Office, sedangkan hasil pemeriksaan lapangan yang sudah sesuai dengan dokumen permohonan dituangkan dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) yang kemudian diserahkan kepada Kepala Seksi Penetapan untuk ditindak lanjuti
    5. Kasi Penetapan berdasarkan BAP Tim Teknis yang sudah memenuhi persyaratan teknis lapangan melanjutkan dengan penerbitan izin dan dilanjutkan ke Kepala Bidang
    6. Kepala Bidang meneliti dan memberi paraf penerbitan Izin Tenaga Kesehatan Tradisional, kemudian menyerahkan kepada Kepala Dinas
    7. Kepala Dinas menandatangani Izin Tenaga Kesehatan Tradisional
    8. Izin Tenaga Kesehatan Tradisional yang sudah ditandatangani Kepala Dinas diserahkan kepada petugas loket pengambilan ijin
    9. Petugas Loket pengambilan surat ijin memberitahukan kepada pemohon ijin untuk mengambil Izin Tenaga Kesehatan Tradisional dan membayar Sumbangan Pihak Ketiga untuk Izin Tenaga Kesehatan Tradisionalyang sudah ditandatangani
    14 Hari kerja

    Lamanya proses penyelesaian  STRTKT  adalah 5 (lima) hari terhitung sejak diterimanya berkas permohonan dan persayaratannya secara lengkap dan benar

    Lamanya proses penyelesaian   SIPTKT   adalah 14 (empat belas) hari terhitung sejak diterimanya berkas permohonan dan persayaratannya secara lengkap dan benar

    Tidak dikenakan biaya untuk mengurus STRTKT dan SIPTKT

    1. Secara online melalui media social, website, sms dan telepon melalui call center DPMPPTSP
    2. Melalui kotak saran yang ada pada Dinas PMPPTSP
    3. Pengaduan secara tertulis ke Dinas PMPPTSP
    4. Pengaduan secara langsung ke Dinas PMPPTSP
    5. Dibentuk Tim / petugas khusus penanganan pengaduan saran dan masukan.

    Ayo ikuti survei SIPP Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan layanan situs SIPP. Ikuti Survei