Pencatatan Kelahiran Anak Yang Tidak Diketahui Asal Usulnya



  • Berita acara pemeriksaan dari kepolisian
  • Menggunakan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) kebenaran data kelahiran yang ditandatangani oleh wali/penanggungjawab
  • Surat keterangan kelahiran dari tenaga medis
  • Surat keterangan kelahiran (F2.01) dari desa yang ditandatangani oleh pemohon dan 2 orang saksi
  • Foto copy KK dan KTP pelapor
  • Mengisi formulir permohonan serta menandatangani formulir dimaksud
    1. Petugas menerima permohonan pencatatan kelahiran sebagaimana persyaratan yang telah ditentukan
    2. Petugas memeriksa permohonan yang diajukan
    3. Pejabat pencatatan sipil yang menangani pencatatan kelahiran melakukan verifikasi dan validasi data
    4. Penduduk menandatangani register Akta kelahiran
    5. Pejabat Pencatatan Sipil yang menangani bidang pencatatan kelahiran mencatat pada register dan menerbitkan kutipan Akta kelahiran
    6. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menandatangani register dan kutipan Akta Kelahiran
    7. Petugas menyerahkan kutipan akta pencatatan sipil kepada pemohon
    45 Menit

    1. Petugas menerima permohonan pencatatan kelahiran sebagaimana persyaratan yang telah ditentukan(1 menit)
    2. Petugas memeriksa permohonan yang diajukan (10 menit)
    3. Pejabat pencatatan sipil yang menangani pencatatan kelahiran melakukan verifikasi dan validasi data (10 menit)
    4. Penduduk menandatangani register Akta kelahiran (2 menit)
    5. Pejabat Pencatatan Sipil yang menangani bidang pencatatan kelahiran mencatat pada register dan menerbitkan kutipan Akta kelahiran (10 menit)
    6. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menandatangani register dan kutipan Akta Kelahiran (10 menit)
    7. Petugas menyerahkan kutipan akta pencatatan sipil kepada pemohon (2 menit)
  • Kutipan Akta Kelahiran
    1. Pengaduan secara tidak langsung, dapat dilakukan melalui Kotak Pengaduan maupun secara tertulis ditujukan kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan mekanisme:
    • Penduduk yang menyampaikan pengaduan lewat kotak pengaduan maupun tertulis kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil wajib mencantumkan nama, alamat, nomor telepon, uraian atas keluhan pelayanan, tempat dan waktu penyampaian serta tanda tangan pengadu.
    • Petugas memeriksa substansi pengaduan dari aspek kewenangan. Apabila substansi pengaduan tersebut diluar kewenangan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil maka pengaduan diteruskan kepada SKPD lain yang berwenang serta petugas menginformasikan hal tersebut kepada pengadu
    • Jika pengaduan tidak mencantumkan identitas yang jelas atau anonym dan tidak mencantumkan nomor telepon yang bias dihubungi, maka pengaduan tersebut dapat diabaikan
    • Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil memberikan respon paling lama 3 (tiga) hari kerja sejak pengaduan diterima.
    1. secara langsung dapat dilakukan melalui telepon (0361) 813542, dengan mekanisme:
    • Petugas menerima pengaduan dari masyarakat kemudian mencatat nama, alamat dan nomor telepon, substansi pengaduan, waktu dan tempat penyampaian serta memberikan respon secara langsung
    • Jika pengadu tidak mau menyebutkan identitas yang jelas sebagaimana tersebut diatas, maka pengaduan tersebut dapat diabaikan
    • Pengelola memeriksa substansi pengaduan, apabila substansi pengaduan di luar tanggung jawab Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, maka berkas pengaduan wajib diteruskan kepada SKPD lain yang berwenang serta menginformasikan hal tersebut kepada pengadu
    • Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil wajib memberikan respon atau tanggapan paling lambat 3 (tiga) hari kerja sejak pengaduan diterima

    Ayo ikuti survei SIPP Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan layanan situs SIPP. Ikuti Survei