Pindah Datang Orang Asing Yang Memiliki Ijin Tinggal Tetap/ Terbatas Yang Bermaksud Pindah Antar Kabupaten Dalam Satu Propinsi Atau Antar Propinsi



  • KARTU KELUARGA
  • KARTU TANDA PENDUDUK
  • Foto copy paspor dengan menunjukkan aslinya
  • Foto copy KITAP dengan menunjukan Aslinya
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian
  • Paspoto berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 5 lembar
  • Dokumen peristiwa kependudukan dan peristiwa penting lainnya
    1. Petugas menerima berkas permohonan pindah orang asing
    2. Orang asing mengisi dan menandatangani formulir surat keterangan pindah
    3. Petugas melakukan verifikasi dan validasi data
    4. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menandatangani Surat Keterangan Pindah Datang untuk dilaporkan kepada daerah tujuan serta sebagai dasar untuk menerbitkan KK dan KTP baru bagi yang tidak pindah
    5. Petugas melakukan entry data
    6. Petugas menyerahkan dokumen kependudukan yang baru kepada orang asing untuk selanjutnya paling lambat dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari harus melaporkan kepada Dinas yang menangani di daerah tujuan untuk ditindaklanjuti sesuai dengan ketentuan
    20 Menit

    1. Petugas menerima berkas permohonan pindah orang asing (2 Menit)
    2. Orang asing mengisi dan menandatangani formulir surat keterangan pindah (3 Menit)
    3. Petugas melakukan verifikasi dan validasi data (3 menit)
    4. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menandatangani Surat Keterangan Pindah Datang untuk dilaporkan kepada daerah tujuan serta sebagai dasar untuk menerbitkan KK dan KTP baru bagi yang tidak pindah (5 menit)
    5. Petugas melakukan entry data (5 menit)
    6. Petugas menyerahkan dokumen kependudukan yang baru kepada orang asing untuk selanjutnya paling lambat dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari harus melaporkan kepada Dinas yang menangani di daerah tujuan untuk ditindaklanjuti sesuai dengan ketentuan (2 menit)
  • Dokumen SKP
    1. Pengaduan secara tidak langsung, dapat dilakukan melalui Kotak Pengaduan maupun secara tertulis ditujukan kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan mekanisme:
    • Penduduk yang menyampaikan pengaduan lewat kotak pengaduan maupun tertulis kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil wajib mencantumkan nama, alamat, nomor telepon, uraian atas keluhan pelayanan, tempat dan waktu penyampaian serta tanda tangan pengadu.
    • Petugas memeriksa substansi pengaduan dari aspek kewenangan. Apabila substansi pengaduan tersebut diluar kewenangan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil maka pengaduan diteruskan kepada instansi lain yang berwenang serta petugas menginformasikan hal tersebut kepada pengadu
    • Jika pengaduan tidak mencantumkan identitas yang jelas atau anonym dan tidak mencantumkan nomor telepon yang bias dihubungi, maka pengaduan tersebut dapat diabaikan
    • Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil memberikan respon paling lama 3 (tiga) hari kerja sejak pengaduan diterima.
    1. Pengaduan secara langsung dapat dilakukan melalui telepon (0361) 813542, dengan mekanisme:
    • Petugas menerima pengaduan dari masyarakat kemudian mencatat nama, alamat dan nomor telepon, substansi pengaduan, waktu dan tempat penyampaian serta memberikan respon secara langsung
    • Jika pengadu tidak mau menyebutkan identitas yang jelas sebagaimana tersebut diatas, maka pengaduan tersebut dapat diabaikan
    • Pengelola memeriksa substansi pengaduan, apabila substansi pengaduan di luar tanggung jawab Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, maka berkas pengaduan wajib diteruskan kepada instansi lain yang berwenang serta menginformasikan hal tersebut kepada pengaduan
    • Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil wajib memberikan respon atau tanggapan paling lambat 3 (tiga) hari kerja sejak pengaduan diterima

    Layanan Lain

    Ayo ikuti survei SIPP Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan layanan situs SIPP. Ikuti Survei