Pencatatan Pelaporan Kelahiran Bagi Penduduk WNI yang Lahir di Luar Wilayah NKRI



  • Foto copy akta kelahiran dan terjemahan dalam Bahasa Indonesia dari lembaga bahasa yang terakreditasi, surat keterangan kelahiran dari kedutaan atau konsulat atau bukti pencatatan kelahiran dari Negara tersebut
  • Foto copy paspor orang tua yang masih berlaku
  • Foto copy KK dan KTP orang tua yang masih berlaku
  • Foto copy kutipan akta perkawinan atau Akta Nikah
  • Foto copy kutipan akta kelahiran Ibu bagi anak yang lahir di luar perkawinan
    1. Petugas menerima permohonan pencatatan kelahiran sebagaimana persyaratan yang telah ditentukan
    2. Petugas memeriksa permohonan yang diajukan
    3. Pejabat pencatatan sipil yang menangani pencatatan kelahiran melakukan verifikasi dan validasi data
    4. Pejabat Pencatatan Sipil yang menangani bidang pencatatan kelahiran mencatat pada register dan menerbitkan Surat Bukti Pelaporan
    5. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menandatangani register dan Surat Bukti Pelaporan Kelahiran
    6. Petugas menyerahkan Surat Bukti Pelaporan Kelahiran kepada pemohon
    45 Menit

    1. Petugas menerima permohonan pencatatan kelahiran sebagaimana persyaratan yang telah ditentukan (2 menit)
    2. Petugas memeriksa permohonan yang diajukan (10 menit)
    3. Pejabat pencatatan sipil yang menangani pencatatan kelahiran melakukan verifikasi dan validasi data (10 menit)
    4. Pejabat Pencatatan Sipil yang menangani bidang pencatatan kelahiran mencatat pada register dan menerbitkan Surat Bukti Pelaporan (10 menit)
    5. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menandatangani register dan Surat Bukti Pelaporan Kelahiran (10 menit)
    6. Petugas menyerahkan Surat Bukti Pelaporan Kelahiran kepada pemohon (3 menit)
  • Surat Bukti Pelaporan Kelahiran
    • Pengaduan secara tidak langsung, dapat dilakukan melalui Kotak Pengaduan maupun secara tertulis ditujukan kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan mekanisme:
    • Penduduk yang menyampaikan pengaduan lewat kotak pengaduan maupun tertulis kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil wajib mencantumkan nama, alamat, nomor telepon, uraian atas keluhan pelayanan, tempat dan waktu penyampaian serta tanda tangan pengadu.
    • Petugas memeriksa substansi pengaduan dari aspek kewenangan. Apabila substansi pengaduan tersebut diluar kewenangan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil maka pengaduan diteruskan kepada SKPD lain yang berwenang serta petugas menginformasikan hal tersebut kepada pengadu
    • Jika pengaduan tidak mencantumkan identitas yang jelas atau anonim dan tidak mencantumkan nomor telepon yang bias dihubungi, maka pengaduan tersebut dapat diabaikan
    • Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil memberikan respon paling lama 3 (tiga) hari kerja sejak pengaduan diterima.
    1. secara langsung dapat dilakukan melalui telepon (0361) 813542, dengan mekanisme:
    • Petugas menerima pengaduan dari masyarakat kemudian mencatat nama, alamat dan nomor telepon, substansi pengaduan, waktu dan tempat penyampaian serta memberikan respon secara langsung
    • Jika pengadu tidak mau menyebutkan identitas yang jelas sebagaimana tersebut diatas, maka pengaduan tersebut dapat diabaikan
    • Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil wajib memberikan respon atau tanggapan paling lambat 3 (tiga) hari kerja sejak pengaduan diterima

    Ayo ikuti survei SIPP Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan layanan situs SIPP. Ikuti Survei