Rekomendasi Pendirian Menara Telekomunikasi



  • Rekomendasi Ketinggian
  • Bukti kepemilikan atau perjanjian penggunaan/ pemanfaatan lahan
  • Surat Persetujuan dari warga sekitar dalam radius 1,25 (satu koma dua lima) kali tinggi menara yang diketahui oleh kelihan dinas, perbekel dan camat setempat setelah dilakukan sosialisasi obyektif tentang rencana pembangunan menara telekomunikasi kepada masyarakat sekitar rencana pembangunan
  • Surat kesanggupan mengganti kerugian kepada warga masyarakat apabila terjadi kerugian/kerusakan yang diakibatkan oleh keberadaan menara telekomunikasi yang dibangun dan dioperasikan
  • Surat kesanggupan memperbaiki dan/atau membongkar menara telekomunikasi apabila sudah keberadaannya bertentangan dengan ketentuan rencana induk menara telekomunikasi atau peraturan perundang-undangan yang berlaku
  • Gambaran teknis meliputi desain menara
  • Dokumen lingkungan
    1. 1. Pemohon mengambil formulir surat ijin di Front Office, formulir yang telah diisi dan lengkapi dengan persyaratannya diserahkan kembali kepada petugas Front Office
    2. 2. Petugas Front Office menerima dan meneliti kelengkapan permohonan ijin, permohonan ijin yang tidak memenuhi persyaratan dikembalikan ke pemohon, sedangkan permohonan ijin yang sudah memenuhi persayaratan dilanjutkan dengan mengadministrasikan kemudian menyerahkan kepada Seksi Verifikasi Berkas
    3. 3. Petugas Seksi Verifikasi Berkas melakukan verifikasi keabsahan dan kelengkapan administrasi permohonan ijin. Permohonan ijin belum benar dan lengkap dikembalikan ke pemohon dilengkapi dengan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Penolakan, sedangkan permohonan ijin sudah lengkap dan benar dilanjutkan ke Seksi Verifikasi Lapangan dengan membuat jadwal pengecekan lokasi
    4. 4. Berdasarkan penjadwalan cek lokasi yang sudah ditetapkan, Tim Teknis melaksanakan pemeriksaan lapangan. Hasil pemeriksaaan lapangan yang tidak sesuai dengan dokumen permohonan dikembalikan ke pemohon dengan dilengkapi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Penolakan melalui Front Office, sedangkan hasil pemeriksaan lapangan yang sudah sesuai dengan dokumen permohonan dituangkan dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) yang kemudian diserahkan kepada Kepala Seksi Penetapan untuk ditindak lanjuti
    5. 5. Kasi Penetapan berdasarkan BAP Tim Teknis yang sudah memenuhi persyaratan teknis lapangan melanjutkan dengan penerbitan surat ijin dan dilanjutkan ke Kepala Bidang Pelayanan Perijinan
    6. 6. Kepala Bidang Pelayanan Perijinan meneliti dan memberi paraf penerbitan surat ijin, kemudian menyerahkan kepada Kepala Dinas
    7. 7. Kepala Dinas menandatangani Rekomendasi Pendirian menara Telekomunikasi
    8. 8. Rekomendasi Pendirian menara Telekomunikasi yang sudah ditandatangani Kepala Dinas diserahkan kepada petugas loket pengambilan ijin
    9. 9. Petugas Loket pengambilan ijin memberitahukan kepada pemohon ijin untuk mengambil Rekomendasi Pendirian menara Telekomunikasi dan membayar Sumbangan Pihak Ketiga untuk Rekomendasi Pendirian menara Telekomunikasi yang sudah ditandatangani
    5 Hari kerja

    Lamanya proses penyelesaian rekomendasi  adalah 5 (lima) hari terhitung sejak diterimanya berkas permohonan dan persayaratannya secara lengkap dan benar.

    Tidak dikenakan biaya retribusi untuk mengurus surat Rekomendasi Pendirian Menara Telekomunikasi melainkan dalam bentuk sumbangan dari Pihak Ketiga

  • Surat Rekomendasi Pendirian Menara Telekomunikasi
    1. Melalui kotak saran yang ada pada Dinas PMPPTSP
    2. Pengaduan secara tertulis ke Dinas PMPPTSP
    3. Pengaduan secara langsung ke Dinas PMPPTSP
    4. Dibentuk Tim / petugas khusus penanganan pengaduan saran dan masukan.

     


    Ayo ikuti survei SIPP Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan layanan situs SIPP. Ikuti Survei