Komitmen UKL-UPL



  • NIB (Nomor Induk Berusaha)
  • Dokumen UKL-UPL
  • Informasi Ruang
  • Ijin Prinsip (bagi usaha/kegiatan wajib ijin prinsip)
  • FC. Sertifikat Tanah / Perjanjian sewa menyewa (bila tanah bukan milik sendiri)
  • Gambar site plan bangunan
  • Pas Foto berwarna 2X3 sebanyak 2 lembar
    1. Pelaku Usaha menyelesaikan form UKL-UPL, sesuai dengan standar UKL-UPL yang ditetapkan oleh PD teknis yaitu Dinas Lingkungan Hidup. Kemudian, menggugahnya di OSS untuk kemudian di teruskan ke Dinas terkait
    2. Atas form UKL-UPL yang telah diisi dan diunggah oleh pelaku usaha di OSS, dinas terkait akan melakukan pemeriksaan UKL-UPL
    3. Dari hasil pemeriksaan, jika telah sesuai dengan prinsip pengelolaan lingkungan, dinas terkait akan menyampaikan notifikasi persetujuan UKL-UPL melalui sistem OSS. Dalam hal hasil pemeriksaan tidak sesuai, dinas terkait akan meberikan notifikasi kepada pelaku usaha melalui sistem OSS. Pelaku usaha akan memperbaiki UKL-UPL berdasarkan masukan hasil pemeriksaan. Atas UKL-UPL yang telah diperbaiki, telah melalui, dinas terkait memberikan notifikasi persetujuan Rekomendasi UKL-UPL.
    4. Dengan disetujuinya Rekomendasi UKL-UPL, sistem OSS akan memperbarui status NIB pelaku usaha yang menyatakan bahwa pelaku usaha telah menyelesaikan pemenuhan komitmen
    12 Hari kerja

    Jangka waktu Komitmen UKL-UPL adalah selambat-lambatnya 12 (dua belas) hari kerja sejak pelaku usaha menyampaikan pernyataan komitmen) yang terdiri dari :

    1. Penyelesaian Form UKL-UPL oleh pelaku usaha : 5(lima) hari (setelah memperoleh Izin Lingkungan berbasis Komitmen)
    2. Pemeriksaan atas UKL-UPL oleh Dinas Terkait :  5 (lima) hari (sejak disampaikan oleh Pelaku Usaha)

    Waktu untuk perbaikan Form UKL-UPL (jika diperlukan berdasarkan hasil pemeriksaan) : 2 (dua) hari (sejak diterimanya hasil pemeriksaan)

    Tidak dikenakan biaya retribusi untuk mengurus Komitmen UKL-UPL

  • Komitmen UKL-UPL
    1. Melalui kotak saran yang ada pada Dinas PMPPTSP
    2. Pengaduan secara tertulis ke Dinas PMPPTSP
    3. Pengaduan secara langsung ke Dinas PMPPTSP
    4. Dibentuk Tim / petugas khusus penanganan pengaduan saran dan masukan.

    Ayo ikuti survei SIPP Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan layanan situs SIPP. Ikuti Survei