Pelayanan E-KTP



  • Sebelum melakukan permohonan percetakan KTP-el, penduduk terlebih dahulu harus melakukan perekaman KTP-el dengan persyaratan dan mekanisme sebagai berikut: Persyaratan dalam proses perekaman: KK dan KTP Siak Lama
    1. a. Petugas pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menerima permohonan penerbitan KTP Penduduk
    2. b. Petugas melakukan verifikasi dan validasi data penduduk
    3. c. Petugas operator melakukan entry data ke dalam data base kependudukan
    4. d. Petugas operator melakukan pencetakan KTP
    5. e. Kasi dan Kabid yang menangani melakukan pemeriksaan kembali atas pencetakan KTP
    6. f. Petugas menyerahkan KTP kepada pemohon
    10 Menit

    1. Petugas pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menerima permohonan penerbitan KTP Penduduk
    2. Petugas melakukan verifikasi dan validasi data penduduk
    3. Petugas operator melakukan entry data ke dalam data base kependudukan
    4. Petugas operator melakukan pencetakan KTP
    5. Kasi dan Kabid yang menangani melakukan pemeriksaan kembali atas pencetakan KTP
    6. Petugas menyerahkan KTP kepada pemohon
    1. Pengaduan secara tidak langsung, dapat dilakukan melalui Kotak Pengaduan maupun secara tertulis ditujukan kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan mekanisme:
    • Penduduk yang menyampaikan pengaduan lewat kotak pengaduan maupun tertulis kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil wajib mencantumkan nama, alamat, nomor telepon, uraian atas keluhan pelayanan, tempat dan waktu penyampaian serta tanda tangan pengadu.
    • Petugas memeriksa substansi pengaduan dari aspek kewenangan. Apabila substansi pengaduan tersebut diluar kewenangan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil maka pengaduan diteruskan kepada instansi lain yang berwenang serta petugas menginformasikan hal tersebut kepada pengadu
    • Jika pengaduan tidak mencantumkan identitas yang jelas atau anonym dan tidak mencantumkan nomor telepon yang bisa dihubungi, maka pengaduan tersebut dapat diabaikan
    • Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil memberikan respon paling lama 3 (tiga) hari kerja sejak pengaduan diterima.
    1. Pengaduan secara langsung dapat dilakukan melalui telepon (0361) 813542, dengan mekanisme:
    • Petugas menerima pengaduan dari masyarakat kemudian mencatat nama, alamat dan nomor telepon, substansi pengaduan, waktu dan tempat penyampaian serta memberikan respon secara langsung
    • Jika pengadu tidak mau menyebutkan identitas yang jelas sebagaimana tersebut diatas, maka pengaduan tersebut dapat diabaikan
    • Pengelola memeriksa substansi pengaduan, apabila substansi pengaduan di luar tanggung jawab Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, maka berkas pengaduan wajib diteruskan kepada instansi lain yang berwenang serta menginformasikan hal tersebut kepada pengadu

    Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil wajib memberikan respon atau tanggapan paling lambat 3 (tiga) hari kerja sejak pengaduan diterima


    Berita Terkait

    Ayo ikuti survei SIPP Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan layanan situs SIPP. Ikuti Survei